JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Selasa, 22 November 2016

Mencari Kebebasan Ke Gunung Gajah Ponorogo, Petualangan ke Negeri 1001 Lubang

Bebas, setiap manusia menginginkan kebebebasan, akhirnya berbagai macam cara dilakukan dan dituju untuk mencapai kebebasan. Namun sayang banyak yang keliru dalam memahami arti bebas. 
gunung gajah  ponorogo
gunungnya mirip belalai gajah kan???

Bahkan bila saja kita memahami arti bebas, dijeruji dibalik penjara dunia pun seseorang tetap akan bebas, kapankah kita bebas yang sejati?? Yakni saat keinginan nafsu itu mampu diredam dan kita tunduk hanya pada Sang Maha Kuasa, ketika itulah kebebasan menikmati akan sangat kita syukuri. Bahkan nikmat menembus sampai Puncak gunung Gajah di Ponorogo pun nikmat tak terkira dan akhirnya bebas napas lega setelah perjuangan cukup melelahkan.

Maka bebaslah sob bebas dengan bersyukur dengan setiap nikmat apapun yang sobat dapatkan, dan melihat tanpa perlu merasa lelah dan peluh bercucuran sejatinya itu nikmat yang amat besar. 

Jadi kenapa masih bernafsu masih ingin merengkuhnya bila dengan melihat lalu teringat ilmu lantas kita niatkan yang dahsyat karena Allah, maka rasakanlah lezatnya nikmat bersyukur. 

Karena bahagia tidak harus punya namun hanya dengan cukup merasa puas sobat sudah bebas bahagia, jadi meski dirimu dipenjara pastilah jiwa itu akan tetap bebas ketika kunci kebebasan itu telah didapatkan.
wisata ponorogo
naiklah ke puncak sob dan lihatlah yang tak terlihat

Maka jangan lemah seperti gajah sob, lemah karena saat ditimpakan batu api dari langit tercerai berai, teruslah kuat dengan bersabar, karena yang tak bersyukur akan dapat kabar gembira berupa azab yang keras. 

Nah serem kan sob?? mari terus kuat dengan kesabaran. Kuatlah layaknya nyamuk yang mana dia mampu kuat bawa tubuhnya terbang ke mana-mana.

Jadi kalo sobat bisa jalan ke mana-mana yang sabar yang kuat teruslah berjalan untuk melihat tanda yang mendustkan, namun sobat jangan mendustkan ya hehe ^-^ terus bersyukur bersyukur dan bersyukur ya sob, karena kadang saat nikmat cita-cita telah tergapai kita nie manusia suka lupa lalai bersyukur jadi mari terus peka yah dengan setiap perjalanan kita agar penuh arti perenungan dan bawa pulang nasehat bagi diri yang banyak agar kita ingat terus.
indah
ingatlah siapa yang cipta seluruh alam raya ini sob

Ingat bahwa jalan ke gunung Gajah ini bener-bener sebuah negeri seribu satu lubang Ponorogo hehe, kalo sobat yang sudah jelajah Ponorogo pasti bakal bertambah sabarnya, gimana hebohnya cari gunung Bedes, sampai gimana hebohnya naik turun gunung lembah dan bukit semua menyenangkan.

Maka jangan gampang ngeluh ya sob kalo lagi jalan, jalan itu benar-benar menguji seberapa besar kita bersabar dan taraf iman kita, makin jauh maka bekal yang harus kita persiapkan harus makin matang.

Jangan asal jalan dan gak bawa keikhlasan yah karena yang asal jalan dan gak bawa ikhlas maka sedih dan kecewanya bakal makin besar. Maka sejatinya setiap rencana pasti ada masalah, dan seorang yang ingat dengan rencananya tak terlalu pusingkan masalah sedang dijaga untuk rajin bersyukur, karena dengan ada masalah maka kita akan ingat sumber rencana kita.
indah dan unik kan sob pohon-pohonnya

Karena bila kita ingat apa rencana kita, semua masalah akan terasa ringan untuk diselesaikan. Namun bila kita tiba-tiba dapat masalah terus sedih dan terkapar malah berputar hanya pada masalah itu dan malah gak ingat tujuan dan rencana, dan makin berlarut-larut dengan masalah itu, bahkan menambah dengan masalah yang lain nah kita mungkin lupa bersyukur dan sadar diri sob, yah mungkin kita harus lebih banyak merenung dan jalan agar hikmah dan perenungan semakin dalam.

Saat kita mampu mencari akar masalah dari segala berbagai macam masalah yang telah beranak pinak kita harus berdoa agar diberi ilmu dan hidayah rencana awal kita dan masalah pertama, maka saat kita tahu rencana kita dan masalah pertama maka pecah sudah semuanya, sobat akan dengan ikhlas lebih lega dari sebelumnya.
Ponorogo selatan indah ya sob

Kita hanya butuh merenenung, mencari tempat yang adem, tak terusik akan kebisingan kabur dari arus zaman dan terasing bagai pemuda Al Kahfi layaknya jalan ke Masjid Aschabul Kahfi di Tuban. Karena dengan terasing dan menyadari akar masalah maka kita akan berhati-hati dengan setiap rencana baru yang hendak dilabuhkan.

