JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Rabu, 13 Mei 2015

Mahakarya Indonesia, Replika Surga Tanah Sendiri

Mahakarya Indonesia semua tersusun sempurna dari Sabang hingga Merauke. gugusan pulau yang menawan dan berbagai budaya serta panorama yang luar biasa membuat Indonesia mencapai makna bahwa Replika Surga telah dimiliki Indonesia.

setiap jengkal indonesia adalah surga

Bagaimana tidak replika surga, lihat sajalah sobat semua saat kita melangkahkan kaki berjalan saja kita bisa menengok sungai-sungai yang mengalir, hamparan langit biru yang membentang segala bentuk pesona dunia ada di Indonesia, dan setiap pesona ini akan kita jumpai kelak di surga, bahkan lebih indah dan menarik lagi.

Terciptanya Mahakarya Indonesia ini tak bisa kita lepaskan dari berbagai faktor yang mendukungnya, sumber daya alamnya yang memang surgawi banget, dan sumber daya manusia yang terus berinovasi dan berkembang pastilah akan membuat Indonesia menjadi salah satu surga dunia yang harus dicicipi kelezatannya.

Semua elemen itu bersabar dalam ranahnya masing-masing, saling mendukung dan saling menguatkan. Bukankah jika semua elemen itu saling melengkapi kekurangan dan menutup kesalahan maka Mahakarya Indonesia yang abadi akan bertahan cukup lama, di jaman arus globalisasi yang kian mencekam meradang.

kita sudah memiliki maha karya itu tinggal kita jaga dan lesatrikan

Arus globalisasi banyak merubah pemikiran bangsa Indonesia yang sebenarnya berlatar belakang saling gotong royong dan suka menolong tanpa pamrih. Namun karena arus global ini tak bisa lagi dibendung tak ada kata lain selain melindungi segala elemen, Mahakarya itu menjadi mutlak untuk dilestarikan dan dijaga. Agar generasi selanjutnya ikut merasakan pesona kejayaan maha karya di masa yang lalu atau bahkan di masa yang akan datang yang lebih hebat lagi.

Untuk itulah kita perlu menjaga setiap jengkal tanah pertiwi kita dengan kerja keras dan kegigihan, menumbuhkan semangat mencintai negeri sendiri dan ikut berpartisipasi mengenalkannya pada dunia, biarlah arus Mahakarya Indonesia ini bergaung hingga mancanegara dan kitalah yang mewarnai dunia dengan budaya dan alam kita yang sangat melimpah ini.

mahakarya indonesia
penjaga di negeri sendiri dengan kesabaran

Maka salah satu hal yang harus kita jaga adalah ikut berjuang menumbuhkan jiwa Indonesia pada masa yang lalu saat kemerdekaan ini sedang diupayakan, bukankah mensyukuri masa merdeka ini dengan terus mengisinya dengan semangat kemerdekaan. Bahwa kita bisa berdiri dengan kaki kita sendiri kita bisa berjuang dengan peluh kita sendiri dan semua hasilnya haruslah kembali pada kita bangsa Indonesia.

Namun sangat disayang diera hedonisme ini, semua terbalik sudah. Kita bangsa yang besar ini menjadi sebuah hidangan besar bagi negara maju, kita besar dan banyak namun hanya bagai buih di lautan. Karena saat ini kita hanya dapat menikmati kemajuan teknologi mereka dan malah membuat kita melupakan modal terbesar kita untuk bangkit dan maju.

Seharusnya teknologi mereka yang bermata dua dapatlah kita jadikan senjata yang menguntungkan bagi bangsa dan malah bukan membuat bangsa lalai dari perjuangan panjang ini. Salah satunya berjuang yaitu dengan menjaga alur-alur budaya yang sudah baik dan terus meningkatkannya, agar bangsa lain terkesima dan membayar mahal untuk menikmatiya, jangan hanya kita yang jadi penikmat karya mereka tapi giliran merekalah yang harus membayar nikmat ini.

prajurit kraton
Prajurit dan pengemban Budaya yang slelau rendah hati

Bukannya malah kita yang nantinya harus membayar mahal untuk menikmati modal kita tersebut, karena kita terlalu asik dengan mahakarya lain yang membuat kita lupa bahwa kita juga sedang merenda mahakarya.

