JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Kamis, 26 Desember 2019

Beberapa Alasan Luka Penderita Diabetes Sulit Sembuh


Beberapa Alasan Luka Penderita Diabetes Sulit Sembuh

Salah satu tantangan perawatan pasien diabetes adalah adanya luka. Luka bisa menjadi bencana, bagi penderita diabetes yang kadar gula darahnya tidak terkendali.  Lantas bagaimana jika penderita diabetes melakukan operasi? Dalam dunia medis, salah satu syarat utama bagi pasien yang ingin melakukan tindakan operasi, adalah kadar gula darah harus normal. Pasalnya, lonjakan gula darah, akan membuat sayatan operasi sulit untuk sembuh dengan cepat. Inilah kendala para penderita diabetes. Mengobati luka pada pasien diabetes yang kerap mengalami komplikasi ulkus diabetikum, yaitu kondisi  luka yang sulit sembuh sehingga menyebabkan permukaan luka cukup dalam, bengkak, dan membusuk. Umumnya luka ini ada di kaki. Jika tidak tertangani, akan berakhir dengan amputasi kaki.



Terhambatnya sirkulasi darah, Pada pasien diabetes, terjadi penyumbatan pembuluh darah dan kerusakan saraf akibat kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol. Dampaknya, terjadi penurunan sensasi perabaan pada permukaan kulit, terutama kaki. Kurangnya sirkulasi darah pada kaki penderita diabetes terjadi karena tersumbatnya arteri-arteri yang disebabkan oleh penyakit arteri perifer, sehingga proses penyembuhan luka kaki penderita diabetes pun buruk. Inilah sebab mengapa penderita diabetes yang kadar gula darahnya tidak terkontrol, kadang tidak merasakan adanya luka lecet atau trauma pada tungkai karena tergores, menginjak benda tajam, tersandung dan hal traumatis lainnya.

Selain itu, karena kerusakan pembuluh darah di kaki karena gula tinggi, oksigen dan sel darah putih sulit mencapai jaringan. Akibatnya, infeksi pada luka sulit sembuh dan selanjutnya dapat berakibat terjadinya pembusukan dan terpaksa kaki diamputasi, Kerusakan saraf tepi (neuropati diabetik), Salah satu komplikasi diabetes yaitu neuropati. Neuropati adalah kondisi ketika penderita diabetes sudah kebas dan tak bisa merasakan sakit, perih, atau nyeri di bagian yang luka. Ini dikarenakan syaraf-syaraf tubuh sudah rusak oleh tingginya kadar gula darah. 

Akibatnya, syaraf-syaraf tidak mampu mengirimkan sinyal rasa sakit di otak. Karena tak merasakan sensasi nyeri apapun di daerah yang luka, penderita diabetes sering tak sadar bila lukanya jadi tambah parah dan infeksi luka pun terlambat ditangani, mengobati pasien diabetes haruslah ditangani secara benar , pastikan keluarga terhindar dari diabetes dan selalu menjaga usus dan pencernaan anak sehat dan terhindar dari masalah kesehatan serius.


1 komentar:

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”