JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Pasang Iklan,Job Review, Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Selasa, 17 Mei 2016

Takut Main Air?? Jalan Ke Taman Air Goa Sunyaragi Aja Sob!!!

Siapa yang gak doyan main air cung??? Nah kalo kamu gak doyan main air tapi pengen eksis di tempat yang berair dan rada keren dikit gitu, sobat boleh deh jalan ke Taman Air Goa Sunyaragi yang ada di Cirebon. Dari namanya kan udah Taman Air tapi jangan salah kira yah ini bukan waterpark or waterboom hehe.

taman air
namanya Goa Taman Air nah jangan bayangin airnya hehe 

Oke sebelum sobat jalan ke sini jangan bayangkan air melimpah yah, dan bisa yiha-yiha piknik ria hehe, Karena di sini tuh lebih bersarat wisata sejarah loh hehe, Tapi tau deh ke depan kalo dikasih Waterboom boleh juga, sapa tau bakal makin keren hehe pizzz.

Taman Air Sunyaragi atau yang biasa disebut Goa Sunyaragi ini emang punya hal yang unik. di mana uniknya?? Yup sobat bakal menjumpai Istana yang terbuat dari batu yang unik deh, bentuknya sih gak berbentuk malahan hehe, makanya jadi aneh kan sob. Mungkin dulu arsitekturnya lagi ngidam telur cicak haseehh pizzz just kidd.

Untuk mencari Tempat Wisata ini gak susah kok sob, bahkan warga Cirebon pun sudah amat kenalnya dengan spot yang emang sudah di hati warga Cirebon ini. 

Jadi kalo ke Cirebon jangan cuma ke Keraton Cirebon ya sob, kamu bisa juga loh jalan dimari lihat yang mungkin bisa jadi berarti bagi dirimu eaaa.
loket masuk
yuk masuk kalo rame-rame butuh pemadu lho ya

Santai sob, harga masih bersahabat kok, kalo masalah sejarah emang kudu mahal sob, karena bakal bikin kita makin pinter hehe, Tah 10ribu per kepala boleh deh, masih aman. Dan kamu bisa bikin banyak karya deh di sini.

Berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon bisa dibilang Candi tapi sering disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, atau sering disebut sebagai Tamansari Sunyaragi. Oke begitulah si tempat kece ini mematenkan diri dan gak bakal pindah lapak selama kamu gak bikin geger aja dimari hehe pizz.

masuk
wuhhh masuk tempat cagar budaya

Wiihhh rada ser-ser yah kalo masuk tempat berbudaya begini, jadi gak boleh haha hihi asik ini hehe pizz. Tapi ini kan blog gak resmi sob, jadi yah apa adanya yah, karena kalo kita puas dengan apa yang ada kita itu bakal kaya kok sob, kuncinya itu. tau deh kalo kamu punya kunci emas, aku pinjem donk eaaa.

Goa Sunyaragi ini masih satu komponen dengan keraton kasepuhan Cirebon sob, jadi jangan heran kalo tempat yang unik ini masuk dalam cagar budaya Cirebon. Dulunya nie Taman emang dikeliling danau gitu deh, danau Jati namanya, tapi sekarang udah surut, tau deh airnya ke mana.

Nah di sini sob, tempatnya dibagi dua antara pesanggrahan dan goa itu sendiri, nah lo mana Taman airnya?? yah disekitanya ada kolam-kolam air gitu deh sob. Tapi pas saya kemari lagi dibangun gitu deh, mau dijadiin kayak tempat pertunjukan gitu kayaknya.

Yah mungkin pertujukan Ramayana boleh juga pindah dimari...

renovasi
Nah disana lagi direnovasi sob

luas
kalo di sana Goanya

goa
keliling bisa naik panggung bisa

Kalo dari namanya sendiri sob, nie tempat punya arti Sunya alias sepi dan Raga, alias badan, yah dapat disimpulkan kalo tempat ini bisa dijadikan tempat nyepi deh sendiri aseekkk, emang dah tempat sepi-sepi begini idola aseeek.

