JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Senin, 20 Oktober 2014

Masjid Agung Ciamis Jawa Barat Ingat Keluarga

Masjid Agung Ciamis Jawa Barat Pesonanya Mantap - Masjid destinasi wajib ketika saya berkunjung atau singgah di sebuah kota, karena tentunya sebagai tempat melaksanakan sholat, masjid juga terkadang membawa pesan hikmah dan hidayah tersendiri, karena dari masjidlah seharusnya semua berawal, mulai dari menimba ilmu, kemasyarakatan, sosial, dan semua kegiatan yang baik yaitu berporos pada masjid.

masjid agung ciamis
masjid agung ciamis legendaris aseekk

Untuk itulah kamu yang ngakunya pemuda, pemuda di akhir jaman lagi, maklum sob abis jaman kita kan gak ada jaman lagi alias kiamat akan datang suatu hari nanti, jadi ya yuk kita ramaikan masjid-masjid kita yang ada disekitar rumah, kalo pas kebetulan kamu sempat jalan-jalan berarti kamu kudu mampir buat sholat di masjid daerah situ ya sob, biar kerasa gigitan destinasinya, semacam saya yang tergoda manisnya masjid Agung Ciamis Jawa barat ini.

Tergodanya itu pas saya melewatinya diperjalanan 8 Jam Jogja-Jawa Barat, sosoknya yang menyembul penuh warna membuat hati saya bergetar untuk sejenak menikmati pesonanya. Meskipun saya belum sempat menikmati keindahan dan kesejukannya dari dalam tapi menikmati Masjid Ciamis ini di pagi yang masih seger dan sepi itu bikin inget Allah dengan segala kuasanya...subhanallah... 

Saat berangkat menuju Puncak Bogor lewat jalur selatan dari Jogja tentu kita akan melwati daerah Ciamis ini sob, dan selepas Ciamis yang penuh dengan kemanisan ini kamu siap-siap aja tengok kiri jalan nanti kamu bakal melewati Bubur Ayam Pak Nyos yang Maknyoss sekali hehe



masjid ciamis
Masjid yang Tenang nyaman


ciamis aman sejahtera
Pasangan Bahagia ini hehe....

Wah Subhanallah di Pagi ini saya diberikan pelajaran juga sama Allah nih sob, liat adegan bapak ibu anak di depan masjid itu so sweeett,...ah saya kapan?? haha hay haseehh hee....hayo kalo anak mandiri udah gak pake demo" lagi donk ya kan???

Nah mumpung lihat adegan kayak gitu saya mau bagi ilmu ya sob moga aja manfaat nih, nah kita sebagai anak nih punya Kewajiban dan Hak loh sob kepada orangtua, dan sebaik-baik anak adalah yang tidak lupa kewajibannya sebelum demo Hak uang jajan dan demo lainnya hehe pizzz...

Anak tuh merupakan titipan Allah pada orang tua, dan anak yang sholeh dan berbakti adalah anak dan perhiasan dunia yang tak terkira harganya, jadi bernilai banget loh seorang anak yang patuh dan sholeh hei kamuu... iya kamu yang baca... kamu salah satu kandidat anak sholeh sholehah sepanjang masa yuk makin sholeh yuk....biar Allah ridho dan kasih lancar hak-hak kita hehe....

Kewajiban anak pada orang tua yaitu ada 10 loh sob...

1. Memberi makan pada Orang tua , nah kalo kita udah jadi yang gedhe dan mandiri jangan sampai kita lupakan perjuangan orang tua kita loh sob, dan salah satu kewajiban kita adalah tidak memutus silaturahim kita pada orang tua, dan rajin-rajinlah bertandang plus jika orang tua butuh makan dan bantuan kita wajib loh sob membantunya selama bukan membantu dalam kesesatan dan mempersekutukan Allah....

