JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Pasang Iklan,Job Review, Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Rabu, 30 Maret 2016

Mendung Syahdu Jurug Waru Dongko Trenggalek

Beberapa anak muda kalo gak salah lima anak muda mas, begitulah kata seorang sesepuh yang bercerita awal mula mulai tenarnya obyek baru yang berada di trenggalek ini. Lima pemuda bawa bendera Indonesia abis itu poto-poto wah seminggu kemudian pengunjung berdatangan dan bludak mas penasaran dengan keberadaan Jurug Waru Trenggalek.

jurug waru dongko
nah batu besar di bawahnya ada goa itulah ikoniknya jurug waru sob

Bagi saya wisatawan biasa yang suka jalan-jalan bahagia ini sangat bangga dengan anak-anak muda Indonesia yang tak berhenti menjelajah. Karena merekalah saya kenal dan tahu jurug Waru Trenggalek ini. Salut buat anak-anak kekinian, mungkin kalo gak ada kalian saya gak ada kerjaan dan mungkin gak bisa buat lapangan pekerjaan baru.

Makanya kalo gak ada Hatta gak ada Soekarno Hatta proklamasi, maka pemuda bersabarlah bersatulah semoga ada anak muda Indonesia diera mendatang tidak terpecah belah saling bermusuhan dan mudah diadu domba, jiwa muda kalian itu bisa getarkan Indonesia Raya loh merdeka, semoga rakyat semakin tenteram tawakal Qanaah aamiin.

Kalo Indonesia begitu mempesona kenapa terpikat pesona negeri lain?? Selamat membangun Indonesia ya sob... jangan lama" pergi dari ibu pertiwi *sok diplomatis hehe pizz abis gemes sama artis kerjanya main-main gajinya gak main-main giliran guru kerjanya gak main-main gajinya kenpa sih dimainin hehe merdeka Indonesia. warga Dongko semangat yah.

Yah kenapa sih kamu warga Dongko gak dari dulu berbagi  tempat eksotis ini?? Ini kekuatan Dongko kekuatan Pandean untuk menyedot banyak orang datang dan berbagi rejeki serta nikmat antar daerah. Yang sudah kerja didaerah A bisa dibagi ke daerah B dan sebaliknya, begitulah Indonesia. Jangan semua hanya berkumpul dan berhenti saja di Jakarta. Semoga ada rizkimu yang bisa kamu bagi sampe dongko juga aamin

Saya berharap warga Dongko dan desa Pandean ini sadar dengan wisata di daerahnya, yang bila saya lihat wah ini kalo di Jogja sudah digarap dengan apik bagaikan Embung Purba Nglanggeran. Saya melihat alam di Dongko ini pun gak kalah kok sob dengan alam kece di Jogja, banyak spot yang belum dijamah dan berdayakan diolah untuk kebaikan bersama.

mandi di kali
seorang bapak yang habis nganter mandi anaknya

Gak sulit kok sob menemukan Jurug Waru ini, Ping yang disematkan temen-temen pinter Trenggalek meski meleset dikit tapi pas tepat sampe di Dongko. Jurug Waru ini berada di Pandean Dongko Trenggalek Jawa timur sob. 

Nah buat sobat yang mau ke sini dan belum tau arah dan jaraknya berapa dari kotamu, di maps ping google sudah ada dan tersedia kok, tinggal aja hitung-hitung kamu bakal keluar budget berapa untuk sampai Trenggalek ini. Dan kalo kamu anak pintar pasti tahu bakal habis berapa duit untuk nikmatin spot yang masih murah meriah ini. Dan bahkan buat masuknya pun masih dikasih tarif seikhlasnya hingga tahun 2016 ini.

Parkir bisa di rumah-rumah warga sob, atau disamping masjid, nanti ada bapak sesepuh yang rumahnya deket masjid bakal mengarahkan kamu biar parkirnya aman tenteram. Dan pasti bakal dikasih suguhan kata monggo pinarak sama warga-warga kampung sini dan jangan takut mereka mengharap persaudaraan bukan materi atau harta kok sob... Semoga aja tetap begitu yah aamiin.  Dan tentu akan membantu wisata heppy kamu sob santai.

menuruni lembah adalah karakter yang bakal kamu temui saat jelajah air terjun

Tempat atau obyek baru seperti ini tentu akan mengundang penasaran yang bikin gatal kan sob? apalagi kita orang Indonesia, keponya minta ampunnn deh. 

Plus kalo kamu pernah kenal dengan daerah Dongko Trenggalek ini, wah masak iya ada? bertahun-tahun di sana kok baru tau. Tapi nyatanya ada, dan alhamdulillah Allah masih sudi kita menikmati indah alamnya.

