JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Rabu, 16 Juli 2014

Hutan Mangrove ala Bantul, Hutan Bakau Baros Namanya...

Sore itu saya arahkan kendaraan menuju daerah pesisir selatan Jogja, pilihan hati saya disore yang teduh itu jatuh pada sebuah tempat yang telah berhasil membuat saya penasaran. karena penasaran saya langsung pergi menjelajahinya. Jalan-jalan saya kali ini pake murah dan bingit murah, cuma modalin si merah biar bisa jalan pelan santai kayak di pantai. Pantai ??? bener bangett tujuan saya kali ini saya mau ke pantai, tapi pantai yang gak biasa di Jogja, karena apa?? karena pantai ini memiliki hutan Manggrove alias hutan Bakau.

hutan bakau baros kretek
nah ini hutannya masih kecil

Penyusuran saya kali ini menuju hutan bakau Baros, yang berada di dusun baros , kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak sulit untuk menjangkau hutan bakau Baros, cukup arahkan kendaraan menuju arah pantai Samas atau Parangtritis. karena hutan ini berada di aliran sungai opak, yang mengalir melintasi daerah Kretek Bantul dan bermuara di pantai Samas. Nah karena ini pengalaman pertama saya ke Baros, saya pertamanya agak kesulitan mencarinya, saya ke pantai Samas dulu baru menyusuri pantai, tapi susah jalannya plus becek, lebih enak jika mengambil arah lewat dusun Baros, yaitu jalan arteri penghubung antara Parangtritis dan pantai Samas. kalo dari jalan Paris, nanti sampe di pertigaan terakhir yang gak ada lampu merahnya ambil arah ke kanan aja menuju Samas, nah nanti bakal ketemu petunjuk arah ke hutan bakau Baros.

hutan manggrove jogja
Nah karena saya dari arah sama jadi lewatin ginian juga, depan sana Samas

Ketika menyusuri laguna Pantai samas di sebelah utara perlu perjuangan, apalagi kalo lagi hujan jalanan makin becek ntar, tapi disitulah tantangan dan keseruannya, saya jadi tau jalan ini tembusnya mana dan mana. Lumayan nambah pinter meski bukan pinter matematika hehe.

hutan bakau baros
pas lagi bingung ketemu si shaun..eh eh tau hutan bakau gak??...embeek..

Setelah melewati galengan dan pematang bersama si merah eh saya ketemu embeeekkk hehe, jadi keinget waktu blusukan ke Mbang Soka Air terjunya KulonProgo. Ketika itu saya juga menjumpai embek alias si shaun alias kambing, bahasa kerennya Goat is goat..heheh. Nah setelah ketemu si goat dana jak berbincang saya lalu kemudian menemukan jalan semen, nah saya ikutin jalan semennya dan ketemu deh sama Hutan Mangrove Baros.

jalan menuju hutan bakau baros
disambut sama padang ilalang yang saya uber terus

Wah beruntung bin alhamdulillah nih, pas ke Baros ini saya juga nemu ada padang ilalang, kemarin saya nyari padang ilalang sampe naek Gunung Ijo segala, eh malah ketemu padang ilalang dideket pantai,a gaknya padang ilalang itu disekitar pantai deh adanya, dulu waktu ke Pantai Manganti juga nemu ilalang soalnya.

rumput ilalang di jogja
Selamat datang di hutan bakau Baros

Hutan bakau atau nama bekennya hutan Mangrove ini luas loh, membentang dari timur ke barat, di aliran sekitar sungai opak, dekat dengan pantai depok dan Pantai Samas. Aliran daerah air payau ini bermuara ke Laguna Pantai Samas. Tumbuhan Bakau atau masih masuk jenis rhizopora ini hidupnya di daerah rawa-rawa atau daerah air Payau, dan berfungsi mencegah abrasi dan tsunami. 

hutan bakau baros bantul
nah bakau dan khas akarnya

akar hutan bakau jogja
tanaman bakau

Tanaman bakau ini memiliki ciri akar tunjang yang menyolok dan bercabang-cabang punya banyak sodara deh doi hehe. Tingginya bisa mencapai 4-30 meter, dan tinggi akarnya bisa sekitar 0.5-2 meter. Daunnya tunggal, dan terkumpul di ujung ranting kalo kapan dia lamanya hidup, mungkin Allah yang menentukan, tanya sendiri ya kalo ke ini, berapa lama dia bisa hidup hehe peace..just kidd.

akar hutan bakau baros
nah pas lagi surut

Kebetulan saya pas ke sini, kondisi airnya lagi gak banyak dan melimpah kemungkinan baru surut kalo gak lagi di pake petugas pemadam kebakaran nyirem api...hehe yg terakhir guyon lho..pizz. Oia saat menyusuri daerah ini jangan lupa baca bismillah dan Ingat Allah ya biar berkah jalan-jalannya gak banyak di ganggu setan or binatang" serem hehe.

