JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Pasang Iklan,Job Review, Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Senin, 18 Januari 2016

Telaga Ranjeng Brebes Dan Ikan-Ikan Keramas eh Keramat dink!!!

Selalu saja saya tak pernah menyangka dengan apa yang bakal saya lihat dan nikmati, dan jalan kali inipun bercampur baur semua rasa, gak disangka, gak sengaja, cuma gara-gara nengok kiri sebelum tujuan dan tarra saya menikmati deh nikmat yang gak terdusta bisa lihat ikan-ikan yang lagi manggung alias eksis alias pengen hits di Telaga Ranjeng Brebess.

telaga ranjeng
tak sengaja tengok kiri dan kunikmati indahnya Telaga Ranjeng

Pertama kali terpesona karena dibalik semak belukar di tepi jalan menuju Kebun Teh Kaligua, ku tak sengaja melihat ada secarik air dan danau yang entah ku bahkan belum tahu namanya apa, lalu kucoba dekati si doi yang menarik hati ini, makin takjublah diri ini saat kudapati 2 sejoli yang sedang asyik memberi makan ikan-ikan, dan tau gak sob ikannya besar-besar dan banyak hah??? di Telaga yang penuh misteri dan masih alami banget ini ikannya nongol eksis gak takut sama manusia?? hah akhirnya ku kaget setengah mati, gak nyangka gitu ada kekuasaan Allah di tempat ini.

Semua Allah bayar lunas, beberapa malam sebelumnya saya hanya berucap lirih dalam hati, saat kumenikmati siaran chanel luar negeri tentang ikan-ikan Salmon yang hidup bebas di alamnya, dan mereka punya siklus kehidupan untuk balik ke sungai setelah setahun lebih bertualang di lautan. Malam itu saya hanya bergumam Wah enak sekali yah bisa lihat ikan sebanyak itu.

Dan akhirnya tunai Allah kasih penampakan tanda kuasanya, meski gak harus jalan sampai Amerika sana buat lihat Salmon, Uhhh lihat Ikan-ikan di Telaga Ranjeng yang ajib asik ini sudah mewakili doa misterius saya, dan Allah bahkan kasih lebih takjub dan gak pernah saya sangka. Kadang doa itu gak seperti apa yang kita minta, namun berubah jadi sesuatu yang hampir sama, hanya kita saja yang kudu peka dengan memahami doa kita.

Uwoowwww, tadinya cuma pengen lihat Kebun Teh Kaligua, eh ini dikasih bonus gak terencana hehehe. Maka nikmat yang mana yang kudu kudustakan ini kalo nikmat sudah rangkap dobel begini. Alhamdulillah.

telaga ranjeng brebes
awo awo ikannya pada datang dari tengah telaga sana sob dan makin banyak yang datang

Sempet kaget sempet heboh sempet panik, sempet hujan-hujanan, iya loh waktu saya datang eh hujan datang, waduh gak bisa leluasa moto nih, dan ditambah tau gak sob. tanah yang dipijak berwarna coklat itu tuh tanahnya labil. Serasa ada Air dibawahnya, bahkan lebih goyang loh daripada Tanah Goyang yang ada di Ponorogo sana.

telaga ranjeng punya
mau didekati susah sob tanahnya labil bangeeettt

Sebenernya saya masih ingin maju dan lebih dekat lagi sob, tapi apa daya, tiba-tiba hujan datang dengan derasnya eh tiba-tiba saja tanahnya labiiiiill banget bisa goyang gitu kayak mau amblesss ahhh padahal saya pengen nangkep satu tuh ikan, terus digaya kayak mancing mania gituuu aahhh gemeees banget deh, ikan sebanyak itu susah banget ditangkapnya.

telaga
aaaaa hujan makin deras asoooyy wkwkwk kamera basah kamera payung" hehehe

Bisa rasain gak sob, kamu lagi jalan dan tiba-tiba dapat tempat eksotisss banget gak pernah kamu bayangin sebelumnya, dan tiba-tiba juga eeehhh dapat kejutan yang gak biasa unik menarik amazing pokoknya, di tambah bonus keseruan tanah disekitar telaganya goyang aaaaaa gak kepikiran deh nyemplung ke telaganya loh abis udah seruuu banget pengen fotoin ikan-ikan keceee itu, plusssss hujannya nambah dereesss wkwkwkw, ampunnn 

Pernah bayangin orang teriak-teriak hujan-hujanan bawa kamera heboh bisa gak bayangin adegan kayak gitu?? tapi bukan adegan goyang India loh yah haseeehh....Pokoknya hebihnya kayak pertama kalinya lihat Pantai Manganti Kebumen yang eksotis dah.

