JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Rabu, 29 Oktober 2014

Kejernihan di Dasar Benowo Purworejo

Siang itu begitu memikat jalanan naik turun yang penuh batu terjal menemani pengembaraan saya mencari kitab suci ke barat, dengan naik kuda putih ala film sun gokong saya memulai jalan-jalan saya kali ini, tapi sobat jangan bayangkan tubuh saya penuh bulu layaknya monyet, plus jangan bayangin saya punya bulu dada bisa ditaksir britney spears nanti saya haseehh haha hadeee, ok kembali ke jalan yang diridhoi Allah, maaf ye guyon ala just kidd ^-^.

desa benowo purworejo
Selamat datang di desa benowo

Selamat datang di desa Benowo, sobat semua apakah ada yang tahu dimana letak desa Benowo ini?? di Jogja?? eitt masih salah sob hehe , desa Benowo ini ada di sebelah baratnya Kulonprogo yaitu di kabupaten Purworejo dan sudah masuk provinsi Jawa Tengah. Nah gimana ceritanya saya bisa sampe di desa Benowo ini dan kenapa saya bela-belain main di tengah pedesaan jauh dari keramaian ini sob?? ikut deh yuk lanjut ikuti saya ya sob!


pegunungan menoreh purworejo
Peg. menoreh dari Purworejo

Saat melintas disebuah jalan menuju benowo saya termenung dan berhenti, menatap pemandangan sebelah timur dan seketika takjub dengan bentangan alam menoreh yang menawarkan beragam kecantikan tersembunyi ala pegunungan menoreh, apakah suatu hari nanti saya bisa berada di pucuk batu-batu pegunungan menoreh itu ya layaknya saya di gunung kelir negeri di atas awannya Jogja.

Untuk menuju desa Benowo tidak susah kok sob jika pakai kendaraan pribadi, kalo pakai kendaraan umum emang belum ada dan saya juga kurang begitu tau bakal ada apa enggak hehe, rute yang diambil sama kayak kita akan menuju Grojogan sewu kulonprogo, nanti tinggal tembus aja ke arah Purworejo membelah pegunungan menoreh diantara hutan-hutan pinus sebelum pasar penderm, nah abis tu boleh tanya sobat sama penduduk Purworejo arah ke desa Benowo.

curug kering purworejo
air Terjun yang kering 

Setelah melewati jalan yang berliku, nemu curug yang kering dan kebingungan di sana sini hehe, untunglah saya bersama sobat saya Vinda yang anak purworejo, masih inget kan sobat saya Vinda yang seru-seruan di Embung kleconya Kulonprogo, nah dari doilah jalan-jalan kali ini amanlah meski gak bawa peta.

Nah makanya kenalan sama doi biar tau jalan-jalan daerah Purworejo yang di Kaligesing ya sob, ni facebook doi  Vinda Erlinawati selamat berkawan, kalo ajak saya sumpah saya lupa jalannya hahah hadeehh pizz. Oia saya belum kasih tahu tujuan saya kemana ya sob?? hehe kali ini saya hendak menuju curug Nabag tapi berhubung tersesat di desa Benowo ya sudahlah saya kasih nie curug di desa Benowo, soalnya menurut ibu yang menolong kami banyak tersebar curug-curug belum bernama disekitar Benowo.

Nah berhubung jalurnya agak rempong melewati SMPnya si Vinda juga dan bersyukur deh akhirnya nemu nieh, setelah sebelumnya sempat di buat galau karena hampir tersesat sama kayak waktu ke curug kedung gulo tapi akhirnya ketemu juga desa Benowo, dan sesampainya di sana pas Dzuhur, dan sholat dulu deh.

