JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Rabu, 21 November 2018

Cara Migrasi WordPress.Com Ke WordPress Self Hosting


Cara Migrasi WordPress.Com Ke WordPress Self Hosting

Cara Migrasi WordPress.Com Ke WordPress Self Hosting

Cara migrasi WordPress.com biasanya dilakukan karena berbagai alasan. Tentu saja cara melakukannya juga tidaklah susah. Disini anda akan melihat bahwa WordPress.com adalah platform blogging yang sangat bagus karena gratis dan memberikan anda kemudahan menciptakan domain. Tapi pastinya ada saatnya bagi anda untuk ingin pindah ke WordPress yang lebih baik dengan fitur lebih lengkap, yaitu WP tipe self hosting. Dari sinilah ada beberapa persiapan yang harus anda lakukan. Banyak orang yang masih bingung dengan apa itu bedanya WordPress.com dan WordPress.org. Sebetulnya dua-duanya sama-sama bisa memberikan anda kemudahan membuat website. Tapi dari segi fitur ada perbedaan yang signifikan. Supaya anda tidak kebingungan pada saat melakukan migrasi, berikut adalah beberapa tahapan cara migrasi WordPress.com yang bisa anda terapkan.

Cara Migrasi WordPress.Com Yang Ampuh


Cara Migrasi WordPress.Com Ke WordPress Self Hosting
idwebhost
Cara migrasi WordPress.com yang pertama adalah dengan masuk ke dashboard dari WordPress.com anda terlebih dahulu. Disini hal paling penting adalah memilih menu Tools yang tersedia didalamnya. Kemudian anda bisa memilih menu Export, lalu dilanjutkan dengan memilih All Content. Maksudnya dari All Content ini adalah mengeksport semua konten atau data yang dimiliki web anda sebelumnya. Dalam hal ini pastinya anda sudah memposting beberapa artikel dan juga beberapa fitur lain yang pastinya tidak ingin anda buang begitu saja. Dengan melakukan eksport, maka data yang sudah anda buat sebelumnya tidak akan hilang pastinya.

Jangaan lupa untuk memilih Downloaad Export File. Hal ini penting karena file yang nantinya anda download dalam bentul xml tersebut adalah isi dari seluruh konten web anda. Nantinya anda harus melakukan setup terhadap WordPress Self Host anda yang baru. Disinilah anda tinggal install saja file xml yaang sudah anda download. Caranya adalah dengan melakukan import terlebih dahulu, lalu pilih file xml tersebut untuk kemudian menginstalkan semua data yang dibutuhkan pada web anda itu sendiri. Opsi lainnya dari cara migrasi WordPress.com adalah anda bisa menginstall terlebih dahulu One Click Install WordPress supaya anda bisa melakukan import usai cara migrasi WordPress.com dengan lebih praktis.

Lain lagi kalau anda pakai domain custom pada WordPress yang anda gunakan. Disini anda hanya tinggal mengedit saja nama server yang sudah ada sebelumnya. Kemudian arahkan server tersebut ke dalam hosting terbaik yang Anda miliki. Jika anda sudah masuk ke dashboard WordPress anda maka berikut adalah tahap selanjutnya yang bisa anda lakukan.

Masuk Ke Menu Settings


Cara Migrasi WordPress.Com Ke WordPress Self Hosting
idwebhost
Cara migrasi WordPress.com selanjutnya yaitu masuk ke menu settings à permalinks. Kemudian set pengaturan WordPress anda ke day and name. Disini anda bisa memilih menu selanjutnya, yakni Tools à Import à WordPress. Sebelum anda melakukan langkah ini, anda akan disuruh untuk menginstall sebuah plugin yang bernama Importer WordPress. Jika sudah demikian, maka cari dulu plugin ini dan segeralah install. Setelah instalasi diaktifkan maka anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, yakni mengupload file XML yang anda buat tersebut.

Anda harus memperhatikan bahwa di sini banyak jasa hosting murah seperti https://idwebhost.com/hosting-murah yang hanya memberikan otoritas upload 2 MB saja. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan ukuran file XML anda yang mungkin bisa lebih banyak dari itu. Jika sudah demikian, maka anda sebaiknya menghubungi layanan hosting yang digunakan untuk meningkatkan jumlah upload tersebut. Anda bisa mengubahnya menjadi 100 MB untuk batas normalnya. Katakan saja bahwa anda ingin meningkatkan batas ukuran upload karena hendak melakukan migrasi dari website anda sebelumnya ke website yang baru. Pada saat anda meminta dukungan kepada mereka, pasti anda akan dibantu dengan mudah.