Karena saat kita sadari rencana awal dan yang lama tersebut akan banyak sekali muncul rasa syukur yang dalam, layaknya ngantri nanjak ke Gunung Gajah ini sobat yang pas ada yang di depannya kudu sabar yah, karena jalannya sempit kalo kita emosi dikit berabeh ada jurang di antara kita yang bahaya, jadi hati-hati ya yang hendak nanjak ke Gunung Gajah, tapi kalo udah biasa mah hajar bleehh,..
ponorogo
kayak di merika merika gitu kan sob

Saat mendengar rute dan cerita di lapak lain kayaknya kok nie Gunung sulit didaki ditemukan dinikmati, namun ternyata setelah dijalanin ternyata gak seheboh ke Gunung Bedes di Ponorogo, kalo sobat jalan ke sini yah mayan nikmat, kalo jalannya lebih halus nie dan jalanan mirip dah kayak jalan-jalan di Gunungkidul Jogja, meski di Jogja mulus di sini ancurr hehe...

Tapi ingat perjuangan emang butuh extra, dan rasakan sendiri tantangannya yah, untuk ping maps udah lancar berjaya sobat bisa temukan titik ping sampai ke tugu perbatasan, dan sobat sudahabisa melihat Gunung Gajah yang bentuknya mirip dengan belalai Gajah.
mendaki gunung lewati lembah

Selain gunung Gajah sendiri panorama yang ditawarkan Ponorogo selatan ini indah dan banyak yang seru juga sob, meski begitu sobat yang baru pertama ke sini kudu banyak tanya yah, santai warga masih ramah dan baik-baik kok ditanya.

Apalagi yang sudah agak sepuh tapi gak terlalu sepuh tapi sedengan hehe, malah disuruh mampir segala nanti hehe, santai sob nikmati jalanmu dan orang-orang baik yang ramah penuh senyum yang merekah. 

Semoga mereka tak terkena fitnah Dajjal yang serem deh jadi terus ramah dan baik hati karena Allah, apapun aktivitasmu berbuat baiklah karena Allah dan jangan karena orang lain dan harap dari orang lain, tapi berharaplah hanya kepada Allah.
negeri 1000 lubang
bener-bener negeri 1001 lubang ponorogo hehe

Karena saat hanya berharap kepada Allah sobat yang udah sampai di puncak kehidupan akan merasakan kenikmatan yang tak terkira, maka bersyukurlah. 

Saat jiwa mampu menyelaraskan tanda kuasaNya yang tersematkan dalam kalamNya dan yang ada di alamNya maka sungguh jiwa itu akan makin bebas, bahagia melihat apa yang belum pernah dilihat, dan rasa keyakinan itu akan bersemi dengan amat menawannya, menghujam ke dalam sanubari yang dalam.

Hingga telah sampai di ujung batas pun kita akan terus senantiasa bersyukur dan bersyukur, syukur tiada henti atas segala pencapain kehidupan, karena kita belumlah sukses dan gagal, karena hari pembalasan seluruh amal itu belumlah kita jumpai. 

Mari terus perbaiki amal dan niat kita sob lenbih lurus biar jalan lebih adem.
batas negeri
semua ada batasnya

Kemudahan akses untuk menjelajah dan buktikan yang perlu dibuktikan di era ini sudah sangat amat menawan sob, jadi ndak usah cemas kalo hilang, yang cemas itu kalo tersesat dan rencana awal kita malah semakin kabur, maka galilah rencana awal itu lebih dalam agar sobat mampu mulai selesaikan masalah satu persatu dari yang paling awal puncak dari segala masalah. 

Yakni keyakinan yang makin melemah akan Tuhan Yang satu, maka perkuatlah sob agar sobat makin terang dan benderang.

Karena saat yang dikejar hanya fatamorgana maka semua akan semakin tidak jelas dan berakhir bingung dan bimbang penuh ragu, maka biar jelas dan dapat nikmat tak terkira perlu deh jalan lebih jauh lihat yang perlu nyata dibuktikan dan abis itu ajak sebanyak mungkin yang pengen sama-sama diajak jadi lebih baik ya sob.
gunung gajah
segenap sarana akhir zaman buatan ini akan makin menjajah negeri

Karena setiap kehidupan selalu ada tikungan ujian, kita kudu makin rajin bersyukur agar tak lalai dari ingat rencana awal kenapa hidup?? bila tak punya malu maka berbuatlah sesukamu, sesukamu dimari kita udah dapat peringatan bahwa akan dibalas seluruh amal perbuatan maka jaga dan terus kawal niat dalam hati agar tak keluar dari koridor rencana yang telah dipancangkan.