Jadi gak hanya Goa Lowo aja yang kece di Trenggalek, Jurug Waru juga keren loh.

trenggalek
mari bersyukur sob masib bisa melihat merasa dan gratisan jalan ke mana ajah hehe

Kan gak kece banget toh yah semisal sudah bertahun-tahun tinggal di Jogja misalnya tapi gak pernah tau kalo ada Air Terjun yang gak perlu daki atau turun lembah buat nikmatinnya, semisal Air Terjun Sigembor Kulonprogo, Nah makanya menambah wawasan itu pelru sob.

air sungai
turun terus sob doi ada di bawah sana

Dengan rute yang nyaman dari Trenggalek atau dari Tulungagung sobat bakal mudah kok jumpai Dongko ini, karena bila diturutin trus jalannya mulus ke Dongko ini bisa sambung sampe ke Pacitan. Nah jadi sobat yang udah nemu jalan mulus yang panjangnya ampuunn deh itu sudah bener deh.

Oia kalo saran saya jangan ikutin jalur maps yang misalnya kamu dari arah timur yah, misalnya timurnya Trenggalek mana yah?? Blitar kan?? Nah jangan ikutin jalur itu kalo misal kamu dilewatin desa-desa atau ntar kamu bakal diajak nanjak hehe membelah gunung, tapi siapin hati ajah hahaha, biar Driver kamu siap off road haha hadeee.

Jadi yah mending enak lewat jalur dari arah Trenggalek kota ke selatan yah, jangan yang lewat Blitar lalu membelah gunung nanjaknya bikin ajojing haha haseeee. Pokonya yang Blitar tulungagung itu lewat selatan nah jangan eh mending kalo pesan saya, tapi kalo kamu petualang sejati penemu jalur-jalur ya trabas aja hehe siapa tau nemu Kebun Teh yang kayak Borobudur di Jamus Ngawi kan keceh.

Dari ping maps yang habis itu kamu masih kudu jalan 2 km an sob ke arah kanan jembatan ikuti saja alurnya, kalo bingung tanya warga sekitar inshaAllah kalo kita ramah pasti deh doi ramah juga, oke dan jangan lupa senyum dan sapa selama perjalanan yah. Jalanya belum aspal yang bagus masih perjuangan tapi santai masih aman dilalui kok. Jangan kaget kalo takjub lihat batu-batu besar selama perjalanan.

jurug waru dongko
nah sudah lihat kan mari pulang lohhh hehe, belum kik hehe belum turun gimana toh hehe

Nah melihat mempertimbangkan ternyata Jurug Waru ini emang nyaman didatangi waktu musim kemarau sob, kata bapak sesepuh dan orang-orang sekitar sini pun iya hehe, Jadi ya buat sobat yang penasaran saya sarankan  datang dimusim kemarau aja yah.

Kalo musim hujan beginian yah, kamu gak bisa renang, dan nyebrang hehe, kalo mau nyebrang bawah goa sana ya nekat deh hehe, tapi yah berabe hehe. Tapi santai jalur turunnya sudah ada pijakan dari tanah dan treknya sob, kalo anak muda mah ready kapan aja kan ya hehe...

Keunikan yang terjadi di sini yakni batu-batunya itu saya periksa mirip sama batuan di gunung Api Purba sob yang ada di Jogja, yah mungkin aja daerah sekitar ini bekas dari gunung api purba juga kalo saya lihat, bahkan gunung yang saya belah dan nanjak abis sebelum sampe Dongko ini ya eksotis juga,

sungai
nyebrangnya dari atas ya sob kalo dari bawah bahaya musim hujan begini

Batu besar yang ada di Jurug Waru ini emang jadi ikoniknya tempat ini sob, jadi kalo kamu gak bawa oleh-oleh foto kece pulang ke rumah tu tar serasa ada yang kurang loh. Selain itu kalo kamu datang di musim kemarau bisa kok mandi heppy bahkan foto kece dibawah airnya keren. *hasil dipamerin foto" keren anak" daerah sini yang juga pada punya instagram. Kalian kece dah, apalagi sholatnya gak telat tambah kece sob.

Di bawah batu ikoniknya pun sobat bisa temui goa gitu deh tapi pesen saya tempat kece beginian jangan dirusak dengan hal-hal yang gawat ya sob, tar ndak dapat murka Allah. Sudah kita syukuri saja yah jangan dipakai yang setan-setan biasa goda.

jurug waru trenggalek
Nah di bawah batunya itu ada goa sob, kita bisa masuk ke dalam tapi lewat jalur atas air terjun
kalo musim kemarau airnya jernih googling aja gih

Oke jangan buat yang aneh yah, itu bukan goa hira jadi jangan ngarep dapat wahyu atau wangsit, lagian jaman ini sudah tidak turun wahyu ya sob atau hal-hal lain yang bikin rusak keturunan dan generasi jangan yah. Jadi yah kita nikmati alam tanpa kudu merusaknya. Semisal kayak edisi Gunung Tidar Magelang.

