JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Minggu, 06 Juli 2014

Asyiknya NgeBlog jadi Blogger Flamboyan

Sebelum nulis saya sempat ragu, tapi kemudian saya bulatkan tekad buat ibadah bismillah. Keraguan saya terjadi kenapa?? karena eh karena saya bakal bahas sebuah buku miliknya Pakde Abdul Cholik, salah satu Blogger senior di Indonesia. Saya sempat menciut sempat mikir macam-macam, waduh kalo hasil karya saya nie gak bagus bisa ditembak ditempat saya, aampuunn hehe, maklum lah Pakde Cholik kan mantan TNI nah lo... hehe abis tar saya kalo doi gak tresno sama karya saya ini.

Blogger Flamboyan sixmidad
edisi Blogger Flamboyan di atas sajadah^-^

Nah buku Pakde yang baru aja rilis ini sob tepatnya bulan Juli 2014 ini, punya judul yang beken kan? Blogger Flamboyan, hem dalam benak sobat semua pasti mikir kan apa sih Flamboyan itu?? atau barangkali apa sih Blogger itu?? Nah lo itu juga yang saya rasakan saat saya nerima hadiah buku ini. Maklum saya dapat buku ini gratis loh sob, alhamdulillah maka nikmat Allah yang mana yang kamu dustakan?? hehe, gara-gara foto saya masuk 3 besar kontesnya Pak Nher The OrdinaryContest tentang foto-foto selama ramadhan, dan foto saya tentang masjid miniatur Baiturrahman Aceh yang ada di jogja masuk, dan kemarin saya dapat kiriman nih buku sama tas, makasih om Nher.

Dari buku nya pakde Abdul Cholik inilah saya dapat banyak sekali ilmu dan pelajaran, mulai dari blogger itu apa? lalu kenapa kok Flamboyan, nah dari hasil petikan saya yang saya pangkas sekilas jadi Pakde Cholik ngambil Flamboyan di sini diambil dari nama bunga Flamboyan dan juga dari flamboyan menurut bahasa yang artinya  gemerlapan, tapi di sini kita gak disuruh jadi bloger yang kudu pake perhiasan parlente kemana-mana kok sob hehe pizz.

Tapi di sini kita bakal dapat tips dan kiat menjadi seorang blogger yang bermoral dan juga bermutu, cap jempol buat Pakde. mantep dah saya banyak belajar makanya saya malah bingung mau cerita apa nih hehe, saking banyaknya ilmu dari Buku ini, jadi kamu kudu baca sendiri dah biar semangat, nah makanya buruan beli gih hehe.

Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Sixmidad Bogor ini punya 90 halaman resmi, yang gak resmi mungkin gak lolos karena masih lari-lari dikejar trantib, haseeh hehe. Punya 7 bab yang semuanya asik banget buat diikutin mulai dari, bagian pertama sampe ketujuh semuanya unik, sebut saja salah satunya di bagian ketiga blog bukan kuburan atau pasar malam, nah lo unik kan? hehe saya kemudian tersentil aduuhh jangan-jangan blog saya kayak kapal pecah lagi hadeehh hehe.

Lalu ada juga di bagian ke enamnya yaitu Jangan terpaksa apalagi tersiksa, nah ni bagian yang paling saya  suka, dari bagian ini saya bisa menemukan keasikan Ngeblog, tau sendiri kan saya masih tahan ngeblog sampe hari ini?? apa ada yang ngikutin blog saya cek deh tiap hari kan posting haseeeehh, jangan salahkan saya yah kalo tiap hari saya posting salahkan sama pakde yah sudah kasih kompor hehe peace.

Setelah saya baca hampir dua kali nie buku, saya mendapatkan poin penting dan berharga menurut saya yang pertama yaitu Ngeblog itu sebagai ibadah wah ini saya banget loh Pakde coba deh cek about me. Kemudian kalimat pamungkas imam Ghazali dalam bukunya Pakde ini juga membuat semakin kuat diri saya untuk terus menulis dan berkarya, pasti sobat blogger semua udah tau kan kata-kata pamungkas tersebut yaitu  “Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis”. 

Uhh kalimat sang Imam abad pertengahan ini bagai cambuk buat saya untuk gak berhenti menulis meskipun kerjaan saya sebagai seorang penangkap Cahaya ( tukang moto ), yang punya motto biar foto yang bicara, tapi ternyata foto pun harus kita urai agar kata-kata sempurna berpadu menjadi sebuah cerita yang melegenda dan bakal diingat oleh anak dan cucu haseeeh hehehe, tapi tetep foto save ur moment lho jadi abadikan moment anda bersama saya hasehh malah promo angkislandphotography yang komesil banget marketingnya dimana-mana hahaseeh pizz. 