mushola benowo
nah sholat di mushola ini dulu sob

Pas sholat di sini suasana sejuk sob, meski musholanya sederhana dan gak ada fasilitas mewahnya tapi sholat di tempat terpencil sepi dan tenang kayak gini selalu bikin hati teduh dan nyaman yakin deh, jadi kalo kamu lagi jalan udah waktunya sholat dan nemu tempat sholat buruan sholat yah biar makin adem dan dapat tempat yang asyik seger hehe ^-^.9

wudhu pake batok
tempat wudhu yang gak mewah

Waktu wudhu di mushola ini pun alat wudhunya sangat sederhana, tanpa ada air keran tapi menggunakan semacam kolam penampungan gitu yang airnya jernih dan kita pake batok gitu buat ambil air wudhunya wushh wushh aahh seger maknyeess aseekk hadeehh kapan lagi bisa ngadem pake air pedesaan yang sejuk ginian sob, pedalaman Puworejo emang asik.

Selesai sholat di mushola yang tak bernama tersebut saya pun melanjutkan perjalanan, dengan bantuan seorang ibu baik hati yang rela nganter saya dan sobat saya Vinda buat nunjukkin jalan menuju Air terjun yang hendak kami tuju. Setelah parkir kendaraan di tempat tersebut tanpa pikir panjang langsung dah ibu itu nganter saya, plus saya rada ragu wah ibu ini nanti bayar gak ya udah repot-repot mau nganterin, padahal saya udah nolak dengan halus, tapi ibunya terlalu baik sih jadinya dianterin deh sampe dasar curug aseek.




perjuangan menuju curug nabag
Pemandangannya udah mulai cakep



Ibu yang nganter saya dan Vinda semangat sekali nih, setelah saya tanya macam-mcam sampe saya lupa nama ibu tersebuh hasdeuuhh maaf ya bu alfa penyakit perawan hayehh hehe, ibu itu dengan suka cita bilang gak usah mas gratis dah ibu nganternya " Ibu cuma berharap aja banyak yang kenal sama daerah sini, besok-besok temennya diajakin main mas tempat ibu", pas di tempat si ibu ini pun saya dan vinda dapat rejeki makan dan minum gratis wahh alhamdulillah baik hati sekali warga desa ini ya sob, sampe mau ditawarin makan besar segala tapi saya dan Vinda menolak hehe soalnya udah kebelet liat tuh penampakan Air Terjun.

Pokoknya nyeesss ahhh ketemu si ibu dan keluarganya yang sungguh bikin serr-serr hati selain lolos dari budget yang keluar ternyata ada sebuah nilai yang tinggi dari sekedar materi dan uang yaitu silaturahmi. yup ibu itu cuma minta agar kita main-main ke desanya dan berharap desanya dikenal agar banyak yang silaturahmi kata beliau .

Emang dah warga desa dengan warga kota itu beda banget, didatangi aja udah seneng nih ibu, yah moga aja dasar curug benowo ini makin dikenal dah, gak hanya saya sama Vinda aja, terima kasih bu sudah nganter kami jauh-jauh nih sampe ke ujung bukit, setelah menatap sang bukit dan agak deg deg serr juga apa mau lanjut apa mau enggak?? hehe 

Tapi kata sang ibu yang penting hati-hati aja mas waktu turun di pinggiran jurang, haseehh jurang bu?? what? aduh siap-siap pake lengan yang keker nih buat melipir bahasa jawane di tepian jurang heheh, akhirnya dengan nyali penasaran yang udah pake puncak saya dan vinda turun, ibu masih nemenin kami turun loh, emang keren nih ibu salut, makasih ya bu, meski gak sampai Curugnya tapi terima aksih banyak bu buat makan minum gratis dan nitip kendaraannya.

desa benowo purworejo
Mari kita turun bukit cuy

Pertama waktu mulai turun saya sempat ragu pakah benar di bawah sana ada Air terjun atau curug yang dimaksud? ah sudahlah ada si ibu yang nunjukkin kok hehe ayuk turun terus sapa tau nemu bidadari mandi di bawah curug yuk sob ikuti terus jelajahnya, versi mlipir di pinggiran jurang enggak saya foto yah abis udah kebelet ngewel aja hehe kapan-kapan deh besok kalo saya pake helikopter kesitunya haseeehhh hehe pizz, belum ada soalnya foto arieal Purworejo hehe.

