JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Selasa, 10 Desember 2019

Waspada Paparan Asap Rokok


Persoalan rokok dan tembakau masih menjadi persoalan yang kompleks dan kontroversial. Kebijakan-kebijakan pemerintah dalam menangani permasalahan rokok dan tembakau hingga saat ini dinilai belum memenuhi unsur keadilan. Dan dari segi kesehatan, masalah rokok juga masih menjadi polemik. 


Kandungan berbahaya yang terdapat di dalamnya dinilai merugikan kesehatan banyak nyawa, baik dari para perokok aktif itu sendiri maupun dari mereka yang hanya mendapat asap buangannya.

            Namun, disisi lain, duit yang diterima dari cukai rokok sangatlah besar, produk-produk rokok dan tembakau asli Indonesia memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pemerintah. Rokok dan tembakau memberikan pemasukan kurang lebih 150 triliyun rupiah setiap tahunnya dalam bentuk pajak dan cukai. Ditambah lagi bahwa pada kenyataannya sekitar enam juta lapangan kerja bergantung dari sektor yang penuh kontroversi ini.

            Selain itu, fatwa keagamaan turut serta mewarnai polemic rokok dimana ada beberapa fatwa yang mengharamkannya. Menurut pendapat Majelis Ulama Indonesia, perbuatan merokok disebut mengandung unsur menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan dan bahkan termasuk ke dalam bunuh diri secara perlahan.

            Dan yang paling kontroversi adalah bahaya rokok bagi kesehatan para penikmatnya. Padahal sudah terdapat tulisan peringatan tentang bahaya rokok itu sendiri di bungkusnya. Disana tertera bahwa merokok dapat menyebabkan kanker  mulut dan tenggorokan. Merokok juga dapat menyebabkan asma, infeksi paru-paru, serangan jantung, dan stroke. Yang menjadi kontroversial yaitu bahwa bahaya merokok bagi kesehatan ini tidak hanya berlaku bagi perokok saja, pasalnya orang-orang yang ada di sekitar perokok pun berisiko tinggi terkena efek rokok tersebut, meskipun mereka sendiri tidak merokok.

            Selain itu, paparan asap rokok juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit rhinitis alergi. Rhinitis alergi ini menimbulkan beberapa gejala seperti bersin-bersin, hidung gatal, dan tersumbat. Hal ini terjadi karena peradangan yang terdapat pada rongga hidung. Rhinitis juga dapat menyebabkan munculnya ruam di kulit, mata merah dan berair, serta sakit tenggorokan. Kalian juga dapat membaca berbagai artikel di guesehat.com.

0 komentar:

Posting Komentar

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”