Dari bukunya Pakde ini juga saya ambil sebuah kalimat yang kuat banget tertancap dalam hati saya, jangan pernah berhenti menulis walau hanya dua baris sehari, uhh nonjok saya abis, bahkan saat saya lagi nulis nie tulisan, saya sudah mau berangkat buat hunting foto ke daerah Kulonprogo, tapi berhubung saya pengen selesaikan nie tulisan maka saya redam dulu hasrat saya hunting hehe, tau dah kalo udah asik nulis itu kadang lupa waktu tapi tetep jangan sampai lupakan Allah di tiap baca dan hela nafas ya Sob, jalan-jalan huntingnya besok lagi hehe, apa ada yang mau ikut? kudu nulis dulu tapi hehe...

Poin penting yang saya ambil lagi dari buku Pakde ini yaitu, sebenernya yang dibutuhkan seorang blogger bukanlah kekuatan namun Endurance atau ketahanan, bener banget sob yang poin ini saya sangat sangat setuju sama Pakde, di mana ketahanan dan kesabaran ini kita perlukan. coba aja bayangkan yah gimana mungkin kalo aja sehari-hari kita jalan-jalan terus semisal ke objek aneh Watu Blencong si penyangga gunung, sampe rumah kan capek to padahal hari itu kita belum posting nah dari situlah ketahanan itu diperlukan, kembali lagi ke niat kalo dilandasi karena ibadah, berbagi ilmu yang bermanfaat kayaknya meskipun saya jalan jauh sampe mekkah aamin doain ya sob mimpi saya terwujud, tapi karena kamu udah tulus ikhlas karena Allah maka semua akan ringan.

Manfaat banget kok dari Ngeblog kita bisa lakukan banyak hal loh sob dan tentunya manfaat abis

1. Kamu amalin Al-Qur'an = Al-alaq ayat 1, " Bacalah karena dengan baca kamu bakal jadi keren"
2. Dapat duitt nah ini yang bikin betah ngeblog mulai dapat Job nulis di surat kabar, nulis Review Buku kayak bukunya pak Abdul Cholik gini, nulis tentang tempat makan semacam Milksahe milkbar, dan masih banyak jalan menuju Roma, kayak bikinin blog temen yang belum bisa nge-blog itu juga bisa  jadi duitt hehe pizz, atau kamu memang lomba blog dan juga GA lumayan loh.
3. Usaha kamu bakal laris manis kebanjiran orderan sampe nolak-nolak semisal angkislandphotography
4.  Kamu bisa bikin branding sendiri apapun itu kayak saya punya usaha Kaos warna Putih White Caos
5. Dapat jalan-jalan gratis karena diajak jalan, atawa buka di domisili kamu tinggal kayak saya buka JOW ( jogjaojekwisata ), ada yang pernah order Golden package saya loh gila padahal mahal hehe, maklum JOW agak ekluxif dibanding Ojek biasa hehe Golden Package disabet Aji.
6. Jualan Stock Photo, nah buat temen-temen fotografer kayak saya, bingung mau jual foto, nah lewat nge blog bisa jadi ajang kamu Show dan juga promo sapa tau ada temen blogger yang butuh foto-foto kamu, misal adayang suka foto kamu dan kamu diminta pigurakan kirim-kirim kan manis boleh loh cek stockphoto saya hehe.
7. Nambah temen nambah sodara itu yang pasti.
8. Nemu orang-orang keren waahh bisa banget loh
9. Bikin sehat dan pintar wah itu pasti
10. Banyak euuyy rasain aja, kalo saya ya dapat kenyamanan beribadah, karena ngeblog sudah saya jadikan Ibadah. alhamdulillah...waaahh masih banyak lagi deh manfaatnya.

Saya jadi teringat 3 amalan yang gak terputus yaitu amal jariyah ( nah ni saya dalam tahap perjuangan ), anak yang sholeh ( istri aja belum punya gimana punya anak sholeh, kecuali saya dah punya amal jariyah kan tar bisa asuh anak asuh aamin dah semoga ), nah yang ketiga ini yang selalu semangat saya usahakan, Ilmu yang bermanfaat, yah semoga dengan hadirnya Angkisland.com nie banyak hikmah ilmu dan pelajaran yang baik dari temen-temen yang sempat mampir aamiin dan semoga saya juga sukses bikin buku saya aamiin emang ada yang mau baca?? hehe peacee....

