JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Sabtu, 04 Oktober 2014

Street Hunting Bareng Fotografernet

Street Hunting? emm kalo yang demen kelayapan di jalan pasti udah tau nie istilah, nah kalo yang belum pasti dikira nie sejenis barang pecah belah, mungkin ada yang mikir piring kan sama-sama belakanganya make ing piring dan hunting?? hadeehh hehe bukan yaww... Jadi Street itu artinya jalan nah anak SD juga tau om hehepizz, dan hunting itu bukan bunting lho ya hehe, hunting itu kita berburu, jadi street hunting tuh kita berburu jalan,... loh kok...nambah gak bingungnya?? haseehh hehe. 

Noco wijaya
ahli video FN mas Nico and don lagi beraksi

Nah sobat semua pasti yang gemar sama Fotografi tau donk salah satu genre yang sangat laris manis di era sekarang ini, Nah Street Fotografi atau bahasa gaulnya nyetriit ini salah satu genre fotografi yang laku keras di daerah perkotaan. 

Street Fotografi mulai dipopulerkan oleh Fotografer bernama Augene Atget ( 1857-1927 ) yang mengabadikan jalanan kota Paris ketika itu, kemudian ada juga fotografer lain di kota New York yaitu Berenice Abbot ( 1898-1927 ) dari kedua fotografer inilah foto-foto jalanan dan perkotaan mulai muncul, pada awalnya semua foto yang dihasilkan masih berupa jalanan perkotaan namun penuh makna.

Kemudian munculah Robert Doisenau ( 1912-1994 ) yang mulai mempopulerkan street fotografi lebih bermakna, berawal dari mengabadikan moment-moment di Paris, kehidupan cafe-cafe di paris , kehidupan di jalanan Paris street fotografi memiliki perkembangan yang lain. 

Di tanah Air sendiri nie street Fotografi mulai dijamah oleh fotografer di sekitaran Monas, yang kala itu dijadikan sebagai usaha foto di sekitar Monas dengan jasa yang ditawarkan dan sudah ada sejak tahun 1970 dari foto potret di monas inilah Street di indonesia berkembang.

Meskipun begitu gaya street ini makin banyak diketahui karena karya yang mempesona dari  carier Bresson, meskipun banyak fotografer lainnya, namun Carier Breson ini dikenal karena memiliki cita rasa foto yang tinggi dengan memadukan unsur komposisi, puitis, dan dinamis, dengan memanfaatkan moment, perspektif, dan unsur dua dimensi untuk memberikan cara pandang yang lainnya,

Tentu saja masih banyak fotografer street lainnya yang punya cara pandang masing-masing, pokoknya foto street tu bakal mengeluarkan olah kreatif yang sangat mengasah, dan kita diajak jeli untuk membuat karya, menunggu moment menciptakan rasa dan kreasi dan gak ada aturan bakunya harus gimana-gimana, itu balik ke diri kamu sendiri dan daya imajinasi dan inovasi kamu yah sob jadi jangan takut salah kalo nytrriitt haseehh uhuk hehe pizz

Gimana sob cetar-cetar kan para ahli fotografi ini, kalo mau tau karyanya tinggal klik aja nama mereka di google pasti tercengang dan kaya inspirasi dan ide buat kita yang suka foto. Apalagi liat karya foto Alexander Rodcenko about genre street ini pasti langsung ngiler dan buruan cabut hunting dah hehe ^-^.

Terus?? hei Angki kamu kan suka fotonya Landscape semisal di Parangtritis tapi kok malah street sih?? why why kenapa nih ceritanya?? hehe Nah begindong sob jadi nie Fotografenet salah satu forum dan komunitas terbesar ke 4 di asia tenggara dan berasal dari indonesia ini ada hajatan besar, yaitu adanya event tahunan yang bernama Street Hunting, di mana seluruh Fotografer Indonesia tumplek bleg tuh disitu dan berkumpul nyetreet dihari yang sama, jadi sebagai orang yang suka foto, ngaku fotografer apapun genrenya dan pengen meramaikan hajatan besar fotografer se Indonesia raya ini, akhirnya saya pun ikutan hadirr donk, free kok sob huntingnya jadi pasukan free ayo kita ikutan lagi tahun ini hehe.