Setelah berjibaku mlipir jurang dan berulang kali meneteskan peluh dan tenaga ahh akhirnya semua terbayar agak lega setelah melihat penampakan Air Terjun yang hendak dituju, kalo gitu kan makin semangat buat turun ke bawah dasar Curug hehe, Surprise pokoknya pas sampe bawah hehe, soalnya kenapa? yuk kita turun sob.


air terjun benowo
Air terjunnya mulai nampak

Air Terjun benowo
ahh kalo ujan pasti lebih deres airnya tuh

Setelah perjuangan panjang dan berliku akhirnya sampai juga saya dan vinda di dasar Benowo, Oia sobat saya Vinda ini emang cewek tangguh dah sudah macam-macam tempat doi datengin loh sob, makanya aman kalo ngajak si Vinda soalnya anti semaput doi kalo suruh manjat gunung turun lembah atau di atas karang semedi semisal di dunia yang hilang.


Meski setelah sampe dasar Perjuangan masih berlanjut, soalnya kami kudu susurin sungai untuk mencapai dasar curug yang saya lihat tadi di atas, ahh jalan lagi yuk biar sehat hehe, kalo yang mau kesini pesan saya siapin bekal yang sip ya sob, bawa air itu penting, di sini gak ada toserba adanya mah air sungai kalo ikhlas minum air sungai ini ya gak papa hehehe..




Kami terhentikan karena jalanan mulai hilang, ini menadnakan curug ini emang jarang dijamah manusia soalnya emang jalan setapaknya hilang, kata si ibu sih emang jarang mas yang ke sini, nah sobat apa ada yang mau ke tempat terpencil kayak gini sendiri berani gak?? heheh hati-hati loh saya saranin bawa temen aja, kalo kamu khilaf sendirian ke sini jangan ditiru yah hehe, soalnya pas turun jurang itu bikin deg deg aseeerr.

Akhirnya setelah melwati aliran sungai nerabas, hutan turun bukit melewati jurang yang licin cielahh hehe, akhirnya dengan bangga sampai juga di dasar Curug Benowo, alhamdulillah, meskipun gak lagi deres aliran sungainya sih, tapi kata ibunya kalo musim hujan deres kok aliran airnya hehe, dan ini oleh-oleh saya, surprisenya itu, Air di sini jernih banget loh sob, ngiler saya liat kejernihan air sungainya 
mantap abis dah ^-^.9 meski gagal dapet Air yang deres tapi gak papa dapat surprise air yang jernih banget...


dasar benowo
taraa mari kita turun euy

angki dan curug benowo
eksis dulu sob ini penampakannya


angki dan kamera
Gagal motret slow spedd hayeehh

Misi untuk mainan foto slow speed gagal sob karena alirannya kagak deres ya sudah lah akhirnya mari kita mainan foto narsis ria haseehh dan inilah angki di dasar benowo, penampakan asli si bidadari curug Benowo hehe pizz, mohon maaf jika mata anda mengalami ketidak beresan apabila melihat makhluk purba jenis yang hilang ini hauyeehh hadeeh.

angki
alam itu syahdu loh

Merasakan gemericik aliran sungainya, kicauan burung, bisikan angin dan belaian manja dauh-daun yang berirama menggoda jiwa untuk syahdu tenang menikmati kedamaian yang disuguhkan Allah lewat alamNya yang luar biasa..aahhh Subhanallah segernya itu loh kalo udah di tengah alam yang asri gini, semua beban terasa ploong heheh enaknya ibadah sambil jalan-jalan gini bisa ngadem asik.

angki dan air terjunnya, gedhe siapa?

