JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Sabtu, 26 Juli 2014

Malam Takbiran di Bantul Yogyakarta

Menjelang ramadhan seperti sekarang ini suasana semarak dan riuh diberbagai pedukuhan dan desa yang berada di kabupaten bantul akan terlihat. Kadang ketika kita melintas di masjid-masjid ataupun di titik keramain yang berada di Bantul, Yogyakarta, akan kita temui muda-mudi yang sedang asyik dan bersemangat untuk berlatih takbir.

Ini tidak lain dikarenakan setiap tahun kabupaten Bantul yang terkenal sebagai kabupaten paling selatan Yogyakarta ini selalu mengadakan festival takbir keliling yang diadakan di seluruh wilayah kabupaten Bantul. Di malam takbiran Idul Fitri akan kita jumpai anak-anak muda-mudi bersemangt menabuh drum band mereka ataupun berlatih gerakan. 

bantul projotamansari
gapura memasuki pusatnya Bantul

Jangan kaget kalo anda melintasi kabupaten bantul dan menuju ke arah jalan Bantul anda akan tercegat oleh keramaian semaraknya malam takbiran di Bantul, Start acara biasanya di mulai dari masjid Agung Bantul. Semua peserta dari berbagai wilayah di Bantul bekumpul di masjid Agung Bantul. Dari masjid agung bantul peserta lomba akan do lepas satu-satu menuju ke area penjurian. 


Di sepanjang jalan bantul dan pusat pemerintahan akan banyak sekali warga yang menyaksikan jalannya lomba takbir tersebut. Ramadhan tahun kemarin saya berkesempatan buat ikutan ramein serunya takbiran di Bantul. Jangan anggap bantul kota yang sepi dan desa ya, kalo sudah memasuki daerah perkotaannya, ramenya juga bisa seramai Jogja. Bahkan saya sempat gak dapet tempat parkir motor saat ke Masjid Agung.

penonton pawai
nah sampe naek manjat segala hehe

Tips kalo menikmati acara disini itu datanglah jangan terlalu larut malam, dan pastikan parkir kendaaraan di tempat yang aman. Pilihlah tempat nonton yang ada lampunya hehe, kalo gak ada lampunya tar gelap lho, dan saya usul kalo bisa dapet tempat di dekat meja penjurian karena peserta akan terlihat menampilkan aksi-kasi kerennya. Plus kalo bawa anak kecil jangan lupa di gandeng yah, rawan hilang soalnya banyak banget pengunjungnya.

pawai takbir
Nah banyak kan

Acara festival dan pawai takbir ini berlangsung dari masjid Agung Bantul ke arah selatan menuju lapangan Paseban dan akan kembali finish di Masjid Agung Bantul. Jadi pilih spot yang terbaik ya buat nikmatinya. Meja penjurian biasanya ada di dekat Polsek Bantul, kalo gak salah hehe, soalnya malem gak keliatan. Saya aja sampe gak kerasa jalan jauh haha, dai masjid Agung Bantul sampe lapangan Paseban itu lumayan juga, paginya kerasa deh capeknya hehe.


pawai takbir malam hari
ayo-ayo kita mua penjurian



Berbagai macam tema dan keunikan yang ditampilkan peserta lomba akan menemani anda bertakbir. Meski menempuh jarak tempuh yang jauh, para peserta takbir ini akan terlihat bersemngat dan benar-benar terpancar rasa menuju kemenangan. Macam-macam dan seru abis deh, dari mulai patung dan hiasan mereka sampe ke pakaian dan gaya mereka saat menunjukkan gaya mereka bertakbir. Nah beberapa capture malam hari saya yang saya sendiri belum ngerasa sukses capturenya hehe, maklum dah malam hari kurang cahaya, tapi moga masih bisa dinikmati yah.

pemukul bedug bantul
saatnya beraksi

unik di takbiran bantul
memanfaatkan botol bekas nih

pawai semarak
yg ni rombongan trimulyo

gadis wanita sholehah
gadis sholehah hehe
wanita sholehah
nah ada mbak" diatap mobil

bidadari surga
ini temanya wanita surga hehe

lampu sorot
silau tak?? pizz

pawai takbir bantul
saatnya penjurian nih

elang bantul
garuda terbang

kuda bantul
Kuda semberani

bantul projotamansari
aduhh mbaknya merem hehe peace mbak


burung garuda bantul
Burung garuda

drum band
Drum bandnya nih

pawai takbiran bantul
saatnya beraksi

mari jalan
ke sana kita

Keseruan saya ditahun lalu menikmati malam takbiran, semoga ermanfaat dan bisa jadi referensi malam takbiran mau nikmatin di mana, kalo yang lagi di Jogja mungkin pengen tahu suasana bantul boleh deh kesini. Oia selepas Ramadhan ini jangan sampai loyo jangan sampai nyerah dan kalah sama setan yang terus menggoda ya sobat. Semoga kita meraih kemenangan sejati meraih Takwa yang sebenar-benar takwa. Terakhir saya di bulan ramadhan ini saya dan segenap keluarga besar www.angkisland.com mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, maafin ya salah dan khilafnya, dan selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H.

Semoga tahun depan kita masih diperkenankan berjumpa dengan ramadhan. aamiin... so malam takbiran kali ini kamu seru-seruan di mana ni?? kalo seru-seruan jangan lupa yah mampir liat Pelangi di Parangtritis Bantul ^-^ seru abis, semoga masih bisa nikmatin pawai Takbir bantul juga tahun selanjutnya ^-^.

*Oia sebenernya dalam agama Islam tradisi beginian gak ada, tpi yah kita sudah terjebak dalam kehidupan masyarakat Jawa yah semog patung" dan heboh" beginian gak lestari dan segera punah begitu saja dah. angki tahun 2017, kalo tulisan di atas tahun berapa yah lupa belum Ngaji belum tobat. Sekarang sdh paham jadi buat teman" emnding dihindari yah acara seperti di atas.


4 komentar:

  1. Woaaa rame banget ..... anyway , maaf lahir batin ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya nie mbak heheh rame pake bangetz hehehe

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum, Nas. Saya pinjam salah satu foto takbirannya yang caem-caem ya buat pos blog saya. Soalnya saya lagi gak keluar malam ini jadi gak punya foto yang bagus. Terima kasih banget. BTW, selamat hari raya idul fitri, taqoballallohu mina wa minkum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaykumsalam... sukses mas buat blognya... hehe kecul di awal selanjutnya pasti nikmat kok mas... lanjutkan sudah mampir ke blognya smeoga makin berkah mas...

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...