JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Jumat, 26 Februari 2016

Wasiat Angkisland

Perlukah menuliskan wasiat? Kita kan masih lama hidup di dunia bro.. masih muda gitu, kenapa sih repot-repot bikin wasiat?? bikin anak aja belom eh udah bikin wasiat ajah. Buat apa? dunia kan belum kita nikmati semua, jadi selowww gitu bikin wasiat bisa kapan-kapan.

wasiat angkisland


Whats?? Kamu masih ngerasa sebagai manusia yang bakal hidup lama sob?? Kalo saya sih milih enggak ngerasa begitu, karena ketika kita merasa bakal hidup lama, kita bakal gampang banget buat  bikin dosa dan nunda taubat.

Menuliskan wasiat ini gak wajib bro, kalo mau lebih yakinnya sobat boleh cek menuliskan wasiat. di situ sobat bakal dapat ilmu dan gambaran kira-kira menulis wasiat ini perlu gak sih. Kalo buat saya perlu sob.

Karena saya anak yang suka banget jalan, nah dan jalan menjadi seorang musafir itu kita kudu punya pesan dan wasiat buat semua yang kita tinggalkan di tanah kelahiran. Jadi ide itu muncul juga sekilas ketika saya berfikir jangan-jangan perjalanan saya ini yang terakhir dan saya gak bakal balik lagi bisa pulang ke rumah.

Tragedi Puncak Cipanas cukup menjadi pelajaran berharga saya selama saya hidup.

Hal itu selalu menghantui saya ketika setiap kali saya melakukan perjalanan. Alhamdulillah dengan bantuan dari teman saya akhirnya ada juga kesempatan untuk membuat wasiat saya berubah menjadi audio visual. 

Meski sebelumnya saya sudah menuliskannya, namun saya juga ingin berbagi motivasi ke sahabat juga, siapa tahu menjadi ladang pembuka kebaikan dan membuat inspirasi kebaikan. Kita saling berwasiat dalam kebaikan dan kebenaran.

Wasiat sendiri tak hanya berakhir pada wasiat harta benda, namun juga wasiat pesan-pesan yang penting. Semisal halnya wasiat Rasul ketika akan meninggal yakni berwasiat agar umatnya tidak meninggalkan sholat.

Wasiat sendiri pun saya buat agar menjadi pengingat bagi saya dan juga keluarga bahwa kita sejatinya akan pergi dan meninggalkan dunia ini, kembali menjadi land, menjadi tanah yang akan segera dilupakan manusia. Pada intinya ini sebagai pengingat saya selalu agar terus teringat bahwa kematian iyu semakin nyata.

Tapi yang menjadi nilai pentingnya adalah menularkan virus membaca. Karena dengan membaca manusia telah bersyukur. termasuk di zaman ini sangat mudah untuk membuat berbagai macam sarana, manusia dapat membaca beragam fenomena. Semoga dengan hadirnya wasiat kita juga bersiap untuk menyambut hari yang pasti itu yakni mati. Karena mati entah kapan saja bisa terjadi dan menjemput kita.

Dan ini wasiat dari saya sob... maafkan bila banyak salah dan khilaf ya.....


Alhamdulillah Allah masih mengijinkan untuk membuat karya, dan semoga Allah menjadikannya amal kebaikan bagi saya dna teman-teman yang telah membantu saya, yang sangat sempit waktunya untuk mempersiapkan atau membuatkanya, dikarenakan agenda dunia yang begitu padatnya.

Sungguh dunia telah menawan hati kita sob, menjadikan kita makhluk yang amat sangat mencintainya, tanpa kita sadari kita pun terkena penyakit Wahn, yakni cinta dunia dna takut mati. Takut pada kematian memang fitrah kita sebagai manusia sob, namun yang menjadi tercela yakni saat kita takut pada kematian karena kita tak rela meninggalkannya, karena kita telah terjebak berbagai macam kenikmatan.

Kenapa kita takut sob? karena kita tak pernah mempersiapkannya. Sesuatu yang telah kita persiapkan tentulah kita akan menjadi lebih berani d n tidak takut untuk menghadapinya. Meski begitu kita pun sebagai manusia terus berdoa kepada Allah gara diberikan umur yang pnjang dan kehidupan yang berkah. Karena Rasul kita berpesan manusia yang yang terbaik yakni yang panjang umurnya dan baik amalnya. Dan manusia yang jelek yakni yang panjang umurnya namun jelek amalnya.

Wasiat kali ini saya yang pertama meminta maaf kepada Sobat semuanya, pada keluarga semuanya bila saya mempunyai salah dan khilaf yang mungkin menyakiti hati dalam bergaul dalam kehidupan ini. Lalu yang kedua yakni taatlah pada Allah dan jangan meninggalkan sholat. Karena sholat merupakan amal pertama yang akan Allah tanyakan dan hisab.

Lalu teruslah berbuat kebaikan dan terus berlomba dalam kebaikan. Tentunya pesan yang terakhir saya yakni teruslah kita berprasangka baik kepada Allah dengan segala takdir yang telah Allah berikan kepada kita. Untuk janji dan hutang yang belum mampu saya tepati saya memohon keikhlasan semuanya agar memberikan ridho, bahwa semua terjadi karena takdir Allah. Karena boleh saja kita berencana namun Allah yang akan menuliskan takdirnya.

Kita terkadang terlalu bersikeras dengan kegiatan dunia dan pencapainnya, dan berharap Allah akan menerimanya. Namun kita tak pernah mau tau apakah hal itu Allah kehendaki atau tidak. Maka kita perlu mengenal Allah gara kita tahu apa yang Allah ridhoi dan kehendaki. Mengingat kematian juga menjadi sarana kita lebih dekat dengan Allah.

Bila kita tak pernah mempersiapkannya, apakah kita yakin akan melaluinya dengan sebaik-baiknya. Ketika dunia dipersiapkan sebaik-baiknya, tapi kita terlena yang mana dunia akan kita tinggalkan. Sedangkan akhirat kita tak pernah kita kejar dan siapkan padahal kita akan menujunya.

wasiat


Terus membaca, adalah wujud syukur, membaca setiap wasiat yang manusia lainnya pesankan pada kita. Karena manusia yang telah berpindah alam barzah ingin kembali ke dalam alam dunia yang sedang kita nikmati ini untuk beramal sholeh.

Jadi bila tidak kita siapkan sekarang kapan lagi?? Karena ketika nyawa ruh telah berada di kerongkongan semua telah terlambat. Syukur kita tak akan Allah terima lagi, mari terus bersyukur dengan saling ber wasiat, Semoga kita dalam hidup sekali ini terus berwasiat dalam kebaikan agar tak rugi hidup kita. aamiin

Menuliskan wasiat

2 komentar:

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...