Nah ini perbandingan antara saya dan si Air Terjun, sebenernya air terjunnya itu bertingkat sob, jadi masih naik ke atas bukit sana tuh, kalo aja deres pasti bakal nambah keren nih Air terjun tapi ya nikmati aja, kalo musim kemarau gini paling cocok ya mainan air di dasarnya yang jenih,uuhh airnya tuh jernih banget, sungai belakang rumah aja kalah jernih sama kejernihan Curug Benowo ini, kalo aja ada produsen air mineral dalam kemasan sumber Benowo ini bakal dijadiin sasaran tar hehe. pizz Tetep jaga alam ini loh sob biar tetep lestari jangan merusak jangan dihancurkan yah.

Curug benowo
Curug Benowo

air terjun purworejo
jernihnya bikin ngiler

nikmatnya alam
kalo aja deres pasti saya bakal dimanjain nih

curug nabag
Curug benowo

Ahhh segarnya Purworejo amazing dah, gak ada tempat bayar tiket masuknya masih alami, gak ada pengunjung lain, dan serasa milik pribadi ahh nikmat, semoga tetep lesatri sunyi kayak gini yah sob, jangan dirusak jangan dicoret-coret loh yah, bawa pulang fotonya aja yah hehe, kalo yang lain jangan main diambil bukan miliknya soalnya sip, jaga alam jaga lingkungan sob, setelah puas nikmatin kejernihan Curug Benowo Nabag ini akhirnya saya balik lagi naik ke atas bukit hehe aduhh biasa dah kalo ke Air Terjun gini kita kudu naik turun bukit kecuali kalo kamu ke Air terjun yang penuh pelangi.

Semisal di air terjun Sigembor KulonProgo.

Kalo di Sigembor mah kita tinggal menggok dikit, naik dikit, sabar dikit ehh liat pelangi deh di sigembor banyunganti KulonProgo hehe, Tapi asal kamu melangkah karena Allah jalan-jalan kamu bakal terus heppy deh sob mau sendiri, berdua, rame-rame yang penting inget Allah hati bakal heppy dan tenang ^-^.

Alhamdulillah. Perjuangan buat naik ke atas desa Benowo juga lumayan menguras energi loh sob jadi kamu kudu makan dulu yah kalo mau turun ke dasar curug ini, tapi bakal terbayar nikmat kok, dari pemandangannya dari semuanya yang disuguhkan desa Benowo ini mantap abis dah Purworejo dan pegunungan menorehnya mantap.



Alhamdulillah akhirnya misteri curug yang terlihat dari rumah neng Vinda ini terkuak sudah, kata doi dari atas bukit Benowo ini dia bisa melihat rumahnya yang ada didaerah kaligesing, uhh mosok sih hehe?? tapi terima kasih neng Vinda penguasa Purworejo yang juga sudah minat buat tersesat di kedung Gulo belakang SMP doi dan selalu sukses nganter saya ke surganya Purworejo ^-^.9 paporit saya dah penduduk Purworejo ini.

Menembus belantara Kedung Gulo Purworejo

Alhamdulillah ya Rabb akhirnya dapet rejeki lagi deh, setelah pamitan dengan ibu yang mengantar kami dan berharap kami bisa bawa temen juga buat main ke desanya, ya bu semoga bisa banyak yang kenal desa Benowo dan alamnya yang luar biasa, Purworejo emang mantep, saya pun dapat gratisan makan Bakso deh hehe alhamdulillah ^-^.9 ini bakso mode on asli Kali Gesing Purworejo deket rumahnya Vinda, apa ada yang temennya Vinda? kalo mau jelajah Purworejo kontak doi aja pasti bakal nemu yang gak terduga di Purworejo.

bakso kaligesing
Bakso Purworejo

kali gesing purworejo
minuman favorit saya nih

Alhamdulillah  yuk terus bersyukur biar dikasih nikmat yang halal melimpah ruah alhamdulillah ^-^ jalan-jalan murah meriah bikin heppy kapan lagi gratisan jalan-jalan gini hehe terima kasih sobat vinda dan Ibu yang di desa Benowo semoga kapan-kapan bisa mampir ke desa Benowo lagi bawa pasukan, ayo apa ada yang mau ke Benowo??? saya saranin pas musim hujan lebih asik loh sob, dan terima kasih buat mas Wijna buat info Air terjun ini yuk mampir ke tempat mas Wijna yang mantap abis.