Febe lidia oktasari
Mbak Febe kasih petunjuk

Nah foto-foto yang bakal saya tampilkan ini adalah hasil saya nyetreet tahun 2013, kalo ada yang suka alhamdulillah kalo gak ya jangan muntah-muntah ya sob. Nah acara pagi itu titik kumpulnya di Tugu Jogja sob, dibuka dengan sederhana dan kudu ngisi daftar hadir FN street, biar ketauan tar jumlah yang hadir, tapi jangan ngarep snack yah hehe ini soalnya free, kalo yang free dapet snack itu kita ikutan pengajian aja semisal ngaji di Masjid gedhe Kauman kalo itu gratis yang dapet snack oke hehe, ayo mahasiswa Jogja ikutan hehe.

Meski FN street 2013 tanpa snack kita tetep semngat donk, Nah kala itu asik dan penuh moment spesial loh FN 2013, itu ada mbak Febe FN yang mbukain tuh acara, tapi kalo sekarang udah gak di FN lagi doi ^-^.9 tapi moga masih bisa ketemu mbak Febe lagi dah hehe.


Oia sob FN street tahun kemarin terkumpul tuh 3800 fotografer se Indonesia Raya dari sabang hingga Merauke mantap kan sob, jadi FN 2014 ini sobat kudu ikut ngeramein yah biar makin nambah nih rekor jadi bisa sampe 4000 kan mantep tuh hehe, ayo" kita kumpul foto bareng. Nah abis acara pembukaan akhirnya kita kumpul dah di depan Tugu dan foto bareng.

nah ini pasukan pengcapture foto keluarga

`biarin foto dah yang bicara hehe

bisa liat saya yang mana?? foto dari Fotografernet

Nah sobat semua dari yang biasanya saya kelayapan semacam di Air Terjun Sigembor KulonProgo dan tempat-tempat sepi lainnya kali nie saya mau kasih sobat semua oleh-oleh Street ala angki hehe, jadi kalo semisal ada yang suka and mau dibungkus kabar-kabar yah, kali aja ada yang mau beli foto jepretan saya yang ala angki, hehe jadi ala saya nih semoga masih bisa dinikmati abis ini saya mau ikutan make mottonya FN dulu yah, biar foto yang bicara jadi selamat menikmati Gallery FN street saya ^-^ mungkin ada yang terinspirasi asal jangan sampe muntah-muntah loh hehe.

tukang becak
Dalam Diam

Oia sob setelah ini bakal banyak foto black and white yah, soalnya kalo moto Humant interest gak di White and Black itu ada rasa yang kurang, tapi semoga sobat masih bisa nikmatinnya, nie oleh-oleh gratis dari saya tapi kalo mau dibeli juga gak papa haseehh ngarep hehe, plus di bawahnya itu judul fotonya ya sob di caption sory watermarknya kalo gedeh perlindungan hak milik aja ya, kalo ada yang minat mau dipake and mau dibeli tar gak ada watermarknya bisa saya kirimin ^-^, haseeh dasar fotografer dagang.

Mau order saya boleh loh at angkislandphotography, maklum saya sukanya jualin foto nih sob hehe sapa tau ada yang mau bagi-bagi rejeki kalo jodoh waktu dan suka capture saya monggo hehe, eh ini malah dagang terus saya haha, maaf yah lagi kumpulin dana buat pameran tunggal saya doanya yah sob ^-^ oke so Have Fun yah selamat menikmati. 

tukang becak tidur
Terdiam dalam Lelap

Bersama Badan besi mobil
Bersama Badan besi


Oia sobat jadi rangkain FN street Hunting ini akan mengambil salah satu sudut kota Jogja, karena saya domisili di Jogja Street Hunt ini ada di daerah sekitar Tugu, Start dari tugu muterin pasar Kranggan, mampir ke Klenteng, dan finish di tugu lagi deh, nah kalo di daerah sobat yang laen pasti berbeda kan?? oke lanjut yuk.

mahasiswa
Mahasiswi 

nunggu di pasar
Nunggu mami

wayang
Wayang ikut nyetreet

Nah sob dari hasil kita hunting nanti kita bisa kirimkan foto kita dan foto yang beruntung bisa ikutan nampang di Exposure miliknya FN loh, buku internet fotografi gitu, nah dan ada foto saya beberapa sih yang waktu itu saya kirimin juga dan ke pilih dah hehe buat ikutan eksis di Exposure. Kalo mau cek foto-foto yang pernah eksis di FN street Jogja, bisa di sini ya sob Fn street Joss5, cari foto saya yax hehe pizz thanks FN dah masukin foto saya download di E-booknya FN 2013.