Untung Allah masih ridho ada payung yang bisa dipakai, tapi maklum kalo saya dah interest banget tuh sampe gak sadar kalo kamera elektronik gak boleh basah hadeeee, bisa-bisa kejadian Pantai Timang the lost world terulang kan berabeh, jadi sobat jangan ditiru yah kudu sabar wis yah sabar.... ikannya gak bakal pergi kok selama kamu kasih makan doi.

tlogo ranjeng
aahhhh ikan mau donk dibawa pulang satuuuuuu

Lumer saya, beneran deh sumpah, kemarin cuma lihat di tipi doank, eh sekarang bisa lihat live dan rasain sensasi serunya ikan sebanyak ini di alam bebas. 

Kalo di kolam sih saya masih gak terlalu heboh, lah ini di Telaga di rawa-rawa gitu ehhh Telaga Warna Dieng aja gak ada kayak gininya eehh nie di Telaga Renjeng Brebes malah heboh aaahhh hadeeehh siapa yang penasaran juga?? buruuuuan gih ke sini.

cagar alam telaga ranjeng
aahhh ikan mancing-mancing mancing mana jaringgg wkwkwkw???

Sebelumnya saya gak ngeh dan heran sob, kenapa bisa ada ikan sebanyak ini di Telaga yang sepi gini, Kenapa juga gak ada yang mancing atau njaring atau penduduk sekitar nangkepin kenapa dan kenapa saya heran bingung ning nung gemeeeessss rasanya, paling kalo doi ada di Jogja sudah ludes deh dijaring orang wkwkwkw.

Ternyata eh ternyata setelah bertanya sama si Penjaga Telaga yang tiba-tiba muncul aja, tadi sih doi gak ada eh pas saya dah di deket Telaga eheehhh terus ada si pak doi jagain pintu masuknya wedew sakti amiit tadi ngeyupp ya pak??? hehe...

Nah menurut bapaknya mitosnya ini di Telaga Renjeng ada Lele keramatnya sob. Jadi emang hewan atau apapun di sini gak boleh ditangkapin. Haduuhhh sayang yah padahal aku pengen bawa satu terus tak bakar pesta barbequeee hahah hadee. 

Kata si bapak coba aja bawa mas, tapi nanti gak tangggung jawab kalo perut jadi sakit dan sebagainya gara-gara makan nie ikan. Lagian ini Cagar Alam sob jadi yang ada di kawasan ini dilindungi tauuu gak boleh asal kita buru yaxxx.

Hadeeehhh, saya sih mau bawa haha, tapi ya masak contohin yang jelek, mari kita nurut saja deh sama peraturan di daerah sini, daripada pulang-pulang ikan minta pulsa kan repottt kwwkwk, abis itu ikan minta AC ikan minta hape ikan minta saham minta mobil wkwkwk ikan mas dongeng kaliiixxx... haseeehh atau ikan minta korupsi?? kwkw haseehh

Yang pasti saya salut deh, kalo aja nie bisa bertahan hingga jutaan tahun ke depan dan masih tetap begini terus. Semoga ikannya ada yang segedhe pauusss, kan bakal lebih heboh. 

Salut deh sama nie Telaga dan peraturannya, kadang saya ngeri juga nie Telaga ada buayanya juga gak ya, tapi kayaknya gak ada lha wong ikannya aja bisa besar-besar segitu hehe.

ranjeng
ahhh kalo aja tanahnya gak labil aku pasti bisa lebih deket lagi dehhh

Kehebohan di tengah hujan, sepatu basah, rada tenggelem karena tanahnya serasa bukan tanah, kalo menurut saya sih di bawahnya air terus ada rumput yang tebal, terus ada tanah yang nutupin atasnya, jadi tetep saja yang saya pijak ini yang coklat warnanya itu semacam Air tapi di atasnya ada tanah dan runput, jadi mudah banget amblessss dan goyang hadeee.

