JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Selasa, 17 September 2019

Keuntungan Pasar Bebas Untuk Kawasan Industri


Keuntungan Pasar Bebas Untuk Kawasan Industri

Munculnya kawasan industri di berbagai daerah, merupakan kemajuan yang dinilai baik untuk meningkatkan devisa. Tapi apakah cocok untuk jadi lokasi penerapan pasar bebas? Hal ini masih terus dikaji. Karena meskipun keuntungan pasar bebas sangat banyak, namun tetap ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang oleh stakeholder.



Di Indonesia sendiri, tahun lalu sudah mendeklarasikan kerjasama sistem pasar bebas dengan empat negara anggota European Free Trade Association (EFTA), yaitu Norwegia, Swiss, Islandia, dan Liechtenstein. Namun dalam aplikasinya memang belum maksimal. Begitu juga pada kawasan ASEAN, Indonesia juga sudah siap bersaing dengan berbagai negara.

Pasar Bebas Memang Menguntungkan, Tapi…

Sejumlah keuntungan pasar bebas memang menggiurkan bagi peningkatan ekonomi, khususnya di daerah-daerah sentra industri. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, dengan persiapan, fasilitas, dan tenaga terbaik, maka ujung-ujungnya malah akan berdampak buruk. Mari simak penjelasannya berikut ini.

-       Kualitas Produk meningkat, Tapi Kalah Saing

Pasar bebas memberi kesempatan bagi industri untuk menghasilkan produk berkualitas. Industri terbaik akan mendapat order terbanyak, bahkan mungkin sampai harus sewa gudang untuk menyimpan produk siap jual. Tapi jika harus bersaing dengan competitor luar negeri yang punya kualitas lebih, tentu akan kalah dan berujung gulung tikar.

-       Terbuka Lapangan Kerja Hanya Untuk Kalangan Tertentu

Sistem pasar bebas memungkinkan hadirnya industri baru yang pastinya akan menyerap banyak tenaga kerja. Tapi tenaga kerja yang dipakai hanyalah untuk skill tertentu saja, sementara calon pekerja dengan skill berbeda jadi terabaikan, dan justru menimbulkan masalah pengangguran.

-       Yang Kaya Makin Kaya, Yang Miskin Terabaikan

Karena merupakan sistem tanpa aturan, dimana produsen dan konsumen yang jadi penentu kondisi pasar, maka pihak dengan modal besar dan pemilik industri besar cenderung mampu menguasai pasar dan konsumen dengan gebrakan-gebrakan inovatifnya. Sayang, industri kecil akan semakin tergerus akibat keterbatasan finansial dan tenaga kreatif.

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa keuntungan pasar bebas sebenarnya bagus, namun tetap memiliki kemungkinan memberi efek negatif bagi kondisi pasar pada umumnya. Kalaupun akan diterapkan pada kawasan industri, pengkajian lebih mendalam harus dilakukan, agar dapat meminimalisir masalah dikemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”