air bakau surut
airnya lagi surut..-_-

Meskipun air surut tetep nikmatin jalan-jalan, oia pesen saya buat yang suka buangs amapah di kali, jangan deh buang sampah ke kali lagi, kasihan sungainya jadi kotor, banyak sampah yang nyangkut diakar-akar bakaunya juga, oke mulai sekarang stop buat buang sampah di kali alias sungai alias bunga nama samaran ya ...catet nih!!! Karen pertumbuhan bakau ini dipengaruhijuga oleh kondisi sekitarnya, kalo kotor dan banyak sampah bakal susah bakau buat tumbuh, gak takut apa daratan semakin mundur, karena abrasi, atau malah terjadi Tsunami...ngerii kan?? makanya jangan buang sampah sembarangan dan di kali yah.

surut bakau
Coba tebak sampahnya di mana??

Setelah wara-wiri kesana dan kemari, saya blusukan layaknya capres yang lagi blusukan mengamati kinerja sang bakau, saya kemudian terhenti dan terpana melihat sebuah view yang damai.

Hutan Bakau Yogyakarta
sudut yang meneduhkan

Hutan Bakau Yogyakarta
ku terhenti di sini ^-^

Subhanallah...Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? kalo dah gini, gimana kita gak bersyukur?? nikmat Allah tu banyak bangeeddd, tak bisa kita bayangin....sekecil papaun nikmatnya kudu panda bersykur yah, biar ditambah terus nikmatnya...alhamdulillah....

laguna samas
eh tiba-tiba nemu si kulit bundar...

Saat lagi asik menyusuri aliran sungai, eh nemu bola piala dunia dibuang sampe sini, hemzz...bola siapa ya? bolanya Ronaldo apa ya? atau bolanya Evan dimas?? saya bukan..hehe, yah inilah akibat tendang bola sembarangan sampai ke laut kan bolanya hadehhh...kasihan...kasihan...kasihan...ipin upin style...Karena saya merasa iba dengan bola itu yang keliatannya haus kasih sayang...saya pun ahirnya tutup jalan-jalan kali ini dengan maeenn bolaa...hahah kapan lag yah maeb bola..terakhir maen kapan ya lupa udahan hahaha,...sejak kenal jalan-jalan bola sudah teralihkan...hehe siapa angki

laguna pantai samas
ea ea ea, angki membawa bola...

angki main bola
angki mengoper bola pada ronaldo

angki dan bola
angki berhasil memberi umpan...

angki di hutan bakau
iya ronaldo akan kah bisa menerima umpan angki 

main dribling
ronaldo menendang...

Dan bersambung tobe continued...hehehe sudah sudah,...maaf ya jadi khilaf maen bola..hehe, nah karena dah makin sore akhirnya saya sudahi penyusuran kali ini dan saya pun akhirnya pulang..sobat semua ada yang sudah ke sini? atau belum?? mungkin boleh deh nikmatin suasana hutan bakau baros sambil nanam juga boleh loh, tinggal hubungi pihak berwajib eh maksudnya yang jaga di hutan bakau...seep mereka bakal senang dengan sumbangan pohon bakau kamu...oke jalan-jalan selanjutnya kemana ya? mungkin kamu boleh deh cobain Air terjun sigembor di Kulonprogo oke sob.

angkisland
jangan lupa bersyukur di setiap keadaan

Yuk Ikut Promosi Wisata ini lewat kaos jalan-jalan sob, 
Hutan Bakau at White Caos

14 komentar:

  1. Akk masih imut ya angki :))) semoga kelak bisa melindungi bantul aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin trima kasih ^-^ hehe iy deh yg imut" hehe trs kalo bella imut..sy amit donk hadehh haha

      Hapus
  2. aku masih binggung sama rute mas ... deatilnya karo dari p4an bangjo sebelum jembatan TPR parangtritis tuh mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo enak lewat jalan samas mbak..pokoknya lewat jalan arteri menuju samas dan abntul mbak hehe..kl tmbh bngung ajakin saya yah hehe

      Hapus
  3. Asik... endingnya ada ilmu agamanya. lanjutkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah insyaAllah mas Adi siap laksanakan komandan ^-^.9

      Hapus
  4. Balasan
    1. wah ada websitenya juga ya keren" sm sm waiyakum y jawabnya?? hehe pizz...

      Hapus
  5. Pantainya bagus ya..saya kalo ke yogya pastinya ke parangtritis aja, ternyata ada pantai lain yang gak kalah bagusnya...thanks for sharing ya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak hehehe dtgu ke Jogjanya lagi hehe

      Hapus
  6. mangrove , hutan bakau perlu untuk mencegah abrasi. siplah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mah emang kece absi dah hehe ^-^ mantap

      Hapus
  7. mas hutan bakaunya di pasir apa lumpur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya lumpur mas... coba di datangi mas...

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...