JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Senin, 29 September 2014

Watu Blencong Si Penyangga Gunung

Watu Blencong, sobat semua apa ada yang pernah kesasar di daerah Sokomoyo, Jatimulyo KulonProgo masih di jogja yang istimewa pake banget? Kalo ada yang pernah pasti tau donk Gunung kelir negeri diatas awannya Jogja, nah kali ini saya gak lewatin kesempatan buat nyamperin nih si Bencong eehh salah Blencong, kalo bencong mahh tar eikee di kejar trantibb hadeeehh.

Watu Blencong KulonProgo
Watu Blencong Penyangga Gunung

Tak begitu jauh dari kawasan Air terjun yang sempat menggegerkan hatiku karena penuh pesona nan cantik plus dikasih bonus pelangi lagi yaitu di air Terjun Sigembor, ada sebuah tujuan wisata lagi yang perlu kita sambangi dan konon tempat ini ni si Watu Blencong diyakini sakral...hemmm yuk kita cari tau kenapa bisa sakra!l...sakral itu kan kaki ayam to..wew hadehh itu mah cekar sob hehe....

papan petunjk watublencong
Nah ini papan petunjuk Watu Blencong

Tak begitu jauh dari Sigembor di sebuah tikungan jalan, sobat semua akan mendapati sebuah papan petunjuk arah yang mudah banget dilihat karena besar, tidak seperti Sigembor yang kita musti was-was buat menemukan papannya, kalo Watu Blencong ini kamu tinggal aja lihat ada tanda yaitu sebuah warung makan, pas ditikungan jalan, maka kamu bakal melihat tuh papan, yah gampang dilihat dan dicari kayak Embung Kleco kulonprogo.

Waktu saya dan kawan-kawan melewati tempat ini belum ada gambaran Watu Blencong tu kayak apa, tapi karena penasaran dan akhirnya bingung juga, mau berhenti atau tidak, akhirnya saya berhenti dan mencoba nge cek, ehh temen-temen malah ikutan naik ya sudah akhirnya kita explore deh si Watu Blencong.


batu
Cuma liat ada batu

batu blencong
nah tambah naik cuma nemu batu

Sewaktu naik saya sempat bingung ini kok cuma batu semua yah hehe, tapi bener juga sih kalo namanya Watu Blencong, kan Watu=batu. Tapi saya penasaran sama Blencong kenapa bisa dinamakan Blencong yah?? apa di atas sana ada bencong?? haseeeh pizz. Saya kemudian makin naik dan makin nanjak untuk melihat penampakan si Watu Blencong. Padahal sebelumnya saya sempat mau turun tapi sobat saya Vinda malah menemukan sesuatu di atas sana yaitu si Blencong ya alhasil naik lagi deh hehe tak apalah olahraga.


Blencong watu
Nah mungkin itu temennya Blencong

puncak Watu Blencong
Makin naik makin tinggi euyy

Nah sobat semua ternyata nih Si Watu Blencong ini merupakan salah satu kawasan yang dipercaya sebagai tempat penyangga dari keberadaan pegunungan di daerah ini, konon nih waktu gempa Jogja 2006, meski gempanya begitu dahsyat namun watu Blencong ini tetap berdiri kokoh, ada apakah di balik itu semua??

Watu Blencong Kulonprogo yes
Nah itu dia Si Watu Blencong

Setelah saya perhatikan ternyata bentuknya si Watu Blencong ini, saya jadi tahu kenapa bisa dinamakan Blencong, coba deh perhatikan pernah liat Blencong yang dipake kalo lagi ada pagelaran wayang kulit?? pernah liat wayang belum??xixixi hehe itu tu wayang kulit yang ada kayak lampu di atas yang berpendar, dan dinamakan Blencong nah fungsinya tu di belakang geber atau layarnya kita bisa liat pantulan bayangan si wayang karena cahaya dari si blencong. Bentuk si Watu Blencong ini mirip kan sama Blencong?? kayak Grojogan Sewunya Jogja yang miriplah sama yang di Solo mirip nama hehe.

Watu Blencong rock
apa ada yang aneh??

Nah menurut sejarah dan cerita penduduk sekitar tempat ini nih sob, jadi Watu ini dulunya adalah salah satu bagian pagelaran wayang yang berupa Blencong alat penerangannya tadi, nah ketika itu ada pertempuran dalam satu bagiannya antara bandung Bondowoso melawan Prabu Boko, nah akibat pertempuran itu seluruh alat wayang berserakan dan menjadi batu termasuk Blencong, dan juga kain kelirnya, yang kemudian dinamakan gunung/tebing kelir dekat daerah situ, teringat saat ke Air Terjun Mbang Soka saya melihat sebuah dinding tebing yang kayak kain kelir dalam wayang.


Lubang Watu Blencong
lubang di batu

Dan makin bikin heboh saya nih sobat nie Watu Blencong spesial batu dah jadi bentuknya itu ada dua buah batu yang tumpang tindih, saya heran juga kenapa bisa dan siapa orang yang ngangkat nie batu ke sini dan jadiin satu gini ya dan pas gempa Jogja kok enggak runtuh gitu???.