Menanti Pembeli

Oke dan sebenernya di event Joss kali ini udah yang ke 5 diadakan sob, tapi nie hasil saya nimbrung baru pertama kali hehe, oke kita lanjutkan hasil hunting Joss saya yah sob yuk mari. Oia kalo sobat mau cek kota-kota yang ikutan event Street bisa loh di cek di sini ^-^ sapa tau daerah kamu ada dan kamu bisa gabung juga ikutan 2 november 2014 tar. Cek kota Street. Atau mau ngadain di kotanya sendiri oo bisa banget loh...



dua jejaka
Dua jejaka lampau


penjual caping
bercaping santai

borong baju
diborong

angkislandphotography
mikir Catur

fotografer dan objek
Santai ngobrol

penjual Pisang
Penjual Pisang

lele
Lele nyantai slow


merenungi nasib
ada apa ya?


smile
Big Smile


Lelah
Terdiam lelah

Jualan Toge
Borong Toge

Nah kalo street gak ada yang bikin adem tuh ada yang kurang, Yang ladies gak usah cemas temen-temen fotografer cewek juga banyak yang ikutan lho, malah ada model juga ikutan nimbrung, semisal ada mbak Intan nie saya kasih penampakannya juga hehe biar FN street makin adem hehe, oke sapa nih yang mau foto mbak Intan juga? mungkin boleh besok gabung FN street ^-^. sapa tau kenal model bisa jadi fotografer model semisal hunting di kolam sedayu Bantul.





Nah abis jalan-jalan di sekitar Pasar kita mampir di Klentheng Kranggan nih di belakang Pasar, ini kali pertama saya masuk Klenteng ya lumayan exited plus agak kaku, tapi siap-siap sama bau dupanya aja yah hehe, tetep jaga ketenangan ya sob kalo pas di Klenteng sip. Jaga ketenangan dan khusuk semisal saya waktu di Masjid Agung Semarang.


Klentheng
Artinya


lentera
Ni homa

ibdah di klentheng
time


pray at klentheng
Khusuk berdoa

doa
So Religic



street lion
With Lion

Nah sob maaf yah semisal ada foto saya yang ane bikin muntah dan sebagainya ehhe, gimana masih mau lanjut kan?? oke siapin hati dan mata yah hehe yuk lanjut kita nyetreet....Oia kebanyakan foto yang saya ambil lebih ke HI, tapi emang banyak saya lakukan uji joba dan manuver yang bisa tercapture saya capture, kadang ada still potret dan sebagainya. Kalo ada yang muntah karena foto saya bisa mampir ke Negeri di atas Awannya Jogja dulu lho sob.

ayam
Chicken Head

pulang
Pulang Belanja

penjara
Santai terpenjara

lalat
makronya saya kasih warna ya sob iyaxx..maaf pizz

sang legenda
Sang legenda

satpolPP
Para pamong 

bacalah
Bacalah maka kau akan tahu


beda senjata
Beda senjata

Pulang kerja
Go home

gaul
Kakek Santai

Becak
The Becak




Nah sob apa aja bisa kamu poto kok selama FN street ini, mau gaya foto apa aja bisa, abstrak dan berbagai macam laennya saya juga motoin makro juga pas event ini hehe, oia foto candid juga,hehe kebanyakan malah candid. Dan makasih juga yang udah kasih saya Snack gratis waktu di belakang pasar ada mas Medhian hehe thanks mas Medhian dkk. Jadi gak gemeteran jepret deh hehe, masak udah ikutan sharing Travel Fotografi bareng mas Ebbie gemeteran juga hehe, karena belum makan mah kalo itu hehe.