Terus bejalan walau sedikit demi sedikit karena yang berjalan dan diam akan berbeda, yang hanya menunggu dengan mencari akan berbeda, yang membuktikan dan hanya tersungkur berbeda, yang merasakan dan membisu tentu berbeda, yang beriman dan yang tak bersyukur pasti juga berbeda, maka teruslah kenali bisikan jahat yang membisiki agar kita mampu melawannya dengan bisikan baik yang terus makin banyak kebaikan ditebarkan.
dan kelak semua akan diratakan

Kalo gunung Bedes mirip kan sob sama Bedes, nah kalo Gunung gajah mirip kan sama belalai gajah??? Nah kalo ndak percaya jalan dan buktikan sendiri ada yah. Kini yang cerdas pasti bisalah menemukan gimana caranya buat menikmatinya tanpa perlu capek dan susah.

sobat tinggal bawa hati yang lebih jauh untuk bersyukur dan puas sob, pasti semua energi kebaikan itu akan buncah dan makin terang kemanakah sobat harus langkahkan kaki mencari kebebasan yang sejati. Karena saat jiwa mencari lantunan kitab suci di alam raya yang terhampar ini semua akan bersatu padu untuk membantu sobat menemukan siapa yang harus sobat sembah???

Saat sobat bertanya kepada si gunung, gunung apakah kamu Tuhanku?? gunung tak menjawab, maka dia bukan tuhan yang berhak disembah, nafikkan dia acuhkan dia dan bergumamlah sob, bahwa yang membuat sang gunung inilah dzat yang berhak untuk disembah, Dzat Yang Maha Perkasa Lebih agung dari Sang Gunung yang membuat matahari terbit dari timur dan menenggelamkannya ke barat, dan kelak saat kiamat tiba akan dibaliknya arah terbit dan tenggelamnya, maka mari terus menyembah Tuhan yang berhak disembah.

Yang membuat bukit Malimbu Lombok meliuk-liuk juga.
sunset ponorogo
suatu hari yang makin dekat semua akan dibalik

Tak ada kata selain bersyukur atas nikmat bebas, bebas menentukan arah ke mana kaki melangkah, bebas saat nafas masih dihembuskan, bebas saat mata memandang tanpa batas. Dan bebas saat kita sadar bahwa semua akan dibalas, mari terus bertanya pada hati?? 

Apakah bebas ini hanya akan seliar binatang ataukah bebas sesuai kehendak Tuhan yang membebaskan penghambaan kepada hawa nafsu kepada Tuhan Sesembahan yang satu-satunya berhak disembah, yang membuat gunung Gajah ini sebagai tanda kuasaNya, membuat bentuknya yang bagai Gajah, membuat alamnya mempesona, tapak-tapak bekas rahmatNya dibumiNya,

Dan tentu kita harus sadar bahwa seperkasa apapun dan siapapun di dunia, bila dia makhluk akan ada batas akhirnya.

Bahkan Iblis yang Gembong Penyesatpun akan berakhir kala dunia ini berakhir, maka yang disuka Iblis yakni dunia ini masih lama berakhir namun dia sukses membuat banyak manusia sesat, maka kerjaan yang menyesatkan lebih disukai Iblis daripada memperbanyak jumlah, karena saat sesat sudah terengkuh tanpa capek memperbanyak otomatis yang tersesat sudah makin banyak.

Karena letak kebenaran itu bukan dari banyak, namun dari apakah dia lurus ataukah dia bengkok dan menyimpang dari jalan yang lurus.

Maka mari terus meniti jalan yang lurus, dan terus berdoa agar ditunjukkan jalan yang lurus. Karena saat dunia ini berakhir, Iblis sudah tau dia akan berakhir di mana?? Sedangkan kita??? Mari selamatkan jiwa dari nafsu yang tak pernah puas dan bersandarnya hati kepada makhluk, dan bebaskan hanya bersandar kepada Rabb Pencipta alam raya.

Terus murnikan rencanamu sob, semoga masalah itu makin membuat kita ingat dan terus ingat untuk bersyukur. Selamat bahagia selamat bersyukur atas hidup singkat ini, selamat menemukan arti kebebasanmu sendiri, merenung ke gunung Gajah dan rasakan lubangnya yang aduhai boleh deh hehe.

Selamat jalan-jalan hati-hati di Jalan waspadalah bisikan yang bersembunyi itu bisa jadi dari sepoi-sepoi angin yang melewati Lembah hingga Candi Selogriyo terukir menawan di kaki bukit yang indah.


Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah pernah mengatakan, “Sebenarnya orang yang dikatakan dipenjara adalah orang yang hatinya tertutup dari mengenal Allah ‘azza wa jalla. Sedangkan orang yang ditawan adalah orang yang masih terus menuruti (menawan) hawa nafsunya (pada kesesatan). ”

8 komentar:

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...