JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Minggu, 26 Oktober 2014

Masjid Syuhada Kotabaru Hijrah Jadi lebih Baik

Saya tak tahu pasti apakah semua orang di Jogja tahu akan keberadaan masjid legenda yang satu ini atau malah belum tahu sama sekali. Yang saya tahu Masjid syuhada Kotabaru ini memiliki sebuah arti yang tinggi bagi saya dan hidup saya. Arti pencapaian saya menemukan hidayah yang hingga sekarang hidayah tersebut masih melekat dalam hati saya, yang menjadikan diri saya masih baik dan insyaAllah jika Allah menghendaki akan terus baik. Bukankah ada satu gumpal daging yang apabila itu baik, maka baik pulalah seluruh tubuhnya, hati ya insyaAllah jika hati kita baik maka bagian lainnya akan mengikuti jadi baik.


Masjid Syuhada Kotabaru
Masjid Syuhada Kotabaru tampak gak full

Informasi dan sejarah tentang masjid ini sudah banyak menghiasi berbagai macam literasi dan bahkan sempat saya baca juga tentang masjid Syuhada ada di Ensiklopedia Islam buatan Indonesia, wow Subhanallah kan informasinya lengkap dan penuh dengan perjuangan sejarah yang panjang hingga akhirnya masjid Syuhada ini bisa hadir di tengah masyarakat Jogja. 

Kalo sobat pengen tahu lebih jelas dan lengkap boleh loh cek gih ensiklopedi Islamnya sudah punya belum??? hehe kalo belum santai kamu tinggal aja maen langsung ke Masjid Syuhada kotabaru di jalan I dewa nyoman oka 13 kotabaru.

Di masjid ini ada sebuah perpustakaan yang kaya dengan ilmu, bagaikan surga dunia deh kalo mampir ke perpustakaannya masjid Syuhada. Sobat semua harus rajin baca, Al Qurannya dibaca juga lho yah, kayak saya dan Al Quran pertama saya.

Sholat di Masjid Syuhada
Sholat Khusuk di masjid Syuhada

Sedikit ilmu yang saya serap intisarinya yah sob, jadi Masjid ini dibangun dulu untuk mengenang jasa para Syuhada Pahlawan Indonesia yang gugur saat melawan penjajah disekitar Kotabaru. Dan gagasan menguat ketika itu saat di daerah Stadion Kridosono banyak  yang berolahraga tapi sarana untuk beribdah minim, sehingga di dekat stadion dibangunlah masjid ini, semoga aja kisah saya ini bener hehe besok langsung tanya ahli ssejarah yah atau baca-baca Ensiklopedi Islam Indonesia, biar pasti hehe dan tentu yang pasti siapkan diri buat ikutan FNstreet2014 yah kumpul di stadion kridosno kok.

Lanjut yah, pertemuan pertama saya dengan masjid ini sebenernya sudah saya rasakan saat saya masih SMP ketika itu ada Try Out Akbar di gedung Bimo sebelah dari masjid Syuhada, tapi karena saya dulu anak culun, jadi gak kenal Jogja pake banget hehe inget kan waktu saya pertama kenal nasyid, jadi saya gak ngeh ada masjid gedhe warna Ijo ini hehe, ya nyelonong aja pergi hehe, tapi ketika itu suasana mistis dalam hati saya berkecamuk, itu gedung apa ya yang besar dan Ijo, maklum kalo gak lihat dari depan atau dari jembatan code jalan jenderal Sudirman kita gak akan tahu nie masjid kayak apa bentuknya.

Alhamdulillah karena karuniaNya Allah, akhirnya saya dapat bercengkerama dengan masjid ini, ketika itu saya mulai agak kenal masjid ini dari mbak Almh Addien Fitrah, yang sukses numpahin air mata perdana saya ketemu kematian. Dari doi inilah saya kemudian iseng buat ikutan acara yang kala itu saya nemu entah darimana ada poster yang mengumumkan bahwa ada kajian Tabligh akbar yang ketika itu pengisinya Almh. Ustadz Jeffry Al Buchori.

Karena saya dulu senang sama yang namanya pengajian sekarang juga sih hehe, inget pengajian Mualaf di Masjid Kauman kan sob?? nah saya akhirnya berangkat tuh sendiri pake iseng naek sepeda ke Masjid Syuahada sore-sore gak ada yang saya kenal, dan alhamdulillah saya suskes nemu masjid Syuhada ini hehe untung gak kesasar, kayaknya bakat jelajah saya sudah terasah sejak SMP hehe.

