JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Job Review, Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Rabu, 30 November 2016

Candi Penataran Blitar, Jangan Lupa Bawa Hati

Siapa yang gak suka dengan kue tart?? Nah coba deh jalan menikmati Candi Penataran. apa hubungannya kue sama Candi? Ya ndak ada. Tapi kalo ahli merangkai kata yah pasti bisa deh di hubungkan, padahal jelas-jelas gak ada hubungan. Maklum sob kita nie jelas makhluk yang suka hubung menghubungkan dan menghubungi hehehe, kalo jiwa lelah pengen berlelah jalan deh ke Candi Penataran di Blitar biar lihat yang beda. dan punya keahlian yang gak berhubungan jadi berhubungan.
candi penataran Blitar
jalan abis ujan itu seger

Begitulah nasib tukang simpan kenangan kamu bisa hubungkan yang sebenernya gak berhubungan jadi terhubung jadi yah selamat jalan dan hubungkan deh.  Masak selama kamu hidup sekali kamu gak pernah jalan dan buktikan sesuatu itu benar-benar ada sob, atau hanya karena sebatas cerita lantas kamu sangat-sangat percaya?? wah mantap dah sobat yang bisa tumbuhkan rasa iman dengan cara hanya dengar lantas percaya mantep sob, jangan goyahkan imanmu yah.

Begitulah manusia saat telah mencapai puncak peradaban, dan terlalu banyak kerakusan maka, akan digantilah satu kaum dengan kaum yang lain. Karena saat terjadi bencana yang dahsyat yang melanda maka kita akan dapat mengambil pelajaran di dalamnya, bahwa sebuah musibah adalah hadiah terbaik yang kadang kita melewatkan untuk mensyukurinya.

Bagaimana bisa musibah jadi hadiah??? Terbukti sudah di jaman dahulu saat Candi Penataran ini dihancurkan dan ditinggalkan tak terurus lagi, saat terjadinya musibah di masa silam. Dan kini secara ajaib Candi ini menjadi hadiah kekayaan bangsa Indonesia yang berasal dari beragam suku dan budaya, dan sekarang menjadi daya tarik yang gak pernah akan dikira bahkan si pembuat candi sendiri bakal menjadi obyek wisata begini.
candi
jalan itu penuh batu

Jadi yah selama kamu dapat jalan gratisan maka jangan banyak ngeluh deh, tapi ambil hikmahnya dan mari merenung kenapa semua bisa terjadi??? Kita semua tahu kan kisah Candi ini, dan bukan wilayah saya mbahas masalah sejarahnya, karena saya bukan tukang bikin sejarah Candi, silahkan cari situs terpercaya yang membuat anda gak penuh canda dan tawa eaa.

Terus kamu tukang apa kie?? hanya tukang ambil cahaya lantas menjadi bagian dari sejarah yang berjalan, ya cukup sudah dan sekian. Haseehh belum cerita nan merenung inih??? 

Oke deh mari kita resapi sob, dalam cerita Candi ini pun diceritakan seorang tokohnya yang akhirnya pergi meninggalkan si Candi karena saat itu orang yang pergi ke Candi ini sudah banyak yang tujuannya bukan tujuan asli Candi didirikan.
ayam piknik
ayam aja jalan-jalan berdua masak kamu masih sendiri???

Namun sudah karena faktor duniawi dan ekonomi. Maka jangan kaget kalo sistem Kapitalis pun sudah ada sejak jaman dahulu. Di saat manusia harusnya mengagungkan Penciptanya namun karena terbuai nikmat yang melimpah akhirnya kerakusan itulah yang menghancurkan.

Maka selama sobat diberi nikmat dan ingat siapa yang memberi maka teruslah bersyukur dan bersyukur ya sob. Karena yang bersyukur pastilah yang bertakwa dan yakin. Dan takwa itu buahkan rejeki gak disangka loh, tinggal kita mau terima atau tolak. Beres kan??
candi penataran
jepret buat cerita ke anak cucu biar punya bahan

Kalo kamu udah penuh dengan kerjaan ya jangan dipaksa atau hasilnya gak maksimal dan malah lelah yang mendera. Sudahi semua dan jalan deh ikhlas sob ke mana aja, daripada kamu masih di bawah tekanan dalam berkarya jangan-jangan karya yang ndak ikhlas kan berabeh toh.

