JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Job Review, Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Jumat, 15 Mei 2015

Wisata Sleman Dari Turgo Merapi tetap Gagah

Ketika kita mendengar kata Sleman maka pandangan dan pikiran kita langsung akan tertuju dengan ikon besarnya, sobat semua tahu kan apa itu ikon besar kabupaten Sleman, yang kapan saja siap menampilkan atraksi besarnya. Gunung Merapi sebuah pesona melekat bagi kabupaten sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

gunung merapi
ikon maha dahsyat Sleman

Kehadirannya membuat sleman menjadi kabupaten tergagah di Jogja. Ikon ini selalu membuat orang penasaran, sebenarnya apa yang membuat dirinya menarik dan sangat anggun menawan hati? Memang tak bisa dipungkiri kemegahannya tak ada yang dapat menandingi, hingga saat ini bangunan-bangunan buatan anak manusia pun tak ada yang dapat menggeser pesona dari gunung Merapi, gunung paling misteri di pulau Jawa.

Kali ini saya berkesempatan untuk kembali penasaran dan penasaran lagi, dan alhasil dipagi yang mulai terik itu saya memutuskan menjajah kaki gunung Merapi melalu jalur Turgo. Mungkin sering kita dengar atau malah asing? Iya sih asing soalnya kebanyakan kita nikmati Merapi melalui jalur Kaliadem Lava Tour, dan kalo di Turgo lebih seru untuyk acara downhill yang pakai sepeda itu loh sob.

merapi misteri
misteri 

Meski begitu dibalik kesadaran kita akan kepercayaan pada Tuhan yang Maha Esa, bahwa semua adalah ciptaanNya dan dibalik pesonanya selalu ada hikmah yang dapat kita petik dan ambil pelajaran. Merapi selalu indah untuk diceritakan.

Begitulah siang itu, rasa dahaga akan sebuah penasaran membuat hati saya tercekat dan memburu nafsu. Melampiaskan penasaran saya untuk melihat lebih dekat gunung merapi. Karena saya suka hal yang baru dan tidak monotan serta yang belum pernah saya coba. Maka destinasi lain semisal museum gunung merapi, kaliurang, kaliadem maupun kali gendol tak lepas dari intaian saya.

selimut merapi
Kalo sudah ketutup selimut jadiharus lebih sabar

Kalo dibilang masih banyak yang harus saya jelajahi, iya masih banyak dan belum tamat. Belumlah lengkap semuanya wisata itu kita koleksi kalo belum menjajah spot Merapi di Sleman ini. Dan kenapa saua pilih Turgo siang ini?? karena saya pengen melengkapi jajahan saya di bumi Sleman yang belum semuanya sih, smeoga aja bisa dah, tapi kayaknya susah hehe.


naik motor
teman setia yang selalu menemani

Meski saya lahir dan besar di Jogja, tapi sungguh sepertinya saya pribadi pun merasa tak akan bisa menjangkau semua pelosoknya. Meski begitu sejatinya bukanlah destinasi di mana tujuan kita akan berwisata, tapi adalah proses apa yang akan kita dapat saat kita melangkah dan berjalan berwisata. Jadi tak usahlah cemas berapa banyak yang kita jajah, namun cemaskanlah apakah Tuhan meridhoi tempat jajahanmu.

merapi pesona
Merapi pesona tiada henti

Sungguh Sleman telah membuat saya berpikir banyak hal, Sleman mengajarkan saya akan budaya, agama, ilmu alam, dan semua hal ada di kabupaten ini, dari yang tidak saya tahu jadi tahu. Salah satunya adalah kisah saya yang orang tak pernah tahu, karena rasa penasaran dan mimpi yang satu ini belum terlaksana, yaitu menapaki batu terjal berliku puncak merapi dan ingin rasanya bersimpuh bersujud syukur atas karunia dan nikmat yang sangat melimpah ini. Yah niat kecil itu belumlah terwujud namun setidaknya mendekati dirinya lewat jalur yang gak biasa ini mungkin akan mengobati hati saya.

mentok motor
setelah motor udah mentok saatnya jalan kaki.

Untuk mendekat ke gunung Merapi banyak akses yang dapat kita lalui, dan yang sering dilalui yaitu akses melalui kali gendol lava tour. Dari situ melihat merapi dari bunker dan sangat mempesona, baik pagi hari atau sore hari. Seperti halnya menikmati mendung di kali Gendol. Karena sudah pernah dan banyak yang ke situ, maka saya coba untuk melihat merapi lebih dekat melalu jalur Turgo.