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang yang mendapat petunjuk.” 
( Q. S. At Taubah ayat 18 )   

Gimana sob udah bisa bayangin kan seorang anak SMP kelas 2, naek sepeda sendiri gak kenal siapapun dengan niat kebaikan genjot sepeda buat ikutan meramaikan Syiar Islam berupa Tabligh Akbarnya Ustadz Jeffry hehe, ketika itu masjid Syuhada ini penuh sesak gelora sambutan warga Jogja buat Ustadz muda ini luar biasa banget loh sob, kalo aja waktu SMP saya dah jadi tukang jepret bakal saya jepretin dah itu ramainya acara, dari bapak-bapak ibu-ibu semuanya tumplek Bleg dah jadi satu, alhamdulilalh syiar yang sukses dari CDMS ( Corps Dakwah Masjid Syuhada ) dan panitianya mantep abis acaranya.

Meskipun saya lupa isi pengajiannya apa hehe, tapi saya selalu terkenang gimana saya bisa liat Live Ustadz Jeffry, dan salaman langsung sama doi, hehe alhamdulilllah, semoga almh. ustadz Jeffry ditempatkan disisi terbaikNya Allah InsyaAllah aamiin ya Rabb aamiin, saya juga bakal nyusul cepat atau lambat tapi kematian bakal kian mendekat.

Setelah ngademin hati sore itu saya hendak pulang, menunggu masjid sepi saya pun melihat kepergian Ustadz Jeffry dari lantai atas yang saat itu banyak diserbu sama masyarakat Jogja, saat saya sedang sendiri melepas kepergian pak Ustadz sambil dada hadee hehe pizz, saya kemudian dengan tiba-tiba didatangi sosok yang semakin membuat saya dekat dengan masjid syuhada, semakin membuat saya cinta untuk selalu datang ke Masjid Syuhada ini siapakah dia??

srambi masjid syuhada
dari serambi ini saya di samperin

Mas Heru Karsono, dari mas Karsono yang tiba-tiba nyamperin saya ini saya diajak kenalan, dan dari doilah saya tahu banyak tentang masjid syuhada. Beliau dahulu adalah salah satu anak asrama masjid Syuhada di tahun 2005an. Mahasiswa UIN yang asli purbalingga ini banyak kasih saya kesempatan dan cerita untuk mencintai masjid syuhada ini, bisa tahu dalam-dalamnya masjid Syuhada sampe saya sempat tenar nih karena sering nongol di masjid ini haha haseehh berasa tenar padahal enggak pizz ampun mas heheh, maaf yah GR abis kalo maen ke masjid ini selalu aja ada mbak-mbak yang nanya ke saya adeknya mas Karsono ya dek hehe, ya saya jawab aja iya mbak heheh, jangan-jangan mbaknya itu.... dan tarra hehe.

Heru karsono
alhamdulillah sudah laku akhirnya hehe selamat ya mas

Nah ini facebooknya mas Karsono sob yang saat saya cek sudah ada yang punya, ciee ciee ciee ada yang pengen tah?? heheh buruan gih haseeeh hehe, alhamdulillah heheh selamat mas Karsono, Barakallah mas, selamat membina keluarga sakinah mawadah warahmah, terima kasih banyak kesempatan dan waktunya mengajarkan saya tentang indahnya Islam dan wawasan yang maha luas tentang dunia keislaman dan persaudaraan, semoga kapan-kapan bisa silaturahmi lagi dah sama mas Karsono yang superb keren ini.

Sejak kenal mas Karsono, saya jadi tahu banyak tentang masjid syuhada dan berbagai macam pengalaman dan cerita selalu ada di masjid Ijo yang selalu bikin teduh hati ini. Pokoknya dapat free pass dah bisa ngubek-ngubek Masjid ini karena mas Karsono, tahu Smart syuhada, CDMS, dan banyal lembaga yang keren-keren di MAsjid Ijo ini, nginep gratisan di asrama masjid Syuhada juga pernah hehe, sampe makan gretongan alias gratis juga pernah hehehe makasih banyak ya mas Karsono dkk.

Dari masjid Syuhada inilah saya ditempa menjadi sosok yang seperti sekarang, banyak hikmah yang masih meresap dalam diri saya, banyak hal yang selalu menjadi kekuatan saya untuk terus memperbaiki kualitas ke Islaman saya, jadi buat para pemuda masa kini mulailah mencintai masjid dan memakmurkan masjid yah di manapun masjidnya jika Allah ridho maka hidayah itu akan memeluk dirimu erat sob.

Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat perlindungan Allah pada saat tidak ada perlindungan selain perlindungan-Nya, yaitu : pemimpin yang adil; pemuda yang selalu beribadah kepada Allah SWT; seseorang yang selalu terikat hatinya ke masjid, dua orang yang saling cinta karena Allah, mereka bersatu dan berpisah karena-Nya, seseorang yang apabila dibujuk (untuk berbuat dosa) oleh wanita cantik dan mempunyai kedudukan, maka orang itu berkata: ‘saya takut kepada Allah’ seseorang yang beribadah secara sembunyi-sembunyi dan seseorang yang mengingat Allah (dzikrillah) di tempat yang sepi sampai ia mencucurkan air matanya. 
(HR. Bukhari dan Muslim)

Masjid selalu saja membuat hati ini tenang saat saya menjadi musafir, masjid adalah tempat yang nyaman untuk berdua dengan Sang Pencipta alam raya, bahkan kemegahan masjid Agung jawa Tengah juga telah menyihir saya untuk terus bermimpi, terus bermimpi dan mimpiNya banyak yang telah Allah peluk, impian selanjutnya semoga angki bisa sampai di masjidnya Baginda Rasullullah SAW di Mekkah dan Madinah nanti ya Allah aamiin aamiin Ya Rabb.

anak anak syuhada
Siswa Syuhada

cewek jogja
anak syuhada

anak sd Syuhada
anak SD dinasehati kalo minum biar duduk hehehe

Berinteraksi di masjid inipun sangat meyenangkan loh sob, kita bakal dapat nasehat-nasehat kebaikan dan hal-hal kecil yang mungkin remeh buat kita, tapai bakal jadi nilai akan ditanamakan saat belajar dan menimba ilmu di masjid ini. Sekarang masjid Syuhada makin lengkap loh, selain ada taman bermain, SD, SMP, Perpustakaan dan seabrek organisasi yang bakal gembleng diri kamu jadi insan yang oeke punya, belajar Qiroah dan lain-lain bisa banget di masjid Ijo yang superb keren ini, infak shodaqoh zakatpun bisa.

Selain itu dis ekitar masjid inia da kuliner yang menarik dan patut sobat cobain lho, kayak Mie ayam Masjid Syuhada, Angkringan pojok Syuhada dan masih banyak kuliner seru yang eksis dipelataan masjid Syuhada dan kamu wajib cobain kalo pas mampir ke masjid ini lho sob,Pokoknya yangd atang ramai-ramai boleh loh kayak serunya Keluarga Pelancong mbak Ira yang dari jerman ini jalan-jalan kudu di sambangi yah kulinernya.


perosotan syuhada
perosotan yang selalu jadi tempat seru buat maen 

Alhamdulillah terima kasih Ya Allah dari masjid Syuhada inilah saya mulai banyak berubah menjadi insan yang lebih baik lagi, kangen dan rindu bisa ramai-ramai memakmurkan masjid ini, semoga pemuda-pemuda sekarang terus membuat masjid ini bersinar terang yah, dengan bebagai macam aktivitasnya. semoga ada kesempatan lagi buat ngaji di masjid syuhada, sholat, iktikaf, mabit, Nasyid dan macam-macam agenda yang selalu mempesona dari masjid Ijo milik Jogja yang Istimewa ini, sampai Awallun nasyid pun tumbuh dari masjid Agung Syuhada Yogyakarta ini.

Pokoknya buat saya masjid Syuhada Kotabaru ini wajib loh sob dikunjungi kalo liburan ke Jogja, karena ini juga merupakan masjid yang sangat bersejarah bagi Jogjakarta. Selalu rindu canda tawa bersama dari masjid ini. Selalu suka gotong meja dan kursi bantu-bantu para panitia acara nyiapain kajian Ahad pagi, serunya jadi panitia Ramadhan masjdi Syuhada dan seabrek aktivitas banyak pahala di masjid ini.

“Ada seorang wanita yang senantiasa menyapu masjid, kemudian mati, Nabi Saw lalu menanyakan tentang wanita itu, dijawab bahwa dia telah mati. Nabi bersabda, ‘mengapa kalian tidak memberitahukannya kepadaku, agar aku menshalatkannya? Tunjukan kuburannya kepadaku, maka beliau mendatangi kuburannya, lalu menshalatkannya. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan Ibnu Majah).

Semoga rumah impian terindah saya bisa Allah peluk dengan indahnya aamiin, salam rindu buat orang-orang Sholeh di masjid ini, Pak Satpamnya yang khas, Imam masjidnya yang luar biasa makasih pak sudah ajarin saya bacaan Al Lahab dan Al Fatihah waktu bareng-bareng Iktikaf, saya jadi lumayan bener ini meski ya masih belajar terus, terima kasih buat mas-mas dan mbak-mbak Smart Syuhada, CDMS, dan semuanya yang pernah mewarnai saya untuk terus mencintai masjid dan memakmurkan masjid kalian keren dunia akhirat semoga bisa menghadirkan tokoh-tokoh lain di pulau kecil ini insyaAllah jika Allah menghendaki.