Karena yang ikhlas pasti masih akan ada dan berjalan sebagaimana mestinya hal itu dibuat dan dituju untuk apa. Tapi kalo sudah tiada ikhlas dan dunia yang diperebutkan, maka kita hanya  tinggal menanti kehancuran yang akan membuat dunia makin hancur.

Maka cegahlah kerakusan jiwa itu sob, yang membuat orang lain terzalimi. Karena kalo terlalu rakus maka yang ditemukan pun sejatinya gak akan pernah berkah. Meski itu menjadi obyek berharga pun kalo gak ikhlas yah bakal tinggal lelah yang tak berbekas. Layaknya jalan lelah lihat Candi Selogriyo.

wisata blitar
candinya gak segedhe di Jogja

Dan saat semua yang dipendam karena musibah pastilah Allah berikan hikmah agar kita kembali ingat kepada Allah Tuhan Pencipta alam. Maka waspadailah manusia yang telah mengorek-orek mengambil yang terpendam lantas diperkenalkan kembali, karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi, ujian besar apa yang akan terjadi??

Layaknya Candi Penataran ini termasuk ujian besar bagi kita, apakah setelah penemuan ini ada yang akan kufur dengan berbuat menduakan dan sebagainya, atau bersyukur dan mengambil pelajaran agar yang berlalu biarlah berlalu. Karena ujian itu untuk dihadapi dengan ilmu dan pengetahuan serta doa ikhlas kepada Allah agar dilindungi dari keburukan setiap ujian.

Karena asal segala keburukan yakni Pencipta segalanya, maka ke mana bila kita takut pada keburukan dan hendak berlindung?? maka tentu kepada yang menciptakannya.
jalan nikmat
yah rame-rame lebih asik

Dan kita sebagai manusia yang diciptakan untuk beribadah ini terus berbuat kebaikan, kebaikan yang tentu itu dihitung sebagai amal ibadah dan itu kita yakini akan diterima. 

Karena setiap yang dilihat didengar dirasa manusia itu berbeda, dan lingkungan serta berbagai macam faktor yang mempengaruhinya akan amat sangat membuat dampak pada keimanan. 

Namun selama manusia membaca dengan baik dan benar, dan apa yang dibaca adalah penjelas dari segala keraguan maka keyakinan itu semoga senantiasa berada di jalan yang lurus aamiin.

Karena setiap saat kita yang berjalan ini terus diuji loh sob dengan berbagai jalan, maka akan banyak persimpangan, jalan yang melambai nikmat, belokan, kelokan dan berbagai macam bentuk yang membuat semua begitu indah untuk dinikmati dicoba dan semua ingin direngkuh, yah itulah fitrah kita manusia sob, mari terus berdoa yah.
penataran blitar
pas sepi itu asik

Karena yang berdoa dan tidak berdoa akan berbeda, yang diam dan bergerak akan berbeda, yang berfikir dan berdzikir tentu beda, nah apalagi yang kosong dan hampa juga beda, makanya kalo pengen banyak makna dan renungan banyak jalan dengan membawa hati dan lihat yang beda, biar hati makin peka ya sob, iyah peka dan rajin bersyukur. 

Karena kalo terlalu terbawa rutinitas sobat bisa jadi robot berjalan yang kehilangan jiwa.

Jalan lihat Candi Penataran ini tentu bukan tujuan utamanya, karena tujuan utamanya tentu yang ciptakan ujian ini semua terjadi. Maka saat sobat sudah kenali tujuan sobat yang Maha Kekal Abadi maka sobat bakal sangat tahu bagaimana membuat itu menjadi jalan yang kekal dan dihitung masuk dalam perhitungan.

Karena jalan biasa dengan jalan bersyukur dan melihat merasa yang mendusta nikmat akan berbeda. Jalan yang senang-senang dan jalan penuh perenungan juga berbeda, jalan buktikan dan lihat sendiri juga akan berbeda yang jalan diculik heppy-heppy ke sana kemari.

