JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Minggu, 24 Agustus 2014

Gumuk Pasir Belajar Sai'

Teringat sebuah kisah ibunda Ismail yaitu siti hajar yang harus berlari dari dua buah bukit yaitu shofa dan marwah, untuk berjuang mencarikan air bagi Ismail kecil yang haus akan dahaga, kesan ini akan sobat semua tangkap dan melekat saat hari raya Qurban hadir, di mana kisah Ismail dan Ibundanya tentu akan ikut terceritakan selain kisah utama Nabi Ibrahim yang hendak menyembelih Ismail. Dan kali ini sobat semua saya ajak mengunjungi salah satu keajaiban alam yang di miliki Jogja yang emang Istimewa bener kan istimewa?

Gumuk Pasir
ada yang tahu ini di mana??

Sore itu saya menjejakkan kaki di atas pasir yang punya view lansekap yang menawan, sebuah pemandangan beraroma timur tengah tersaji romantis dalam balutan senja yang mendung tapi menawan, cantik bagaikan sang puteri aladin yang dijaga oleh sang jin.

gumuk
ahh ini gumuk pasir

Gumuk pasir ini merupakan satu-satunya katanya loh bukan kata saya tapi hehe, gumuk yang ada di asia tenggara dan satu-satunya di asia tenggara itu cuma ada di Jogja, iddiihh sadis kan sobat semua, emang dah Jogja sadis semua adah hehe pizz, eh satu dink yang gak ada...kamu niee kamu yang gak ada yang lagi baca, kamu gak ada samping haseeehh amit" ketularan virus mas cumiy lebay lagi nieehh haseehh kembali ke jalan yang benar.

Jadi bro dan sob semua yang sist juga gumuk pasir ini salah satu dari dua di dunia fenomena daerah pesisir yang ada dan satu lagi ada di meksiko nah loh tambah sadis kan hayeeh, mantep kan sob. Nah balik lagi ke leptop, kala ku injakkan kakiku di gumuk pasir ini ku mulai berlari kecil, kubayangkan diriku sai' seakan Siti Hajar istri Nabi Ibrahim yang ditinggalkan di tengah padang pasir sebagai wujud ujian keimanan bagi Hajar dan Ibrahim yang diperintah Tuhannya.

Ketika itu Siti hajar kehabisan Perbekalan dan meninggalkan Ismail kecil yang menangis menahan dahaga, karena kasih seorang ibu hajar pun berjuang untuk mendapatkan air. Dan dengan seizin Allah setelah perjuangan Siti Hajar yang mempesona tersebut beliau berdoa kepada Allah meminta dan memohon kepada Allah agar diberikan pertolongan setalah beliau tak mampu lagi mencari air, dan akhirnya sekarang kita tahu adanya air zam-zam yang tak pernah habis itu berasal dari jejak kaki Nabi Ismail yang menjejakkan kakiknya ke tanah, dan doa Siti Hajar terkabulkan lewat Nabi Ismail yang tak berhenti ber ucap zam-zam yang artinya banyak berlimpah ruah. Mungkin air terjun Sigembor kalo musim hujan juga bisa melimpah ruah aamiin.

gumuk pasir
Gumuk pasir Jogja

Nah sobat pernah gak bayangin saya lari-lari kecil di atas gumuk tersebut? atau sobat ada yang mau coba?? bayangain aja di gurun pasir yang malah lebih luas Siti Hajar yang teguh terus berlari sungguh karunia Allah yang luar biasa menghadirkan zam-zam di tengah gurun mekkah yang sekarang berbondong-bondong umat muslim menuju Baitullah mekkah utnuk berhaji dan zam-zam tak pernah surut dan habis dari generasi terdahulu hingga kini, jadi maka nikmat tuhan yang kamu dustakan??

Lari-lari kecil itu saya lakukan pas sudah senja jadi enak sob, coba bayangin kalo pas saat siti Hajar yang panas-panasan wahh bapak mana yang tahan kepanasan Subhanallah dah perjungan ibunda Siti Hajar saya saluut top dah, bersyukur yang sekarang sai'nya sudah dimudahkan. Jadi sapa yang gak mau Haji?? ayo ber Haji...

Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitulloh atau berumroh, maka tiada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui." 
(Q.S. Al-Baqarah:158)

Nah buat sobat yang mau ke gumuk pasir ini dan cobain lari-lari atau mau foto-foto bisa dah tinggal arahin jalur kamu menuju arah Pantai parangtritis kayak saya bikin pelangi di atas Parangtritis nah tar ambil jalan tembusan ke arah barat ke arah pantai Depok, di sini juga sering dipake buat latihan ibadah Haji juga loh sob plus sholat ied juga ada di Gumuk atau padang pasir ini.

Selain itu di gumuk ini juga biasa buat dipake Foto session kadang angkislandphotography juga makek ni tempat, macam-macam ada yang di pake buat profil Band, Pre Wedd, pokoknya tenar banget dah nie gumuk, sampe bisa di pake San boarding juga josh dah pokoknya hehe, pikinik keluarga juga seru luas banget nih soalnya lautan pasir ditengah daratan.

gumuk pasir
Gumuk yang menebal

Gak usah cemas sob di tempat ini sudah ada tempat parkir nyaman dan juga ada kios-kios yang menyediakan kamar mandi dan juga makanan kalo aja sobat mau jajan, kalo dompet mepet ya tinggal kunci dan pastikan kendaraan kamu aman aja yah sob.

gumuk
yang jaga kendaraan kamu ntar, kucing gumuk

kucing
serem apa manis??

Oke selamat berburu Gumuk Pasir dan belajar Sai, kali aja ada sobat yang mau latihan lari-lari di sini, meski di arab udah dibuat jalan yang mewah dan bagus dan gak kayak dulu pas jaman siti hajar, tapi boleh loh maen ke gumuk dan cobain sensasi padang pasirnya Jogja ^-^ selamat berlibur dan selamat Beribadah Haji ya sob ajak-ajak syaa boleh loh ^-^.9


14 komentar:

  1. Balasan
    1. hehe serem apa manis mas?? hehe

      Hapus
    2. hehe moga gak takutt y mas hehe thx mas Adi sdh mampir ^-^

      Hapus
  2. Gumuk pasirnya keren. Jadi pengin guling-guling di sana, he-he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew Yaman gak kalah keren kan mas gurunnya hehe bawain jogja ya mas lutfi hehehe

      Hapus
    2. Iya. Di sini pasirnya berwarna kuning kecokelatan.

      Hapus
    3. wah penasaran saya liat asliny hehe

      Hapus
  3. bener2 seperti padang pasir yaa...
    tadi sempat bingung dengan istilah gumuk, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe maaf y bu...hehe iya nih gumuk itu semacam fenomena langka di suatu pesisir bu Ninik ^-^

      Hapus
  4. kucingnya menggemaskan,,aku suka kucing,,suka sekali,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makanya punya blog khusus abaout kucing hehe kalo dah beranak bagi" ya mbak hehe

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...