Makanya kalo ke Jogja Nikmati tempat yang sepi yah banyak dah

Nah dimari jangan kaget yeee kalo lihat yang aneh unik dan macam-macam, saya aja cuma bisa mantuk-mantuk aja, sambil pusing mikirin angle haha haseee. Tapi asik kok sob dimari, kamu bisa lihat orang latian nari, bisa lihat orang jalan-jalan, ealah orang jalan diliatin. Atau liat orang poto-poto juga ada hehe.

foto keren
nah gaya dikit cekrek, inget yah dibalik foto kece ada yang rela begaya jongkok di sana hehe

panggung
Nah di sana ada yang lagi latihan, tau deh latihan tari apa??

Berhubung di sini lebih banyak cerita sejarah, nah cocok wis buat sobat yang doyan jalan ke tempat beginian, meneliti arah pemikiran orang jaman dahulu dan faktor yang membuat pengaruh mereka. 

Kalo saya mau kasih kesimpulan yah di sini kamu bisa menyendiri sob, karena emang ini tempat yang dipake keluarga Raja Cirebon yang dulu dipake buat semedi gitu deh.

Kalo mau sendiri yang asyik yah, jalan aja ke Solo biar ramai....

Nah makanya sob, kamu jangan sibuk haha hihi kesana kemari menuruti hawa nafsu, tapi redamlah nafsu, kamu butuh juga menyendiri, memikirkan yang gak dipikirin orang lain. Sapa tau kamu bakal punya bakat jadi raja kan tar heboh hehe.

taman air goa sunyaragi
naik sob biar capek hehe

gapura
Uhh serasa gimana gitu deh

Kalo dilihat ya sob, banyak banget gaya deh di sini bangunannya, Taman air yang dibangun di masa Belanda ini, emang banyak menyerap banyak arsitektur sob. Ada yang gaya Cina, Arab juga ada, bahkan yang kayak arsitektur di Masjid Menara Kudus juga ada.

Tapi di sini kebanyakan saya diem aja hehe, abis keliatan kok sepi, mungkin karena bukan hari libur yeee, Jadi ya sudah deh jadilah pendengar yang baik aja ya sob, kalo pemandumu lagi jelasin. Catat kalo perlu biar gak banyak lupa.

taman air sunyaragi
kalo jaman dulu ini bangunan mewah ya sob ???

Katanya sih nie tempat punya luas 15 hektar, dan dibagi dua, nah sekarang kita di komplek Goanya sob, karena di tempat ini ada area Goa, dan pesanggrahan. Kalo pesanggrahan itu isinya tempat tidur, rias, santai, dan lain-lain gitu deh.

Kalo mau lihat goa yang kece ke Goa Lowo Trenggalek aja sob.

istana sunyaragi
nah di sini kamu bisa main petak umpet sob hehe

sunyaragi
masuk dari pintu sana bisa keluar di sini aseek kan hehe

goa sunyaragi
wah ni komplek goa asik buat mainan labirin hehe

keliling terus
nah ada patung yang bentuknya gajah juga loh di bawah sana

serem lewat
nah kayak ada kuburannya juga

Yah yang paling unik di sekitar sini nih, tapi emang sepi yah, jadi horor begini deh hehe, Tapi asri juga kok sob. lumayan lah buat jalan-jalan sehat. Kalo saya sih yang penting sehat, tau deh kalo kamu jalan dimari karena apa?? 

Moga gak yang syirik-syirik ajee ye sob. Karena kudu moto di sini yah saya mah moto aja deh yang bikin acara mah saya ngikut ajeee.

goa
lalu mana airnya kik??

taman air
tuh kan ada aernya hehe, abaikan yang sedang berduaan di sana yg jomblo cueek hehe

taman air
tuh air masih minat nyelem??

sejarah
wah nie tempat emang cocok buat makhluk bersejarah

Kalo kamu termasuk makhluk yang minat masa lampau wah boleh dah sob kamu dimari yah, jalan abis itu ambil banyak cerita. Tapi tetep jaga keabsahan ceritamu yah, jangan ditambahi, dikurangi atau dilebaykan. 

Atau Delay di Dermaga Bintang Bandung yee....

Kalo kamu dan aku kan beda jenis jadi jangan ikutin gejenya ajee yeehh. Kalo yang bikin nie kisah mang rada gimana gitu deh haseehh, oke selamat buat kisahmu sendiri yang lebih spesifik kece badai, saya mau selonjoran dulu ya sob ngadem.

gak ada air keceh deh
Nah bisa deh masuk sana terus bikin poto seru bisa deh hehe

taman
atau jalan di tamannya aja juga boleh deh

Wah ternyata luas juga sob hehe, kalo kamu yang suka dipandu jangan lupa dipandu yah, biar kamu makin pinter, gak cuma jalan heppy tapi boleh deh tambah pinter tentang sejarah jalan dimari, jadi jalan-jalanmu itu penuh sarat makna gitu loh sob, hehe, kalo kamu kik?? Yah kalo saya kan jalan cakep cekreekk, eaa, jalan keren cekreekk, eaa, Asikin aja cekrekk hehe pizzz.