roda berputar
tebak aku

perputaran
hanya rantai

perputaran roda
roda gigi

memutar waktu
Memutar

Oia sob, sambil makroan juga bisa loh kalo nemu objek cantik, tapi jangan hunting model di pantai baru loh itu cantiknya beda, hehe kalo gak ya kayak bapak yang superb keren ini aja deh, udah bawa DSLR bawa mirrorless juga hehe, oia yang gak punya kamera keren santai aja sob Event ini tuh kamera aja bisa ikutan kok yang penting kebersamaan mau pake DSLR, kamera film, SLR, hape, poket, pinjeman temen atau nyewa, atau mau ikutan seru-seruan aja pokoknya ikutan aja sob seru kok kita juga bisa tambah temen loh sob.

fotogarfernet
alat perangnya ngeri

fotografer
Ayo kita serbu

flowers
ahh makro hehe

Macam-macam foto yang laennya pun bisa kamu jepret kok apapun itu bisa kamu jepret jadi Have Fun yah kalo ikutan nyetreett itu hehe, jangan minder dan takut sama temen-temen yang laennya loh hehe, gabung aja dan rasakan sensasinya nyetreet, gak punya kamera?? santai aja sob sapa tau kamu dapat temen dan mau ngajarin maen kamera disitu and dipinjemin kameranya...hehe..yang baru punya kamera juga jangan takut gabung dari yang udah lama sampe baru semua bisa ikutan kok santai kayak di pantai Wohkudu, pantai yang sepi di Jogja hehe.

Mari wisata

arsitek
arsitektur

ayah dan anak
asik bareng papa

smile
always smile

menunggu
Light and Fun ^-^

Dan akhirnya sampai juga di ending dari nytreet saya nih kita kembali berwarna yah sob, pokoknya seru dan asik dah kalo ikutan Nytreet tuh, jadi 2 november 2014 datang ya sob buat ikutan rame-rame kita nyetreet bareng Fotografernet, komunitas Fotografi terbesar di Indonesia ini ^-^. Buat Jogja Joss6 besok kita kumpul di Kridosono jadi siapin alat perang kamu yax mantap. Di Kridosono yax jangan nyasar ke Hutan Manggovenya Bantul Jogja loh.


vesapa unik
ini bukan sponsor cuma terlihat aduhai


Ada yang mau khilaf lihat Video Joss 2013 lihat di sini ya sob tapi jangan khilaf ke Mbucu Hill yah hehe ^-^.9 ada saya lho, coba tebak mana saya...


Thanks yang udah kasih ilmu dan ilham, mohon maaf kalo masih banyak salah dan khilaf ikut nyetriit dan tetep hadirin Allah di tiap helas nafas dan langkahmu ya Sob...
Saliha
Liputan FN tahun 2013
Street on Exposure

41 komentar:

  1. Balasan
    1. hehe iya nie mas bukan hitam putih acara tv tapi hehe

      Hapus
    2. Oh iya ada ya acara tv hitam putih hehe, keren" mas fotonya

      Hapus
  2. jonas.setiawan.harahap5 Oktober 2014 03.36

    Wah menyenangkan ya beramai-ramai

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nie mas Jonas..bsk ikut ramaikan ya hehe

      Hapus
  3. Wow ... keren ya jika tahun ini bisa sampai 4000 Yang berkumpul

    btw, Foto fotonya menggetarkan hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah smga bisa sampe sgtu mbak hehe aamiin dah... pasti dari negeri dongeng lebih bikin getaran sampe Jogja mbak hehe dtgu kabar dari Jerman ^-^

      Hapus
  4. pose yang adik kecil lagi ngupil, epic! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe mksih mbak..mbak Sari jng ikutan ngupi yax tar ndak jadi nambah epicc aseekk hehe pizz.. goda mbak sari tiada hentii haseee ampuni saya mbak haha pizz

      Hapus
  5. Fotonya keren-keren.....apalagi yg jd hitam putih /coklat jd spt foto jadul gitu....jempol 2 untuk mas Angki...
    Semoga sukses selalu dg dunia jepret menjepret ini ya....tambah kreatif & tambah peminatnya juga ( klo laris manis jgn lupa traktir mbaknya ini ya.... qiqiqi..)...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin Ya Rabb.. trima ksh bnyk mbak irowati atas doanya aamiin, smga mbak Irowati juga loh hehe nanti saya di bawain karya" and masakannya yg enak hehe pizz salam dari jogja mbak ^-^ smga Allah meridhoi selalu langkah kebaikan...