Katanya juga nih sob kalo ada angin yang berhembus kenceng batu ini bisa goyang-goyang kayak penyanyi dangdut lho dan enggak jatuh coba deh bayanginn...haseehh jangan bayangin inul ngeborr tapii hayeee hatawa entis alatas di rumput Wlingi loh yah.


dua lapisan Batu

Meskipun di sini saya juga menemukan kayak ada alat semedi juga, hehe mungkin kalo malem-malam ada yang semedi di sini hehe, tapi ya itu sobat jangan asal percaya yah hehe itu semua kan mitos masyarakat hehe, kalo saya mah Just Fun ini hiburan jadi jangan serius-serius loh kalo sama saya, and jauhi kesirikan dan kemusrikan ya sob, karena alam raya ini yang ciptain Allah jadi di balik Watu Blencong yang aneh ini ada kekuasaan Allah kalo kita mau belajar loh ya, semoga hikmah dan pelajaran dapat kita ambil dan petik.

Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" Lalu jadilah ia.” 
QS. Al-Baqarah: 117

Nah balik lagi ya sob kemurnian aqidah itu penting jadi kalo kamu jalan-jalan and liburan harus selalu hadirkan Allah ditiap hela nafas dan langkah ya, biar meresap makna dari perjalanan kamu dan gak sekedar heppy aja loh ^-^.9

Watu
Watu Blencong dengan kegagahannya

Watu Blencong West Prog kulonprogo
ada dua buah batu yang saling bertumpuk

Watu Blencong Indonesia
Watu Blencong yang gak ada bencongnya

Watu blencong
Mari kita turunn hehe

Setelah menjelajahi kawasan Watu Blencong disiang hari yang panas terik siang bolong sama kayak watunya makanya jadi bolong hehe akhirnya kami pun turun gunung. Alhamdulillah, seusai turun gunung langsung dah ditraktir pak Sponshor pas di bawah kaki Watu Blencong di jalan yang ada tikungannya itu ada warung makan jadilah kami makan makanan sederhana ala Watu Blencong Kulonprogo.

nah pake sayur ampela gurihh

sambil makan rambak krupuk

kalo ini menu saya telur and es teh

Nah ini mas Ramli
Sponshor kita yang keren abis ^-^.9

Alhamdulillah penjelajahan kelar, terima kasih mas Ramli sponsor keren kita, dan neng Vinda yang selalu asik jadi partner jalan-jalan ketemu lagi di jalan-jalan selanjutnya cek video edisi Air Terjun Sigembor boleh juga loh sob hehe ^-^.9 thx, terus hadirkan Allah ditiap langkah perjalanan.


23 komentar:

  1. tak pikir bencong,,,eh dadakno blencong,,,,wkwkwkwk,,,,aku mau makanannya yang itu tuh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk saya juga mikirnya Bencong terus e mbak hehe pizz

      Hapus
    2. hahahha aku juga sempat mikir serupa namanya

      Hapus
  2. Dijadiin buku dunk Angki ... tulisan wisatanya dah banyak kan .... tempatnya unik-unik lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waa saya pengen mbak tapi gak tau caranya hehe, mohon bimbingannya mbak astri dah ya ya ya hehe

      Hapus
  3. Bintang mau ga ya kalo diajak ke tempat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe nunggu agak gedhe aja mas Adi hehe tapi kalo mau ke kulonprogo daerah sokomoyo perlu deh diamprin ni tempat hehe

      Hapus
  4. keren ya watunya ... btw, sdh lama nggak makan krupuk rambak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya tuh mbak hehe, wah kayaknya perlua makan tuh mbak di Jerman ada juga gak y mbak??

      Hapus
  5. bisa buat bertapa yah? hihi
    foto-fotonyaa kereeeeen mas angki (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah alhamdulillah mksih bnyak raniiyy hehe raniyy juga euy, emm ada sesajinya di stu raniy gak ams nampakin takut ada yg ikut bertapa juga tar hehe

      Hapus
  6. nah iki 2 kali lewat tapi belum tertarik buat naik keatas. soalnya tenanga udah ke kuras.hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe besok makan dulu mbak biar gak terkuras hehe pizz ajakin sy makan yah heheh

      Hapus
    2. hahaha...diet mas diet. say sudah dibilang gendut -.-"

      Hapus
    3. sabar y mbak gendut sebagian dari iman kok heheh....smngt diet mbak Risna hayeehh hehe

      Hapus
  7. wah enaknya ya begini kalau sudah punya kamera DSLR. Bisa backpackeran keliling Indonesia dan jeprat jepret sepuasnya. Bikin video juga lebih keren. Wah memang luarnya biasa mas :D
    Lanjutkan terus dengan trip trip keren lainnya.
    mastahta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin InsyaAllah mas trima kasih bnyk mas, ini nikmatnya Allah mas..... kalo sudah siap pasti bakal Allah kaish yg Alalh butuhin mas keep semngat mas.. keep blogging dan tetap nulis mas mantap dah mas tahta.com

      Hapus
  8. mas Angki memang top ya, dari tempat yang sederhana, ceriat sederhana tapi hasil fotonya menakjubkan, membuat orang ingin kesana loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mah,...wah mksih bnyak mah masih terus belajar nih mah mengagumi ciptaan Allah yg emng maha luar biasa...mamah tira juga nih sllau kasih semangat yg keren" euy ^-^.9 puisinya mantap"

      Hapus
  9. Tadi sekilas juga baca judulnya bencong..hahaaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha hati" mas tar disenggol bencong lho hehe pizz

      Hapus
  10. Menarikk nih.... Yogya itu punya wisata alam yang nggak pernah abis deh hehehe...
    Jadi kangen eksplore pantai-pantai baru di Gunung Kidul lagi... Ajakin saya donk ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener banget mas kalo rajin cari yang murah meriah pasti nemu aja dah hehe ^-^ wah saya juga donk mas diajakin ngilang kayak bocah ilang hehe ^-^

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...