Sobat yang punya ilmu sejarah pasti berbeda dalam memandang candi ini, yang ilmu tentang geologi juga beda, jangan-jangan ada gunung emas di bawah candi ini haseehh hehe, atau yang jalan yiha-yiha macam saya yah beda jugah, jadi tujuan bisa sama tapi setiap niat yang dipupuk pastilah berbeda ya kan??? 

Jadi selamat jalan-jalan yah, dan mari kita lihat jati diri yang sebenarnya kawan seperjalanan kita. Semoga kita mendapat kawan yang tidak ngeluhan dan suka aja jalan. Dan ini hanya jalan gratisan saya hehe, jadi yah semoga sobat kecipratan gratis yah.

Karena yang gratis itu gak pernah terduga, yah meski gak terlalu demen cari-cari Candi begini, yah sama dah kayak jalan indah ke Nganjuk lihat Candi Lor itu juga rejeki gak disangka, yah saya ambil hikmah dan banyak ilmunya saja, dan belajar mendeteksi apa sih yang membuat sesuatu hal bisa terkena musibah dan dimurkai Tuhan Pencipta alam.


wisata candi blitar
kalo sepi jadi terkesan jaman lawas

Maka jangan bawa hati terlalu heppy kalo ke Candi, karena kebanyakan yang dimurkai itu kalo kita berlebihan sob, kalo toh kita heppy jalannya yah karena kita jalan karena inget Allah dah nah pasti jalannya selalu heppy.

Mau jalan ke mana aja kalo inget Allah pasti jalan bakal tenang dan heppy, jadi kalo kita gak tenang terlalu berlebihan dan lupa daratan serta malah mendusta nikmat yah kita udah terbuai terlalu indah dengan dunia. Jadi jalan yah kudu sabar juga, apalagi hidup di negeri seribu satu ujian bagai Jalan Indah ke gunung Gajah Ponorogo.
blitar
jangan durhaka yah sob ndak dikutuk jadi batu

Kalo sobat yang cari info lebih lengkapnya bisa kunjungi situs yang lebih resmi dan benar-benar teruji kebenarannya hehe, karena nie hanya situs jalan anak yang pengen lihat yang beda dari yang biasa dilihat dan pas juga ini rejeki gak disangka yah mari kita nikmati jalan nikmat ke mana ajah, selama jangan sampai sekutukan Allah yah sob, yakni berdoa kepada Allah tapi juga berdoa yang ditujukan kepada selainNya, wah berabeh deh masalah mendua-duakan itu jangan sampai Syirik juga yah di Makam Bung Karno di Blitar. Kamu termasuk yang gak pengen kena tikung kan???

Pada intinya inilah ujian untuk saya dan sobat semua, siapa yang mengedarkan pandangannya tanpa batas maka yang akan timbul adalah nafsu yang menggebu bahkan akan timbul tekad, maka waspadalah dengan apa yang sobat lihat dan nikmati. Mari kita ambil pelajaran dari para pendahulu kita, agar kita tak dibinasakan dan diluluh lantahkan.

Oke selamat menata hati dan menatarnya,jangan lupa makan kue tart yah dimari, biar makin nikmat di candi Penataran lihat dan jalan yang belum dilihat biar terbukti yang belum dibuktikan, semoga semua menjadi saksi atas niatmu sob, periksa niat sebelum jalan yah, karena dunia itu indah dan menawan. Ini hanya jalan aja jangan terbuai,....

Semoga yang menawan gak terlewatkan kayak jalan ke Colo Kudus, dan semoga sobat tetap terbimbing dalam jalan yang lurus gak bengkok lagi aamiin...

6 komentar:

  1. Waw bagus sekali ya mas tempatnya jadi pengen berkunjung juga deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat jalan" ke Blitar mas mantap...

      Hapus
  2. Penataan batunya pada candi-candi di Jawa Timur, termasuk Candi Panataran ini, memang khas ya. Beda dengan candi-candi yang ada di Jawa Tengah dan Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener pak bukan batu kali biasa hehe

      Hapus
  3. pengen juga sekakali kali main ke blitar ,... melihat candi candinya

    BalasHapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...