Emang deh kalo musim hujan begini kamu kudu bawa kaos kaki lebih juga sepatu yang kece, makanya kalo gak punya sepatu anti huru hara, bawa cadangan lebih yah, terutama bawa Kaos Kaki lebih kalo jalan ke air terjun Kedung Kandang biar nanti kamu tetep nyaman.

tlogo reejeng
aahhh ikan-ikan aku heran sama kamu kenapa bisa gemuk nah kalo aku kok enggak ya??

ikan telaga ranjeng
aahhh ikan sini donk tak kasih celana bolong wkwkw haseehh

telaga renjeng
Pak furqon yang coba kasih makan ikan ikan, ada yang gedenya sepahanya pak Furqonn aaakkk 

Ahhhh gemes kadang lihat Pak Furqon yang gagal terus buat nangkepin si ikan hadeee, ayo pak di tangkep pak pesta kita wkwkw, hadeeee, tapi seru kok sob, kasih makan ikan-ikannya, sobat bisa beli makan ikannya di pak penjaga pintu yang misterius tadi yang tiba-tiba nongol, oh iya pintunya kecil, jadi kamu kudu seksama kalo pas lewat jalan ini.

Pokoknya ini di Brebes sob, jalannya menuju jalanan ke Kebun Teh Kaligua yax, sebelum kebun teh pokoknya sobat bisa jumpai telaga ranjeng sehabis pematang sawah yang indah bangeeett. abis itu jangan tengok kanan, tapi tengok kiri jalan, pertandanya kayak kamu bakal nemu jalanan rada singup alias gelap banyak pohonnya, dan ada pagar besi di kiri jalan, abis itu ada warung-warung di kanan jalannya nah kamu dah sampai tuh di telaga Ranjeng.

telaga ranjeng brebes
Telaga Ranjeng ada di kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes sob catet yah

Masuknya gak perlu tiket cuma bayar seikhlasnya aja kok sob, dan ingat jangan bawa ikannya yah gak boleh hehe. buat yang mau nanjak ke sini hati-hati yah jalannya naik turun yang motor hati-hati, mobil juga bisa kok nanjak ngeden tapi kudu hati-hati yah apalagi kalo ujan, jalannya baru diperbaiki, ada yang lagi dibikin jembatan juga, tapi moga segera selesai kerjanya para pekerja. Dan kamu bisa lancar deh jalan ke Ranjeng.

tangkap ikan telaga ranjeng
ayo pak tangkep pak wkwkw, tapi kalo nyebur ampun saya gak bisa tolongin kalo tenggelam wkwk hadee

Seruuuu sob pokoknya kalo sobat mau wisata ke Brebes bumiayu, jangan lewatkan buat ke Telaga Ranjeng yah ini masih satu arah dan tujuan kalo mau ke kebun teh Kaligua kok sob, adem ayem tentremm ahhhh ditambah hujan yang syahdu bawa banyak kenangan wkwkwk aseeek.

Layaknya banjir lahar dingin Kaliputih yang syahdu.

Sebenernya masih pengen eksplore lebih banyak dan bawa pulang banyak foto kece, tapi karena hujan makin menggalau dan waktu sudah yang gak bisa berlama di sini hehe, akhirnya dadahhh telaga eksotis Ranjeng yang keren amittt kapan-kapan jumpa lagi yah semoga hehe.

muhammad furqon
oke deh eikee pulang dulu ciinnn haseehhh, lanjut nyetirr pak furqon kita pulang Jogja jogja jogja...
jangan ambleesss tar yang nyetir pulang siapa hadeeeh???

Terkadang kehidupan memang banyak kejutan kan sob, kita boleh berencana namun semua Allah yang berkuasa, dan sebaik-baik rencana yakni Allah yang mengaturnya itulah karunia terindah bagi kita kan sob? 

Tugas kita hanya terus bersyukur dan berusaha, berdoa, kemudian pasrahkan semua pada Allah yang sudah kasih nikmat yang dobel-dobel gini dan masak didustakan sih? Bahkan dapat nikmat Pelangi di sore yang syahdu di Kotagede juga nikmat loh.