angki
nah sebagai wisatawan cukup deh foto beginian terus pulang done dah....
sudah jadi bukti struk bisa ditampilkan ke bos terdekat dan sponshor" terdekat hehe pizz
bos udah nguli bos sampe Dongko bos capek boss upahnya full ya bos haha haseeh jng dipotong terus
aku lihat lihat kerjaan terus bos aku pengen jalan" haha hasee pizz

Nah makanya mari terus bersyukur ya sob, yang orang kantor sabar aja jangan mupeng iri dengki sama orang lapangan, dan sebaliknya yah. Karena kita punya beban masing-masing yang kudu kita pertanggungjawabkan. Jadi yah nikmatin aja perjalanan hidupmu sob dan rasakan ramenya kalo kamu dapat rasa-rasa yang belum pernah ada dalam hatimu.

Berjalan itu akan membuat kita makin peka kok sob, jadi nikmat yang setiap hari kita rasa akan mampu kita terus syukuri dan gak terdusta. Dan kita akan terus merasa cukup dengan apa yang Allah berikan. 

Mungkin bagi orang Dongko jurug Waru ini biasa ajah, tapi bagi saya orang Jogja yang jarang dapat nikmat beginian misalnya ya ini luar biasa dah. Dan sebaliknya mungkin kalo orang Dongko ke Jogja terus rada eksis di Tugu Jogja yah kerennya luar binasa hehe, Kalo saya mah biasa ajah, tapi karena rajin jalan yah bersyukur itu bisa menambah pemasukan daerah, duit kumpulnya sama pemerintah bisa dipake bikin jalan dan acara-acara yang manfaat.

dongko trenggalek
oke Dongko pesonamu semoga makin tertata apik yah, semoga bsia datang lagi dimari aamiin

Santai sob, buat yang sudah pensiun dan masanya menikmati kemenangan, jalan-jalan heppy murah meriah ini gak bikin capek kok, kita tinggal aja jalan 200 meter ke bawah dengan medan yang gak bikin payah. Ada warung-warungnya santai juga sob, jadi kalo haus lelah gak menderita amat dah nikmat kok sob. 

Jadi yah kalo sobat yang sudah pensiun bingung mau ke mana yah coba deh lihat dan syukuri nikmat Indonesia yang dekat murah dan mempesona ini. Siapa tahu hari-harinya jadi lebih berwarna dengan berjalan dan lihat yang belum dibuktikan ada.

Kalo biasanya cuma denger cerita-cerita, jalan dan buktikan doi ada boleh juga loh sob, abis itu ujianmu datang, mau bersyukur atau kufur? oke terus bersyukur yah dan bertebaran nikmat di bumi Allah, semoga aja ada karunia hidup yang berkah yang kamu dapat di Jurug Waru ini juga sob.

Yah kali aja abis lihat daerah sekitar sini kamu yang tadinya terbang Paralayang di Sukabumi sob. Jadi hijrah gitu hehe, pindah ke daerah yang sejuk-sejuk daripada yang panas-panas. Mang bisa yax? terbang dari Sukabumi ke Trenggalek hehe, yah sapa tau aja bisa hehe pizz...

Meski saya datang di sore yang mendung dan rintik hujan, tapi syahdunya di sini alhamdulillah jadi inget-inget dosa yang bisa dimintain maaf sama Yang Maha Kuasa. Semoga pembangunan dan hasil rapat desa berjalan baik-baik saja dan pembangunan aman nyaman sejahtera tanpa perlu ada pertikain yah dan moga jurug Waru jadi bagian nikmat yang berkah bagi Trenggalek aamiin... Maju Terus wisata alam Trenggalek josh.. ditunggu jalan mulusnya hehe....

JustFun,Play,andKidd....
Jalan gih sob, tapi inget sholat dulu baru jalaaannn....
Photo and Story by @angkisland Jalan-jalanPhotoBlogger .... 
#culikfotografer #Indonesiaindahkenapasusah 
Follow me at Photo Galery 500pxInstagramTwitter
thanks Happy Your Feel...

Segerakan kebaikan apapun juga ya jangan ditunda sob...

4 komentar:

  1. Airnya coklat ya. Biasanyaa musim hujan memang sungai suka coklat ya. Tapi pemandangannya tetap indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nie mbak hehe mungkin besok pas kemarau datang lagi deh....

      Hapus
  2. Keren.. Aku belom pnh ke trenggalek.. Kalo uda ada ping dr google mah bakal mudah di akses wisatawan ya.. Alhamdulillah smoga ga rusak oleh tangan2 pengunjung jahil

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak hehe pokoknya thanks buat para pe ngeping hehe... aamiin moga tetep lestari...

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...