Mahakarya Indonesia ini tidaklah dapat diwujudkan jika kita tak pernah memperjuangkannya. Sebagai seorang pejalan dan penikmat perjalanan independen, tentulah saya sangat menyukai memperkenalkan sesuatu yang baru dalam bangsa kita kepada dunia. Sesuatu yang baru itu sebenarnya tidaklah baru, namun hanya luput dari pandangan kita bangsa yang masih melupakan kekuatannya bangsanya sendiri.

Kita sibuk memandang dunia ini di negeri lain, namun sebenarnya kita kaya di negeri sendiri jikalau kita mampu dan pintar untuk mengolah potensinya. Namun karena keterbatasan dukungan baik dari negara sendiri ataupun lingkungan sekitarlah yang membuat kita enggan untuk bangga dengan kekuatan kita.

mahakarya
mari kita berjuang menjaganya dengan kegigihan

Maka tak ada kata lain selain bangkit dan bangga dengan semua potensi yang ada di negeri dan bangsa kita, dan mari kita wujudkan Mahakarya Indonesia yang akan membuat dunia tercengang dan tak percaya bahwa kita mampu berdiri sendiri dan kuat. Untuk itulah belajar tiada henti dan terus berusaha kita selalu kobarkan agar kita senantisa tahu dan mengerti apa yang tak pernah kita mengerti dan tahu karena kita terlalu sibuk dengan sesuatu yang tak pernah kita rasakan.

Rasakanlah potensi itu, rasakanlah kekuatan itu, berjalanlah dan rasakan pikiran yang berbeda yang akan membuat cakrawala kita terbuka, dari pikiran sempit kita yang selama ini kita perjuangkan. Dengan ada dan hadir dalam kekayaan dan potensi itu maka kita akan tahu, bagaimana caranya bisa ikut andil dalam memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tentu setelah kita tahu harta kekayaan kita maka kita akan berjuang untuk bisa menjaganya.

Salah satu cara menghadirkan pikiran dan wawasan itu adalah dengan melangkah lebih jauh, ke ranah yang sebelumnya tak pernah kita ketahui, ikut mengenalkan destinasi wisata dan budaya, membantu peran serta aktif dalam setiap event dan kegiatan, memperluas jaringan, dan bukalah jaringan tak hanya di kotak sendiri, namun coba out of the box, dengan bersosialisasi dengan orang-orang luar negeri atau siapa saja yang belum pernah kita kenal sebelumnya, dengan berbagai media yang sekarang telah banyak dimanfaatkan. setelah itu kenalkanlah potensi Indonesia pada mereka bahwa inilah surga dunia yang harus mereka nikmati selama hidup. surga dunia yang rugi utnuk dilewatkan, tidakkah hebat membawa jiwa dan berkarya di negeri ini?

potensi di negeri sendiri gotong royong

Mahakarya itu sudah ada sejatinya, namun kita masih belum terlalu hebat untuk membuatnya lebih hebat. Mengenali potensi daerah masing-masing dan kekuatan diri maka akan membuat kita lebih tahan banting. Dan tentu saja segenap kekurangan dapat kita usahakan saling melengkapi dan bergotong royong agar dapat kita benahi kekurangan tersebut dan menjadi Mahakarya yang tak pernah kita pikirkan sebelumnya. Maka anak negeri akan berfikri dua kali untuk meninggalkan negeri indah ini, jika saja mereka lebih peka dan menghargai tanahnya sendiri, maka mari kita sadar dengan kekuatan kita sebagai bangsa Indonesia.