2. Memberi pelayanan jika diminta tentunya dengan ikhlas loh sob, awas kalo gak ikhlas....

3. Menyambut jika di panggil, ini perlu loh sob... dan jawablah dengan lemah lembut dan segera jangan sampe hitungan ketiga beleum menyahut itu bahaya....bahkan kalo mereka gak tahu kita lagi sholat, kita boleh mengeraskan bacaan sholat kita sob, kalo mereka belum mtahu juga, segera aja kalo terpaksa yah kita boileh memenuhi seruan orang tua terutama ibu....

4. Menaati kalo diperintah sob, jadi  taati aja itu wujud wirul walidain... selama perintahnya tidak untuk mempersekutukan Allah loh yah mantap..

5. Berlakulah lemah lembut, terutama pada orang tua, pada bos, atasan dan pejabat pemerintah aja bisa sopan lemah lembut, sama Ayah dan Ibu yang pejabat dunia akhirat malah gak bisa piyee to?? jadi yuk kita belajar lemah lembutt.....

6. Memberi pakaian jika diperlukan, cek deh berapa baju baru kamu di lemari?? berjubel dengan merek-merek ternama kan?? coba liat almari Ayah dan Ibu?? kapan terakhir kali kasih hadiah pakaian ke Ayah dan Ibu?? apa kamu belum pernah?? haseeehhh kalo gitu cobain deh sensasi kasih hadiah ke Ayah dan Ibu...pasti adem.

7. Kalo lagi jalan bersama kita gak boleh loh mendahului mereka kecuali diminta sama mereka sob...

8. Menyukai apa yang mereka sukai bagi diri mereka sendiri, semisal kamu ada kabar gembira boleh loh dibagi ke orang tua, misalkan bisa jalan-jalan sampai Masjid Ciamis ini boleh loh dikabarin... mak makk anakmu mak.. sampe Nabawi mak aamiin.. tapi nyicil masjid Cimais dulu mak... haseehh hehe...gak papa lah latihan dulu hehe....

9. Menjauhkan apa yang tidak mereka sukai, misalnya kabar buruk yang kita terima, ya semoga mereka gak bersedih dan kepikiran, kasihan Ayah dan Ibu kita mikirin anaknya terus sekali-kali kamu donk yang m ikir kebahagian mereka dengan jadi anak yang sholeh...

10. Yang paling keren nih sob dan wajib buat kamu calon anak-anak sholeh penghuni surga dan rahmatNya Allah... doakanlah orangtuamu sob...doakan kebaikan dunia akhirat...mohon ampunkan dosa orang tuamu selama kamu amsih hidup di dunia..... itu baru kamu jadi anak yang mumtaz... istimewa.. sangat...

Nah dan anugerah terindah dalam hidup kamu ketika kamu bsia menujmpai Ayah dan Ibu sampai masa tua maka surat Al Qur'an ini wajib kekeuh kamu amalkan ya sob...

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Al Isra(17):23)

Dan setelah semua kewajiban kamu cermat renungi dan cara mensyukuri ilmu adalah amalkan ya sob amalkan, kamu lebih tahu siapa orang tuamu... jadi kamu pasti tahu kewajiban apa aja yang musti kamu tunaikan pada mereka..... Buat para anak jangan lupakan orang tua terutama ibu, dan para anak yang gak mau cepet kiamat jangan sampai menjauh dari Ayah yah, kalo kita mulai gak kenal Ayah dan menjauh berarti tanda kiamat makin dekeeettt.....

Nah haknya mana nih kik?? kok kewajiban terus kan capek wajib-wajib terus hehe...oke deh sob abis semua kamu tuniakan atau saltu satu kamu tunaikan tentu kamu sebagai anak boleh dink dapat Haknya, nah hak anak itu apa aja?? jangan mikir kamu dapat warisan aja ya sob hehe...lebih dari itu kamu tuh punya hak yang lebih besar dan manfaat buat diri kamu...