masjid kotabaru
masjid syuhada maish gak full hehe

Alhamdulillah di tahun baru semangat yang baru semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian yang Allah telah lukiskan untuk kita resapi seni yang maha tinggi milik Allah saja. Ke Masjid saya membawa diri saya hijrah, pada Allahlah semuanya bermuara. Ketika kaum muhajirin berhijrah dan diterima baik oleh kaum anshor begitulah seharusnya masjid menjadi tempat kita menghimpun ukhuwah Islamiyah agar barisan kita kuat dan kokoh, agar saling bisa mengingatkan dalam kebaikan dan menasehati dalam kebenenaran sama kayak jalan-jalan saya ke Air terjun Sigembor Kulonprogo.

asrama masjid syuhada dan kantor CDMS
yang selalu ngangenin

Hal pertama yang dilakukan Nabi SAW saat pertama kali hijrah adalah membangun masjid, Masjid Quba menjadi masjid pertama yang dibangun. Peristiwa hijrah sendiri digunakan sebagai awal tahun baru penanggalan Islam menurut bulan. Pada masa Umar bin Khatab sistem ini dipakai dan dicetuskan peristiwa hijrah sebagai awal oleh sahabat Ali.

Hijrah adalah pindah menjadi insan yang lebih baik, mari kita jadi insan yang lebih baik dengan berhijrah karena Allah. Mari kita eratkan ukhuwah dan lakukan sebayak mungkin kebaikan selagi bisa. Kita pupus kesalahan masa lalu dengan hal yang lebih baik dan lebih baik lagi. Semoga Allah merahmati niat hijrah kita menjadi lebih baik dan tetaplah memakmurkan masjid Allah ya sob ke masjid Syuhada juga boleh loh, anak muda Jogja ya nongkrongnya di masjid donk, hari gini belum ke masjid Syuhada kemana aja lo sob hehe...

masjid Syuhada yogyakarta
masjdi Syuhada

Selamat tahun Baru Hijriah ya sob, kalo gak ke Allah kemana lagi jiwa ini kalo udah The End ^_^. hati-hati loh ditiap bulan suro dan muharram rawan syirik jadi teteap murnikan aqidah ya sob, kalo mau gratisan ke tengah samudera kagumi ciptaan Allah ya bisa numpang acara Labuhan laut pantai Sadeng biar gratis.

Kalo mau ngadem pake heppy dan siapa tau bisa jadi Syuhada boleh loh mampir ngeramein masjid Syuhada kota Baru, apalgi yang masih muda-muda silahkan kumpul-kumpul di masjid ya, biar setan kalah dan gak ngegoda kita-kita yang masih muda, yang baca juga muda kok hehe seep Ayo Ke Masjid kita makmurkan.

"Sungguh masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan shalat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih".
 (QS. At-Taubah:108).

Alhamdulillah terima kasih ya Alalh terima kasih Masjid Syuhada Kotabaru, Hijrahku Jadi lebih Baik.
Terima kasih sodara seinspirasi

14 komentar:

  1. Selamat tahun baru HIjriah, ya, Mas. Di tempat saya libur dua hari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah selamat tahun baru mas Lutfi semoga Allah kasih kita ksmptan buat lebih baik dan lebih baik lagi mas hhe,...wah nikmat mas 2 waktu luang bisa lbh khusuk ibadah hehe

      Hapus
  2. Gambar perpustakaannya kok gak ada, pdhl pengen lihat, hehehe.. Selamat tahun baru Islam ya Angki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe biar penasaran mbak eka hehe pizz

      Hapus
    2. Megah ya masjidnya.

      Btw, makasih ya blognya sdh nggak lemot lagi jika discroll ke bawah :)

      Hapus
    3. siap mbak masih terus dalam perbaikan nih hehe ^-^.9

      Hapus
  3. memang mesjid tempat yang teduh untuk menghadap Allah, yang penting dijaga kebersihan dan pedagang yang berjualan di sekitar mesjid juga bisa menjaga kebersihannya, sehingga mesjid selalu tampak bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin bener banget mamah Tira..ini masjid yg sangat nyaman kalo ke Jogja jng lupa mampir masjid Syuhada mah ^-^

      Hapus
  4. mas angky sudah mau nyusul belum... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe belum mas masih dalam angan" dan belajar mencitai yg kasih hidup nie mas hehe pizz

      Hapus
  5. ada perpustakaannya juga? wah keren dong ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya mbak ada mbak bisa dipinajm kok buku"nya hehehe

      Hapus
  6. Tulisan yang sangat bermanfaat buat para musafir yang melewati Jogjakarta yaaa mas Angky….:)
    Smg menjadi amal catatan pahala di yaumul hisabNya, aamiin

    Jazakallah, sudah berpartisipasi di GA Perjalananku dan Masjid

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah terima kasih sekali mbak sudah berbagi rizkinya alhamdulilah ^-^...InsyaAllah mbak, masjid Syuhada emang masih penuh kenangn penuh semangatd an penh sejarah ^-^... Waiyakum mbak

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...