      Hapus
  6. gambar headernya keren banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mksih bnyak y mas.. ^-^ Alamnya Allah emang Great banget ^-^

      Hapus
  7. Pengen belajar fotografi... kapan ya saya bisa beli kamera bagus kek gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas pake kamera aja bisa mas...fotografi gak terbatas sama kamera aja kok mas hehe..pasti keren dah karya" mas Adi nih...tgu saya kelarin kerjaan y mas mga bisa ikut meraimaikan mask id kuisnya saipp hehe

      Hapus
  8. alhamdulillah gak muntah2,,,berarti aku suka foto2nya,,habisnya keren sih,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah untung aja mbak Dwi g muntah" hehe... wah iya mbak Allah yg kasih keren dan maha keren itu hanya Allah ^-^.9

      Hapus
  9. Fot-foto street hunting keren-keren bingit ..... TOP BGT :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mksih bnyak mbak Astri seniorku yg TOP bgt juga...sy mhn bimbingannya loh mbak buat bukunya tar hehe ^-^.9

      Hapus
  10. wah ini...asik banget...bacaan yang menyenangkan...bikin senyum senyum sendiri ngeliat foto-fotonya JOSS tahun lalu...jadi makin ga sabar nunggu 2 november...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nie mas moga 2 november dijodohin ketemu silaturahmi sm masternya FN nie tar..hehe bakal banyak mau nanyak hehe..mantap mas Ringgo, mbak alifsa mas ringgo senyum" sendiri ati" ini hehe pizz

      Hapus
  11. Waaa... hahahaha.. kena kandid jugaaa.
    Siap meramaikan #JOSS5!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya loh ini harus kena soalnya orang penting nah mas Nico ini hehe mantap mas #Joss6 moga makin rame

      Hapus
  12. Wew.. TOP BGT tenan og mas FG satu ini.. Liputane komplit pokokmen..
    yuk bsk ramaikan JOSS6!

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah mbak siap rame" lagi dah bikin orang bingung,...ini ada apa ya mas kok rame"?? paling inget ada ibu" tanya gtuan hehehe... seep smga ktmu duo mbak Alif and mas Ringgo

      Hapus
  13. eeiiyy bagus2 loh photonya...pengen bangett ikutan street hunting tapi gak ada yang ajak hiks.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah wah mksih bnyk mbak winda..ayo hunting ke Jogja ^-^ atau di kota masing" juga ada lho ^-^, seru loh bisa dapat temen baru tar

      Hapus
  14. oh gini ya yang hobi motret ya, seru dan asyik ya, kapan mas Angki mau fotoin aku???? kali2 nambah cantik karena difoto oleh yang pintar fotografi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nie mamah tira... amiin" kalo mamah udah yakin cantik kok hehe ^-^ smga di beri kesmptan dan dijodohin waktunya mamah tira ^-^ insyaAllah

      Hapus
  15. weh kreen sekali sobat, mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks alhamdulillah mksih mas Albar juga dah ^-^

      Hapus
  16. bagus-bagus hasil fotonya, jadi pengen ikutan hehe
    salam kenal iya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah wah mksih bnyk mbak wida salam keanl yah..hehe iya mbak yuk street 2 november ^-^

      Hapus
  17. Insya Allah ikutan walaupun masih grothal grathul le motret ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayuk mbak belajar bareng santai banyak temennya kok ^-^ keep grothal grathul hehe pizz

      Hapus
  18. Balasan
    1. alhamdulillah trima kasih bnyak mbak idah :)

      Hapus
  19. oalaaah ikutan klob poto, panteees jepretannya bagus2^^
    oiya sekarang poto di jalanan emg lg ngetren ya... kapan hari ada pemotret jalanan yg sampe masuk koran. moga2 km bs seperti beliau, karya2nya luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah wah mksih bnyk y mbak ^-^, yg kasih bagus dan indah cuma Allah ^-^ ...aamiin aamiin jika Allah ridho semoga karya makin membawa inspirasi dan manfaat mksih mbak Arga sdh mampir ^-^

      Hapus
  20. Huuaaa... Saya terharu mas liat blog nya... Hehehe next time meet up Nye-Street nyokk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seep mbak sukses terus ya mbak febeee semoga nyaman di jakarta...

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)


Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...