1. Kamu berhak mendapatkan orangtua Yang Sholeh
Abis kamu menuhin kewajiban kamu, kamu boleh nuntut Ayah Ibu jadi Orangtua yang sholeh loh sob biar kamu juga soleh donk... Soalnya kalo kamu dapet atau bisa jadikan orangtuamu sholeh itu adalah ladang amal dan pahal tersendiri kamu hebat!!!... santai aja setelah hak yang ini tertunaiakan hak lain pasti akan lebih banyak kamu dapett hehe... jadi ayo tuntut Ayah Dan Ibu Sholeh....cari rejeki yang halal, sholat tepat waktu yess dah.. masak anak aja yang boleh soleh Ayah Ibu sholeh juga bakal lebih solid team dunia akhiratnya....mantap...

2. Kamu Berhak dapat Hak Hidup
Inget kan sob bangsa arab waktu jahil sebelum kedatangan Rasul yang membawa pelita dan keberkahan bagi bangsa Arab dan seleruh manusia?? nah waktu itu anak-anak perempuan itu bisa jadi dikubur hidup-hidup dan pada dibunuh, naudzubillah semoga jahil kayak gitu gak terjadi lagi... semoga aja orang-orang masa kini lebih banyak memakai akalnya, jadi siapapun anaknya kamu berhak hidup... yakinlah kamu berhak hidup.....karena Allah udah kasih masing-masing rejeki, jodoh, dan mati buat manusia jadi jangan takut gak dapet rejeki seorang anak maka dia dibunuh...kalo itu orangtuanya gak kereeenn mereka jahat sampai bunuh anak.... Umar bin khatab aja menyesal banget, dan dia salah seorang sahbat yang banyak menagis ketika masuk Islam....karena dia ingat dosa-dosanya membunuh anaknnya

3. Nah kita berhak diberi Nama yang baik lho sob...
Nama adalah doa semoga yang dikasih nama yang baik banyak bersyukur, kalo yang belum karena keterbatasan orangtuanya dalam kasih nama jangan ngambek yah... itu tetap nama terbaik kamu kok... dan nama terbaik bsia diambil dari Al-Quran tentu dipilih arti dan maknanya yang bagus dan benar lho jangan sampe krena di Qur'an ada nama Jahanam malah dikasih nama anaknya Jahanam hehe kalo itu mah orang tua kebangeten hehe sabar ya nama namamu jahaman?? apa ada yang namanya jahaman?? hehe pizzz mana ada yang mau neraka panas gitu hiiii.... tapi kalo ada ya selamat kamu jadi anak yang jadi peringatan orang tua kalo kamu bisa sedekah ingatin mereka tentang neraka yang amat panasssss

Nah sebenernya hak inti kita cuma 3 itu aja sob intinya, tapi penjabarannya banyak kok hehe, mulai dapat makanan yang baik, rejeki yang baik dan halal, dan macam-macam kamu taulah hehe gak usah saya bagiin hehe, dan jangan menuntut terlalu mencekik orang tua ya sob itu dosa, mending kamu patuh dan taat ajah yah,....Kasihan orang tua yang terus berjuang di deraan BBM yang main buat galau pelangi di pagi hari...

Dan kalo kamu udah jadi Orang Tua, jangan lupa cek surat Lukman Yah!!! ayat 13-15 ada kisah Pak Lukman yang kasih nasehat ke anaknya dan berwasiat pada anaknya cek artinya gih kece badai...hayo kapan terkahir baca Qur'an dan maknanya????

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang tuanya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa, “Wahai Rabbku, tunjukkilah aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan supaya aku dapat berbuat amal yang shalih yang Engkau ridloi. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. Mereka Itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami akan ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka”. [QS. Al-Ahqof/ 46: 15-16].


keluarga ciamis
ahhh adegan yang meneduhkan hehe.....keluarga bahagianya Ciamis yang manis
Semoga keluarga kita bahagia juga ya sob aamiin....