Turgo masih berada di kawasan Sleman. Tak perlu kuatir dengan kondisi tracknya karena sering dilalui sepeda downhill, maka dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan roda dua akan dapat kita taklukan track ini.

Meskipun kita harus berhati-hati untuk dapat mencapai kawasan Turgo atas, karena memang jurang dan tebing menanti kita. Dalam perjalanan saya naik ini saya juga berjumpa dengan 2 turis asing, yang mungkin saking penasarannya dengan merapi mereka rela nge track dengan menggunakan sepeda motor mereka, dan mencoba mendekat dan terus mendekat layaknya saya.

jalur turgo
jalur ini harus ditaklukan

Dalam perjalanan tersebut dua orang turis asing tersebut sangat menikmati jogja, dan penasaran bagaimana bisa sampai di puncak guunng tersebut. Saya juga heran kenapa mereka bisa tersesat sampai Turgo, penampakan tak terambil karena saya juga baru bersusah payah dengan motor saya haha, kapok juga sih terabasan make motor sampai Turgo.

jalur perjuangan
jalur perjuangan

Mungkin ini yang perlu difikirkan pihak dinas terkait, selama ini setau saya untuk naik ke puncak baru dibuka yang lewat  selo. Entah nanti bagaimana apakah ada kebijakan atau ada surviver yang mencoba ekspedisi baru, setelah geger boyo ambrol, agaknya jalur dari Sleman terputus.

kalo ini nanti mulus gawat juga yah takut ada hotel bintang lima hehe pizz

Jikalau ke depan sudah ada jalur yang aman dari wilayah Sleman ini, tentunya daya tarik wisatawan luar negeri yang suka dengan tantangan akan makin banyak terbuka, dan masuk devisa wilayah Sleman, meski begitu kita memang harus selalu ingat bahwa gunung bukan tempat bermain namun gunung dan puncak yang tinggi adalah tempat kita memuji dan bertasbih padaTuhan Yang Maha Kuasa.

selalu syahdu menatap merapi

Jadi meski ada peluang untuk membuka devisa negara, namun agaknya tetap kita ingat dan lestarikan bahwa intinya bukan sisi komersialnya namun lebih ditarik dari segi pesonanya. Mungkin di dareah Turgo ini pemerintah Sleman dapat membuat semacam ketep pass yang berada di Magelang.
karena saya melihat jalur dari sisi Turgo ini belum banyak diketahui wisatawan. Ini beberapa oleh-oleh buat sobat semua keindahan di Turgo.

mungkin perlu ada semacam gardu pandang yang syahdu

rumput ilalang
rumput ilalang

nanjak terus
lava yang membeku

bunga cantik turgo
bunga cantik Turgo

lava dingin
lava dinginnya agaknya lewat sini kalo hujan


Jurang-jurang yang menanti

sisa api unggun

merapi dan awan bergelora
lautan awan di bawahnya

merapi mantap
Merapi dan jurang-jurangnya

kuning indah
belum pernah liat tapi unik

pesona merapi turgo
awan yang menutupinya

merapi di turgo
sebuah liukan yang asik

turgo
segumpal awan kinton

awan di langit
dahsyat kan sob

awan di langit
Merapi dan padang ilalangnya

turgo dan merapi
gak bosen buat dinikmati

merapi dan kisahnya
ilalang yang dicari

Nah kelelahan dan panasan terik matahari terbayar sudah, akhirnya saya berjumpa dengan merapi, pengen sih lebih dekat dan dekat lagi, tapi saya kemudian merinding, wah ngeri juga nih kalo nemu macan atau harimau hehe, akhirnya saya tak berlama-lama setelah menikmati bareng turis tersesat tadi, saya pun memutuskan salam pepisahan pada merapi, karena saya melihat mendung sudah mulai menggelayuti di puncaknya... menutup pesonanya.


eloknya merapi
sebuah cerita untuk merapi

hei merapi dirimu mempesona
diammu kedamaian
namun gejolakmu adalah petaka besar atau juga rejeki melimpah
sungguh kami di kakimu hanya menunggu dirimu
menunggu dirimu memuntahkan beban beratmu

dan semoga engkau tak diziinkan murka oleh pemilkmu
maafkan kedzaliman kami karena rasa pensaran kami
akan Sang Kuasa yang menciptamu

sungguh dirimu terlalu angkuh untuk dinikmati
namun selalu takzim untuk dinikmati

dirimu mengingatkan pada kami
bahwa suatu hari dirimulah kunci
 menjadi pasak bagi Sleman
pasak itu akan lepas dan semua akan digulung dengan sempurna