Daripada ke Candi Lor tapi masih dikunci kan gak jadi cekrek yeee

Nah buat temen-temen yang mau jalan-jalan ke Cirebon, jangan lewatkan yah ke sini, biar kamu makin kenal sama kota tercintamu, katanya orang Cirebon? Ke sini gih di ramaikan, biar gak sepi horor begini hehe pizzz.... Jadi yang takut main air, udah ke sini aje,., ke Taman Air goa Sunyaragi, gak bakal kok diserem-seremin ama air hehe.... Cirebon melambai mesra buat kau ungkap tuntas tseehh.;...

JustFun,Play,andKidd....
Jalan gih sob, tapi inget sholat dulu baru jalaaannn....
Photo and Story by @angkisland Jalan-jalanPhotoBlogger .... #Indonesiaindahkenapasusah 
Follow me at Photo Galery 500pxInstagramTwitter,  thanks Happy Your Feel...

Segerakan kebaikan apapun juga ya jangan ditunda sob...

22 komentar:

  1. Lagek kapan hari itu pas saya Bw, juga baca tentang Sunyaragi ini, mas. Tapi, baca tulisan ini, serasa jadi baca tulisan baru. Haha. Pembawaan artikelmu kayak kocak banget sumpah, mas.

    Boleh kenalan gak? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi saya sudah tobat gak banyak bikin ketawa neng tar takut hati" pada mati hehe pizz jadi yah seadanya aja deh... pizzz

      Hapus
  2. Ini bebatuannya karang semua, hehehhehe. bagus :-D

    BalasHapus
  3. Hahay, akhirnya tempat yang udah bolak - balik masuk tipi udah di eksplorer sama mas Angkis,,, Aku mau mas Angki kesitu, apalagi tiket masuknya cukup bersahabat di kantong. Cuman yang mahal untuk kesitunya lho mas, hahahaha. Mending kalau dapat gratisan kayak mas Angkis, langsung dah berangkat, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai mas lama" pasti sampe sini tungguin aja ledakan anishidayah com hehe

      Hapus
  4. Emang tempatnya tidak ada air banget ya mas atau hanya sedikit ?
    Jadi pengen coba tapi lagi lagi terlalu jauh andai ditempat saya pasti saya coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mas lama" yg jauh bakal jadi deket kok hehe

      Hapus
  5. Hihihi... namanya taman air, kenapa airnya malah hanya seperti itu, sih? Tapi kalau main petak umpet... serem! maunya ditemani, tak berani sendiri.
    Tapi keren kok, asyik. kalau melihat benar-benar (dari foto), kelihatannya asli ya? Asli buatan zaman dahulu, bukan hasil pugar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak hehe kayak jaman dulu emang hehe.... hehe rame" mbaks eru kalo sendiri ke sini rada keki hehe...

      Hapus
  6. Keren yah tempatnya. sepi, suasana nyaman enak untuk ngadem. Kapan-kapan dech gan, ane pingin main kesitu kalau pas ke Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini di cirebon gan bukan di jogja hehe pizz... iya nie sepi asik kayak dieng kalo pas low session hehe

      Hapus
  7. Wah keren banget mas tempat wisatanya, pas banget kalao dipakai foto selfie

    BalasHapus
  8. Kalo rame banyakorang suka stress ambil agnle kalo mau foto yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya bang haseehhh apalagi kalo tempatnya gak fotogenik wew hehe...

      Hapus
  9. kayaknya masi jarang orang tau candi ini ya mas. kok dr fotonya kayak sepi gt :D tapi enak gt bersih juga tempatnya sepertinya terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nie mas mbak hehe iya ada yg bersihin kayaknya hehe... iya nie mas antik he

      Hapus
  10. wih dindingan batu di goa air nya itu unik yaa mas.. ^.^
    kayaknya kalo kesenggol kaki bakal luka nih..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak bener bangeett hehe... pasti luka saya pun hati" hehe... iya mbak unik hehe

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...