Alhamdulillah renungan depan masjid Ciamis ini moga manfaat yah sob, yuk jadi anak yang taat dan berbakti pada orangtua, ajak Ayah dan Ibu Cinta Masjid, dan balik ke Al Qur'an  dan As Sunah, kita ajak anak-anak kita juga ya sob, semangat berlomba dalam kebaikan, kompetitor terdekat adalah orangtua, dan jadi lebih hebat dari mereka adalah kereenn hehe... semoga kita jadi manfaat yah...mantap....alhamdulillah....
Ajak keluarga kita bareng-bareng selamat dunia akhirat.....

Nikmat tak terkira saya bisa singgah sejenak di Kota Ciamis ini dan juga menikmati keamanan dan kesejahteraan yang doi tawarkan, jadi ke manakah jiwa ini akan behenti melangkah dan menetap ya?? apakah di Ciamis?? hehe, Semoga aja ada yang ngajak gratisan explore Ciamis suatu hari nanti aamiin gratis mana nolak, masak nonton Sendratari Ramayana Prambanan yang awasome Gratisan saya nolak sih hehe ^-^. 

Yang pasti saya salah satu manusia yang bersyukur bisa menikmati Indahnya masjid Ciamis ini yang sudah didirikan sejak tahun 1882 ini, lama amit yah selama masjid Agung Magelang Jawa Tengah. Semoga aja dengan kemegahan masjid ini, jamaah yang cinta masjid dan memakmurkannya juga ramai aamiin ^-^.9 bahagia sama Ayah saya bisa mampir ke Ciamis dengan masjidnya yang manissss.....

ciamis manis
penampakan warga Jogja di Ciamis
ini Ayah saya ladang amal buat saya hehe pizz


ayahnya angki dan ciamis
alhamdulillah warga Jogja dua

Kalo ditanya angki info jelasnya tentang masjid ini donk?? hehe kapan-kapan kita sholat jamaah di sini ya frenn haseehh hehe mesti lebih lengkap, pokoknya kalo lewat jalur selatan jangan lupa mampir ke Ciamis yang Manis ya sob...Ajak Orang Tua juga boleh biar berkah hehe pizz....

Semoga terus melangklah karena Allah dan untuk Allah semoga dapat hidayah keren dunia akhirat ^-^.9

14 komentar:

  1. Kayaknya seru juga ngulas tentang masjid, sambil ibadah, juga bisa nulis blog :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah mas...cari pahala and bagi" ilmu mas hehe ^-^ alhamdulillah moga" rejeki anak sholeh mas

      Hapus
  2. hmm saya belum pernah mampir ke sana hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kayaknya perlu mbak biar adem gitu hehe

      Hapus
  3. Ngga kalah keren juga lah sama mesjid agung alun-alun tasikmalaya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya kah mbak?? moga aja bisa sampe tasik again...aamiin...

      Hapus
  4. masjid jogja adem banget ya mas, sepertinya aku pernah lewat sana deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kerenn mbak hehe kalo lewat mampirnya mbak hehe pizz

      Hapus
  5. Jalan-jalan di Ciamis Jawa barat kemarin hanya bisa lewat di depan obyek wisata Masjid Agung Jawa barat ini Mas, karena hujan. Besok kalau ke sana lagi bisa mampir nih ke obyek wisata ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mas mantap mas..hehe jangan lupa kalo gratisan ajak" ya mas haseehh haha...mantap mas Indra super keren jelajahnya...

      Hapus
  6. Mana pasangan nya kak angki ??? biar keliatan bahagia gitu. eh masih Jomblo yaaaa hua hua hua

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw pasangannya abis dari MInag bike haha paralayang asoyy haseehh hue hue hue haha hay bang cumiyy virus besar per alayan hadeehh

      Hapus
  7. Nah ini, beberapa kali lewat sini plus udah mampir, tp ga dipoto :'o
    Pas ujan deress...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe kayakny perlu mampir plus sholat di dalmnya say juga belum smepet sholat di stu hehe

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...