Jadi sobat gimana sudah punya rencana seru-seruan di Telaga Ranjeng?? jangan lupa bawa pancing wkwkwkw, pancing buat gaya doang bukan mancing beneran yax hehehe..... kasihan Telaganya ntar kalo ikannya ilang hehe.... dadah salmon jawa kapan-kapan jumpa lagi ya...

JustFun,Play,andKidd....
Jalan gih sob, tapi inget sholat dulu baru jalaaannn....
Photo and Story by @angkisland Jalan-jalanPhotoBlogger .... 
#culikfotografer #Indonesiaindahkenapasusah 
Follow me at Photo Galery 500pxInstagramTwitter
thanks Happy Your Feel...

Segerakan kebaikan apapun juga ya jangan ditunda sob...

20 komentar:

  1. Yaudah, besok tak bawakan pancing deh mas,,,, nggak apa - apa buat gaya - gayaan,,,, itu kalau ikannya bisa di makan dan tidak ada kepercayaan seperti itu, habis dari dulu itu mas ikannya,,, ada positifnya juga yaw tentang kepercayaan seperti itu :-) Mantabe' dah buat Mas Angkis

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah nikmatnya Allah nie ms hehe... wah kalo saya yg jaga wis habis tuh ikan mas haha haseehhh

      Hapus
    2. Bener mas,,,,, Wah sama kalau gitu mas,,,, aku yang jaga juga habis semuanya tuh ikan, hahaha

      Hapus
    3. hhehehe pokoknya masalah jaga alam jng serahkans ama kita mas tar ndak malah gak kejaga hehe wedew...

      Hapus
  2. Kayaknya, tempatnya becek gak ada ojek yaa hihi
    Eh, tapi gak percaya sama ikan yang dibawa pulang itu dan dimakan bikin sakit perut, coba angki buktikan, bener gak kata2 si bapak :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw besok deh kalo ke sana lagi dan sdh dapat izin dari si empunya hehe... mesti tak bawa satu wish hehe... abis kalo g dapat izin di doiajn sakit perut kan repot hehehe.... iya ni tanahnya labil bangeeeett euuyy...

      Hapus
  3. Aduh judulnyyyaaaa, saruuu deh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wedew jangan" mbaknya?? hehe pizzz

      Hapus
  4. wow coba kita tahu asal-usul darimana ikan-ikan itu asalnya ya, siapa tau dulu telaga itu buat pertapaan pendekar dari Majapahit #halah

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah hahahah.... mungkin aja mbak hehe dulu pendekar majapahitnya bertelor ikan hehe pizz....

      Hapus
  5. Balasan
    1. hehehe... wa lah itu mas mana nih jaringnya hehe bsk bawa dari jogja mas hehe...

      Hapus
  6. Balasan
    1. iya nih misteriusss tempatnya....

      Hapus
  7. Wah, saya suka foto-fotonya yang asoy itu lho, Mas. Sementara kalo ke Brebes, cuma lewat saja. Nunggu diajak ke sini, deh. Hehehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe semoga besok" lewat Kaligua juga mas hehehe... alhamdulillah terima kasih mas...

      Hapus
  8. wah bisa mape gitu ya mas banyaknya ikan..

    emang kalo udah kena mitos alam jadi terjaga ya, apa mungkin setiap tempat dikasih mitos biar orang pada menjaga alam..

    Salam Kenal mas

    http://bukanrastaman.com/2016/01/18/air-mata-bidadari-di-curug-parigi-bekasi/

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas wahyu kayaknya iya sih mas hehe... tapi kalo yg dah anti mitos mah sikat aja kayaknya mas hehe... wah iya nie ams ada yg segedhe paha saya lihat juga hehe

      Hapus
  9. uwwoowowo!!! MasyaAllah...
    takjub sama ikan-ikannya yang banyak dan gede2 itu.
    selama ini ke Brebes cuma lewat aja, blm pernah beneran pergi tujuan Brebes.

    iya bener... di Telaga Warna Dieng ga ada ikan2 gitu. btw pernah ke Telaga Menjer Wonosobo belum? sepinya syahdu banget.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulikkah kmrin mbak sudah sempet nikmati heningnya kece abis menjer dah pengen sana lagi kapan" hehe... wah iya mbaks aya aja heboh hahaha ada ygs egedeh paha loh mbak ciuuss hahah pokoknya ini kudu dikunjungi mbak hehe

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...