maka kami hanya bersiap dan menanti dirimu
membuiat kisah dan cerita baru
bagaimana jika borobudur dan prambanan terkubur kembali
karena dirimu...
dan semua peradaban menghilang

maka dikakiMu kami hanya mampu meningkatkan Iman dan takwa kami
berjalan dan melangkah menggumi pesonamu tanpa harus mengusiknya...
dan bersyukur atas nikmat Merapi pada Tuhan yang Maha Esa

ini karena kaos merapi belum ada terpaksa pake kaos kota sebelah ahsehhh

Aahhh leganya setelah melepas penat, dengan rasa syukur, sungguh manusia tak akan bisa menembus langit maka janganlah kita angkuh dan sombong. Mempersiapkan segala hal terburuk juga diperlukan agar nantinya ketika semua terjadi kita dapat waspada dan lekas bergerak kembali.

Semoga merapi tetap terjaga lingkungannya meski selalu saja, ada jiwa-jiwa penasaran seperti saya, yang selalu ingin tahu. Semoga pemerintah setempat bijak dalam mengelolanya, dan tak membiarkan
pejalan seperti saya dan 2 turis ceroboh asal nanjak dan akhirnya kami berhenti di tepi jurang termangu dalam diam penuh takjub. Tak lagi kami dapat mendekati....

Merapi pesona selalu ada hingga dunia ini berakhir. Sleman bangga memiliki dirimu.....
Semoga kau selalu memberi kabar berharga untuk kami, anak-anak manusia kaki dan lembahmu....

heboh naik gunung
terima kasih mari pulang

sedikit atraksi jangan ditiru tergoda jalanan yang menurun tajam haseehh.... pizzz

Sleman memang tiada habis untuk dikunjungi dan masih banyak hal menarik lain yang belum saya jamah, jadi ke manakah langkah selanjutnya??? Selamat hari jadi kabupaten Sleman semoga makin takwa dan lestari terjaga wisatanya dan makin banyak biar saya nambah bingung haseehhh hehe... Jadi mari kita Wisata ke Sleman.



http://insanwisata.com/lomba-menulis-blog-wisata-ke-sleman/#comment-399

16 komentar:

  1. Keren pemandangannya, gan. Jadi kepengen maen ke Merapi. O ya, itu ada foto kaya foto jamur, itu jamur apa ya gan, kriwil kriwil gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah belum tau mas jamur apa...alhamdulillah nikmatnya Allah memang luar biasa mas...

      Hapus
  2. Ini tempat seru banget kalau dipakai naik sepeda :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wag bener mas seru abis downhillnya...

      Hapus
  3. Indahnya Jogja.. Saya juga rencana ke Jogja akhir tahun ini bersama suami.. Btw, angkisland juga fotografer kah? Kamera apa yang dipakai? Saya rencana ganti sony a5100 performa jelek apalagi low light..

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah cuma pake eos rebel 3ti aja kaka... wah pasti bagus kak kamera" sony yahuddd hehe ... pejalan yang kerjaannya moto" aja kak hehe salam kenal yah cipzz

      Hapus
    2. EOS 600D ya.. Wahh, jadi ingin beli juga biar foto nya terlihat HD. ^_^ iya, salam kenal

      Hapus
    3. wah bener banget mbak hehe dtgu hd foto"nya mantap

      Hapus
  4. Indahnya Jogja.. Saya juga berencana jalan jalan ke Jogja bersama suami akhir tahun ini. Btw apakah angkisland juga fotografer? Kamera apa yang dipakai ??

    Http:// beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah selamat berkunjung ke jogja ya mbak asti, iya kak asti pejalan yang suka foto", saya pake eos canon kak rebel x3ti.... dtgu cerita jalan seru di jogjanya yah...

      Hapus
    2. Insya Allah nanti diposting di blog, can't wait to visit Jogjakarta.. Keren ya pakai EOS 600D

      Hapus
    3. wah mantap mbak dtgu ke jogjanya mantap....

      Hapus
  5. Aku punya sanak keluarga di Sleman dan punya kebun salak pondoh. Tiap kali berkunjung kesana pasti mampir kaliurang dan wisata kuliner. sering tersesat di jalanan yang nampak sama semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren mbak hehe semoga bsia ke jogja lagi mbak oleh" dari indianya dtguin lho hehe pizzz.. sleman meng mantap mbak mari ke sleman

      Hapus
  6. belum pernah lewat jalur yang ini, Masbro. subhanallah, keren bingit yaak *mupeng*

    BalasHapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...