JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Jumat, 18 Juli 2014

Masjid Pathok Negoro Dongkelan Kauman Bantul Yogyakarta

Dari namanya, sudah dapat kita ketahui bahwa ini bukanlah masjid biasa. Masjid ini jadi gak biasa karena menyandang nama Masjid Pathok Negoro. Yogyakarta itu emang daerah yang istimewa dan penuh dengan daya tarik salah satunya adalah Masjid Pathok Negoro. Masjid Pathok Negoro sendiri mempunyai arti masjid sebagai batas wilayah ibukota. Di Yogyakarta sendiri ada 4 buah masjid Pathok Negoro, dan yang berada di Dongkelan Kauman Bantul ini merupakan Masjid batas sebelah selatan.

masjid pathok negoro dongkelan kamuan yogyakarta
Masjid Pathok Negoro Nurul Huda Dongkelan Kauman Bantul Yogyakarta

Masjid Pathok Negoro ini pertama kali didirikan pada tahun 1775 loh, wah lama juga kan. kalo kamu gak percaya kamu kudu ke sini. Kyai Syihabudin yang memenangkan sayembara yang diadakan raja Mangkumi ketika itu untuk mejaga batas wilayah Jogja, dan masjid ini diamanahkan kepada beliau untuk menjadi penghulu merawat tanah  Dongkelan Kauman ini. Pada masa perang Diponegoro masjid ini perah terbakar habis, namun akhirnya dapat dibangun kembali.


masjid jogja
khas kan pake tulisan jawa

Yah sekelumit cerita tentang asal mula nie masjid yah hehe, kalo saya cerita lebih dalam bisa jadi wikipedi haha, jadi foto diatas saya ambil hari kamis kemarin, iseng aja sih, sebenarnya gak ada pikiran juga sampe saya buat postingan, tapi karena masjid ini berjasa banget buat saya 2 ramdhan ini, tahun ini dan kemarin, maka spesial deh saya buat postingan, terima kasih buat pak Budi Dircomputer jalan bugisan terima aksih banyak ^-^.9

Dan spesialnya lagi karena masjid ini saya mendapat hidayah dari Allah dari para perantaranya, jamaahnya yang ramah, takmirnya yang baik-baik, para dai yang luar biasa menyemangati, terutama mas Andre Kurniawan, masih muda ganteng dan sudah menikah hehe, sosok beliau yang paling saya kenang deh selama saya menikmati Masjid ini. 

Masjid ini banyak memberi saya pelajaran, bakal kangen sosok bapak dan ibu yang sudah menuju lanjut usia tapi masih semngat, kangen ngerasaaain gempa saat lagi sholat dimasjid ini, kangen saat bisa nangis di masjid ini, kangen saat bersapa dan berjumpa dengan jamaah lainnya, kangen suasana buka puasa yang sangat berkeluarga, kangen kultum dan mc dari anak-anak mudanya, kangen tarawihnya yang super khusuk tapi gak bikin capek, kangen adzannya yang selalu terdepan dan iqamahnya juga hehe, suka pokoknya sama nuansa masjid ini. Subhanallah semoga Allah menjadikan semua yang memakmurkannnya penghuni Surga yang dijanjikanNya...amiin..aamiin Ya Rabbal alamin

masjid unik di jogja
menara masjid dan bendera

Selain itu ada pak Budi yang selalu baik dengan saya dan keluarga, salah satu pengurus masjid ini juga, dan ketua RT. Bakal merindukan banyak dengan masjid ini. Yah masjid yang banyak disi tiyang sepuh ini slelau damai, tenang syahdu, saat sholat berlangsung. Subhanallah Allah berikan hidayah saya lewat masjid ini. Saya jadi tersadar arti dari kehidupan dari semua penciptaan alam raya dan semuanya. Saya berharap Allah gak melalaikan saya lagi aamiin...semoga Iman dan takwa kita semua makin tebal yah...dan hati-hati sama amalan yang terlotak ya sob.

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”
 (QS Adz-Dzariyat (51) : 56)

Terima kasih buat semua jamaah kalian kerenn ramadhan kali ini ingat Allah terus...alhamdulillah Indahnya Ramadhan di kampung yang Nyaman dan aman ini. Alhamdulillah sungguh karunia Allah yang luar biasa buat saya. Semoga kita semua termasuk hamba Allah yang bersyukur. aamiin

Bakalan ke sini lagi deh kalo kangen sama ni masjid semoga tulisan ini dapat mengingatkan saya kembali untuk jadi Insan yang lebih baik....alhamdulillah...seringkali saya juga masih mampir di masjid miniatur baiturrahman Aceh lho sob.

menara masjid dongkelan kauman
Saya potret saat Jogja masih dingin,
setelah 2 hari yang lalu hujan,.
 dan sekarang panas tapi tetap dingin

Kalo sobat ada yang pengen tau lebih banyak sama masjid ini boleh deh maen ke sini yah, dan terima kasih buat mas-mas ku yang hebat ini...


2 komentar:

  1. fotonya bagus2 caranya gmana tuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mas...mksih...caranya karena cahay yg maksmal mas..rahmay yg kasih Cahaya nih hehe ^-^ mksih mas sdh mampir :)

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...