Anda Juga Bisa Melakukan Migrasi Dengan JetPack Plugin

Cara migrasi WordPress.com yang lainnya juga akan bisa anda terapkan dengan memanfaaatkan jetpack plugin. Dengan adanya fitur yang satu ini, sudah pasti akan semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Anda akan bisa melakukan migrasi didalamnya dengan lebih praktis dan juga mudah. Tapi ada beberapa hal yang penting dan harus diperhatikan, yakni anda bisa menggunakan fitur Site-Redirect. Fungsinyaa adalah supaya WordPress anda sebelumnya tidak terhapus.

Beberapa hal lain yang harus anda lakukan setelah memiliki WordPress baru Self Hosting adalah menginstall beberapa plugin yang penting. Biasanya plugin penting tersebut erat kaitannya dengan SEO, Caching, Anti SPAM dan lain sebagainya. Pastikan anda disini menginstall plugin yang sesuai dengan kebutuhan. Jika anda mampu menginstall plugin yang sesuai kebutuhan maka anda akan mampu membangun website anda dengan baik. Kini anda sudah memahami tentang cara migrasi WordPress.com. Sudah saatnya baagi anda menciptakan website terbaik dan juga lebih maksimal fiturnya dibandingkan dengan sebelumnya.

Hal lain yang perlu anda perhatikan setelah memiliki WordPress Self Hosting adalah masuk ke Menu Setting, kemudian pilih Reading di dashboard yang tersedia. Setelah itu lanjutkan dengan memilih menu Search Engine Visibility. Hal ini sangat penting supaya Google atau mesin pencari tidak mengindeks WordPress anda yang lama dan beralih untuk mengindeks WordPress Self Hosting anda yang baru. Dengan cara ini maka anda pun akan bisa lebih mudah mendapatkan keuntungan dalam membangun website anda yaang lebih baik pastinya.

Kenapa Harus Pindah WordPress Biasa ke WordPress Self Hosting?

Cara Migrasi WordPress.Com Ke WordPress Self Hosting
idwebhost
Anda pasti melihat banyak sekali pesaing web anda memiliki situs yang lebih bagus. Disini apakah anda tidak memiliki keinginan untuk bersaing dengan lebih ketat lagi? Dalam hal ini yang harus anda lalukan adalah mencoba untuk buat web terbaik dengan ragam fitur lengkap yang ada didalamnya. Dalam menciptakan sebuah website yang istimewa, ada beberapa prosedur yang harus anda lakukan. Sudah pasti dengan penerapan prosedur yang tepat, anda bisa menerima lebih banyak keuntungan.

Kesimpulan

Dalam cara migrasi WordPress.com memang ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan. Intinya adalah dalam membangun website baru, pengembangan yang signifikan itu juga penting. Kenapa? Karena dengan membangun website yang baru maka anda akan mampu untuk meningkatkan kredibilitas dari web anda. Mau sampai kapan memakai web gratis yang fiturnya kurang banyak? Dengan adanya pilihan untuk migrasi WordPress tersebut, sudah pasti keuntungan yang diperoleh pun juga akan lebih berlipat ganda. Proses membangun website baru Self Hosting juga tidak ribet. Anda tinggal menyesuaikan saja plugin apa yang mau anda install sesuai dengan kebutuhan.

Proses yang terpenting adalah meningkatkan kapasitas upload XML yang ada didalamnya. Dengan meningkatkan jumlah ukuran file XML yang akan anda gunakan tersebut, sudah pasti lebih banyak lagi keuntungan yang akan bisa anda peroleh didalamnya. Disinilah anda akan mampu mendapatkan lebih banyak lagi kepuasan tambahan yang jelas dan nyata. Pada dasarnya membangun sebuah web memang butuh waktu dan proses yang signifikan. Jika anda cermat melakukannya, maka disini akan lebih banyak yang bisa anda dapatkan.


0 komentar:

Posting Komentar

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”