Pesan Ibu yang ngantar kami itu selalu terngiang dalam hati, semoga Aja Purworejo makin dikenal dan ramai dah, thanks mas Wijna udah jalan mantap ke curug ini yang akhirnya saya tau dari mas Wijna ini adalah curug yang tak bernama hehe, tapi emang jernih kok dasar dari Purworejo ini dan masih banyak yang tersembunyi loh.

Nah sobat yang mau tau objek-objek seru yang lain dah ceritanya lebih menggugah mampir ke blognya mas Wijna yah mantep wis, Ikutin blusukannya Mas Wijna di Mawblusuk gih, ini jalan-jalan beda yang super keren ^-^ cek gih.

18 komentar:

  1. wudhunya ngambil dari kolam pake batok..wow..airnya pasti menyegarkan....., siapa tahu habis wudhu muka cerah ceria.. bikin britney spears klepak-klepek....,
    its amazing journey...fotonya juga keren,,,,,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah wah pak Hariyanto ini bisa aja hehehe... britney spearsnya bidadari surga pak kalo itu hehe,..alhamdulillah pak trima aksih sgla puji hanya bagi Allah...alamnya Allah emng keren sangat...smga saya bisa sampe negeri makassar pak amiin salamd ari jogja pak hariyanto ^-^

      Hapus
    2. kalo ke makassar kabar-kabari ya :-)

      Hapus
    3. Wah InsyaAllah pak har semoga saya bisa injak tanah Celebes suatu hari nanti InsyaAllah pak siap

      Hapus
  2. Ckckck... perjuanganmu boleh juga Ngki, apalagi dirimu ngejak cewek nerabas hutan dan jurang. Tapi kenapa kamu itu selalu datang di saat yang tidak tepat? Hahaha. Datangnya mbok ya di musim hujan. Bulan Januari - Maret gitu kan airnya relatif banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw nah itu mas masalahnya hadeuuhh musim ujan lama mas gak hujan" ditunggunya hadeuuhh T.T wah siap mas bulan januari sampe maret siap explore ke air terjun lagi dah heheh, nah itu mas soalnya cuma doi aja kwn sy yg tau jalan" di purworejo, moga kapan" bisa jalan bareng ams Wijna lagi dah mantap mas mksih mas sudah mampir

      Hapus
  3. pengen jalan2 juga,,,ah potonya mas angki mesti bikin orang kepengen,,apalagi ada baksonya,,itu mah aku banget,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak dwi ajak saya yah kalo jalan-jalan ke surabaya heheh pizz... wah itu alamnya Allah emng mantep banget mbak ^-^

      Hapus
  4. itu ada foto mas angky merem-merem, ngapain yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe menikmati alam mas Adi pizz hehe

      Hapus
  5. Pemandangannya keren, Mas Angki, seperti lukisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya nie ams alamNya Allah emng keren sangat mas lutfi mantap dah

      Hapus
  6. air curug Benowonya bening sekali ya

    tempatnya keren, msh banyak ijo ijo di mana mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee iya nie mbak betul" ipin upin style hehe

      Hapus
  7. jalan-jalan terus ya mas Angki, itu foto yang bisa lihat pemandangan luas dari atas itu asik sekali, kayaknya kalau berdiri di sana rasanya makin kagum dengan ciptaan Allah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ni mah dikasih nikmat terus... wah iya mah Subhanllahd ah alamnya Allah emang yahuddd mantap

      Hapus
  8. sebagai warga asli purworejo, aku malah durung pernah kesitu.. hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe wah sibuk di lombok terus ya mas hehe pizz....

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...