Nah akhir kata marilah kita tutup UUD 45 ini haseehh hehe, maaf maaf mulai error, kembali ke jalan yang benar. Intinya sob Nge Blog itu asik lho, buku pak abdul Cholik ni bisa buat kamu tahan lama nge Blog, cobain deh, makanya buruan beli, kalo mau pinjem ke saya kita barter dulu hehe, maklum kalo ada yang pinjem kadang ada yang gak balik hehe, hayo" edisi nagih utang time haha pizz just kidd, yah semoga Allah kasih kita rizki yang melimpah dah jadi bisa nyaman ibadah aamin aamiin.

Harapan terakhir saya berharap abis nulis ini kan pakde Abdul Cholik tinggal di Surabaya, nah tar kalo saya sempat mampir ke tempat Pakde di surabaya kan saya bisa dapat tanda tangannya kayak buku saya yang di tanda tanganin mas Barry Kusuma 15 destinasi wisata terbaik di Indonesia, aamin aamin moga bisa menjejakkan kaki sampai Surabaya aamiin.

Plus semoga bisa silaturahmi sama Pakde juga di Surabaya, secara kan saya juga lagi ikutan GAnya mbak Lavendar art musibah membawa berkah. Nah sapa tau kan tar pas silaturahmi dapat gratisan buku hajinya pakde itu kan saya nambah senang haha haseeh apalagi dikirimin gratis sampe Jogja waa tambah seneng, dasar anak muda suka yang gratis-gratis kedipin mata aja dah pizz.

Akhir kata dari saya buku ini bagus banget sob, cocok buat yang dirinya blogger, ngaku blogger, baru mau jadi blogger, bukan blogger, atau pengen jadi blogger, fotografer siapa aja dah yang ngaku kamu suka baca dan mau berbagi ilmu dan yang baca nie postingan sampe habis pasti sreg dah sama nie Buku keren, jadi buruan beli ya Sob, gak rugi deh.

Cara belinya bisa mampir ke penerbitnya sixmidad

Nah selamat membaca dan jadi Blogger yang Flamboyan Istimewa yah mantap wis Nge Blog iku Asyik. Selamat NgeBlog dan bahagialah, tetap hadirkan Allah ditiap langkah kamu ya sob ^-^.9

12 komentar:

  1. "menulislah, maka kamu ada"
    Kata-kata Zainal Arifin Thoha, seorang penulis yang sudah tiada.
    ayo menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener nih setuju mas Cupuwatu keren mksih inspirasinya lagih hehe

      Hapus
  2. Tetap semangat, menulislah kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak ams Adi yang juga penuh semangat salam buat dek Bintang selalu mas

      Hapus
  3. Manfaat menulis memang banyak banget Mas. Termasuk menulis artikel di blog. Kita bisa berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang lain. Jika dilakukan dengan ikhlas dan dengan niat untuk ibadah Insya Allah barokah, tetap on the right track dan akan mendapat ganjaran dari Allah Swt.

    Dari ngeblog saya juga sering dapat rezeki berupa, uang HP, Tab, pakaian, buku, dan lain sebagainya. Beberapa buku yang saya terbitkan juga saya ambil dari artikel blog.
    Selain itu, dengan menulis secara rutin maka kita akan menemukan sendiri lagak dan gaya kita dalam menulis.

    Dalam pelajaran taktik umum ada sebuah asas berbunyi :"Gerakan pasukan penyerang tidak boleh berhenti." Ini adalah untuk memelihara momentum serangan guna menghancurkan musuh dan merebut sasaran. Demikian juga dengan menulis. Jangan berhenti menulis agar momentum menulis tetap terjaga.

    Yuk terus menulis dengan tetap meluruskan niat : menulis sebagai ibadah.

    Terima kasih ulasannya yang jujur dan mantab.

    Salam hangat dari Surabaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah didatangi penulisnya langsung terima kaish banyak ilmunya pakde Cholik wah sampe hampir satu paragraf nie komentarnya alhamdulillah terima kasih banyak pakde...sangat manfaat sekali semoga bisa saya amalkan dan bisa segera minta tanda tangannya nanti sampe di surabaya aamiin ^_^.9, mksih banyak pakde Cholik

      Hapus
  4. Belum bisa posting tiap hari euy, tapi insya Allah postingan yg dibuat lillahi ta'alla.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mas Arieff semua karena Allah ^-^...

      Hapus
  5. Menarik bukunya, dan setuju dengan Pakde, yg paling penting dari ngeblog tuh adalah bagaimana kita bisa menikmati kegiatan ngeblog itu sendiri. Banyak yg ngeblog hanya demi ingin tenar dan ngartis, makanya akhirnya ide nulisnya mentok dan akhirnya copas karya orang deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sih mas menikmati proses itu sendiri hhee yang kalo dah nemu ritmenya itu asyik hehe ^-^

      Hapus
  6. Balasan
    1. wah iya nie mbak bukunya pakde cholik hehe

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...