Indonesia sudah menjadi replika surga yang menawan, tinggal kita meramunya menjadi Mahakarya Indonesia yang siap dihidangkan pada dunia, bahwa kita kaya di negeri sendiri dan dengan berjalanlah kita akan melihat kemerdekaan itu terasa membumi bahagia memiliki Indonesia.

Terus berkarya dan berbuat, dengan Gotong Royong, kesabaran, perjuangan kegigihan dan selalu rendah hati, dan semua rasa ini telah kita miliki sebagai bangsa Indonesia, kalo bukan kita yang menjaga dan memperjuangkannya siapa lagi??

Tinggal mampukah kita menjadi maha karya dan bertahan dengan mahakarya yang sudah sangat hebat ini, terus belajar dan berusaha memberikan yang terbaik, meskipun kecil, namun semua yang besar dan hebat berawal dari yang kecil, hal kecil untuk Indonesia itulah yang akan merangkai Mahakarya Indonesia lengkap dan melengkapi, selamat bangga jadi bangsa Indonesia. Buat dunia takjub dengan Mahakarya Indonesia yang Tuhan sudah limpahkan pada kita ini. Jangan hanya mempunyai namun tak pernah tahu cara memaksimalkan kekuatannya. Indonesia adalah Replika Surga Tanah Sendiri, Mahakarya Indonesia untuk dunia.

Indonesia mahakarya replika surga

Ada replika surga di rumah kita sendiri, surga di bawah telapak kaki, lalu kenapa kita tak pernah mensyukurinya? 
mari berkarya untuk Mahakarya Indonesia.


Karya ini diikutsertakan dalam 

Blogger Writing Competition Mahakarya Indonesia 2015


18 komentar:

  1. Subhanalloh indahnya alam inim terpesona dengan pemandangan yang terakhir ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mbak indonesia emang kece badai mbak... wah jng terpesona saya mbak haseehh lempar martil...

      Hapus
  2. Subhanallah! Semoga menang dalam kompetisi ini, Mas Angki :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah terima kasih mas lutfi harus terus belajar dan berjuang ni..masih belum tembus hehe....

      Hapus
  3. Good Luck kak Angkiiiii. :)
    Semoga Jawara yaaaaahh :)
    Foto - fotonya bikin mupeeeng hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillillah thx mbak aamiin tpi msh harus banyak belajar ternyata hehe... sama" mbak good luck juga yah...

      Hapus
  4. Emang indah... Mas itu foto yang paling bawah di mana? Kalibiru kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas di gunung ijo mas... alhamdulillah mas...

      Hapus
  5. pemandangannya bagus-bagus,pantas saja jia disebut replika surga :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya indonesia memang yahudd... alhamdulillah...

      Hapus
  6. semua kalimatnya syahdu, ada kritikan tapi halus tapi jlebb di hati.. kalo saya boleh bilang Indonesia skrng sedang kondisi kritis, perang dengan negeri sendiri, hilang kemudi, tidak peduli dengan "harta" sendiri. pertolongannya yaaa harus dari diri sendiri trus senggol kanan kiri. semoga menang GAnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah terima kasih yah... bener banget yah kita sedang berperang dng saudara sendiri.....

      Hapus
  7. Suka bangeet mampir di sini.... selalu dapet pemandangan yang luar biasa indahnya. Makasih sharingnya ya.. :)
    Oh ya, sukses dengan kompetisinya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah terima kasih ya mbak nurul....

      Hapus
  8. aih, ngeri dakuh bahasanya tinggi sekali di postingan ini, gak kesampean daku, hihhi...btw..foto-fotonya ...tetep ya...selalu mantap dan jernih dengan angle yang oke... Good Luck ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah thx kakak hehe pizz... maaf yah ketinggian haseehh pizz... makasih mbak eka....lama tak bersua nih...

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)


Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...