JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Sabtu, 12 Juli 2014

Grojogan Sewu Karanganyar Pindah ke Kulon Progo

Siapa yang menyangka, kalo Grojogan Sewunya karanganyar bisa pindah ke kabupaten terbarat di Jogja? Pantaslah Kulonprogo mendapatkan julukan dan predikat The Jewel of Java. Kulonprogo juga Istimewa nih bagian dari Jogjakarta yang superb Istimewa. Tak menyangka memang sebelumnya saya juga, tapi ada ternyata, nah itu semua tentu berkat master penjelajahan saya sesepuhnya ini ada Mas Wijna dari MAWBlusuk, yang selalu update dan terdepan dah. Dari blog beliau saya tahu kemudian keberadaan Curug Grojogan Sewunya Kulon Progo ini. 

Setau saya Grojogan Sewu hanya dimiliki oleh kabupaten Karanganyar saja yang berada di timur Solo, tapi ternyata tidak. Kulonprogo yang kaya dengan alamnya ternyata mempunyai panorama Obyek Wisata yang menarik namun masih tersembunyi. Keberadaan orang-orang seperti kami mungkin perlu mendapat perhatian serius dari Pemda setempat untuk melestarikan makhluk-makhluk seperti kami agar terus berkuota dan bisa terus jalan-jalan Blogwalking selalu hehe. Sapa tau gitu kan ada Pemda yang baca nie postingan terus sediain kami fasilitas Internet Gratis hehe atau malah dibayarin keliling Jogja haseeh hehe, peace just kidd...kalo ada juga boleh deh maklum kuota mau abis T.T heheh pizz.

Penelusuran saya ke objek ini merupakan jalan-jalan pertama saya setelah mengalami kecelakaan di Jakarta. Plus jadi jalan-jalan pertama saya di bulan Ramadhan 1435 H, Jalan-jalan kali ini saya gak sendiri, kebetulan pake banget nih, saya diajak adek saya buat nemenin jalan-jalan, setelah 2 hari gagal karena ada miscom, akhirnya di hari senin yang mendung itu kami dapat melaksanakan hajat kami berdua buat jalan-jalan.

Pagi itu dek Aji saya jemput dirumahnya di daerah Kleben Jogja, dan mendapat amanah dari mamanya buat jaga si adek, oke deh. Saya pun sukses menculik nih anak, hadehh padahal sebelumnya doi yang mau jemput saya di rumah, eh malah jadinya saya yang jemput gak apalah itung-itung amal di bulan ramadhan heheh pizz. Sebelum berangkat saya mampir ke tempat simbah saya dulu, soalnya saya abis nganter Bunda saya ke pasar, and helm ke bawa saya makanya mau saya taruh tempat simbah. Setelah nitipin helm di tempat simbah kamipun berangkat.

Tak butuh waktu lama mencapai Sungai Progo kebanggan warga Kulonprogo, Rute yang kami tuju lewat jalan godean mentok kebarat, dalam waktu setengah jam dari tempat simbah saya, kami sudah sampe. Perempatan Kenteng Nanggulan pun sudah menanti kami. Ketika di kenteng ini saya jadi teringat rumah sobat saya mas Fito yang dulu pernah nemenin ke Curug Watu Jonggol juga. Monggo ada yang mau mampir ke Rumah mas Fito nie facebooknya doi

Nah dari Kenteng ini kami lurus kebarat, kearah pasar Jonggrangan arah ke goa Kiskendo. Sebelumnya kami harus nanjak ngeden dulu, biasalah jalan ke arah Pasar Jonggrangan ini emang nanjak ngeeden buat yang mau ke sini kudu siapin hati dan motornya ya hehe, di sini adek saya gak sengaja pegang pinggul saya yang masih sakit..aw aw aw hadeehh meringis lagi saya hehe, maklum nie baru pertama kali dipake jalan jadi jadi masih terasa sakit kadang.

Sesampainya di Pasar Jonggrangan jangan cemas, kamu bakal nemu ni plakat, nah tar ikutin aja papan petunjuk arahnya yah.

plakat petunjuk Grojogan sewu Jogja
Nah itu arah menuju Dusun Beteng dimana Curug tersebut berada...oke selamat mencari nih


Setelah kamu melalui plakat ini, siap-siap aja, karena jalanan akan makin turun dan menurun, hati-hati bawa kendaraanya ya. Dan juga kudu perhatikan jalanan karena tar bakal ada plakat-plakat yang bantu kamu, tenang aja, kalo bingung mblusuk ke Blognya mas Wijna dulu yah.

Oke dibagian sesi jalan mencari Curug ini saya sempet kesasar pas nemu percabangan, nah seharusnya saya ikutin aspal eh malah belok kiri, beruntung ada ibu-ibu muda yang baik hati menjelaskan arah, hehe makasih bu.

Nah dibagian ini saya salah jalan, harusnya lurus ikut aspal y..jangan ambil kiri, ikuti watermark ke kanan

Setelah cekikikan ketawa-ketiwi sambil mringis abis Dek Aji, kadang lupa megang tuh rusuk yang masih perih euy senut-senut, sampailah kita di sebuah Mushola, sempat bertanya takut salah, eh akhirnya nemu juga, dari Mushola itu kita bakal menemui Gapura selamat datangnya, nah karena bingung saya bawa turun si Merah ikutan turun Parkir di bawah sebenernya bisa kok parkir diatas. Tapi karena bingung and gak ada orang saya pun turun dronjong hehe pizz.

Aji dan gapura grojogan sewu
Nah di gapura selamat datangnya, ni penampakan Dek Aji

parkir moto grojogan sewu
Si merah yg parkir ganteng depan rumah,
sudah gak boleh parkir distu lagi hehe.

Dari letak rumah terakhir sebelum kita turun temurun, biasalah kalo ke curug musti turun lembah dulu hehe, jadi inget pas jalan-jalan ke Sekar langit juga musti turun lembah. Nah saya dan dek Aji pun menyusuri jalan setapak menuju curug Grojogan Sewu, penasaran juga sih meski dah liat fotonya, soalnya tar takut jumlah grojogannya nambah jadi seribu hehe, saya kan bawa duit cuma 10.000 tar mas Grojogan sewu punya kembalian duit gak ya halah malah nasib pejalan...hehehe yuk lanjut...

ikuti bayu aji nugroho
Nah ikuti saya ya ciiinn

bayu aji nugroho
Nah ikutin petunjukkanya ini yah ada BRI di Curug sana

papan by BRI
Oke semakin turun makin licin

Dikarenakan mungkin saat kami datang, daerah ini habis hujan, atau emang khas nih di sini, jalanan menuju curug terkesan becek. Hati-hati ya jangan sampai jatuh, and jangan make sendal or sepatu harga 3 juta ya kalo gak mau nyesel tar kudu nyuci heheh. Oia waktu perjalanan menuju curug kami ketemu sama sodara jauhnya Gerry spon bob hehe, katanya doi lagi mau casting di curug grojogan sewu, sapa tau doi kepilih jadi maskot curug Grojogan Sewu.

Yang unik di Jogjakarta
perkenalkan nama saya si ebet...siput khas dusun beteng heheh 

Waktu jalan dijalanan yang licin nemu si ebet ini deh, yah moga aja pengunjung ada yang ketemu juga sama si ebet pas ke curug ini, jangan lupa minta foto and tanda tangannya yah eh...tanda cangkangnya yah hehe, soalnya cangkangnya khas nih unik...^-^

Oia sobat kalo ketemu sama papan petunjuk BRI kayak gini siap siap ambil kiri ya, kalo mau ke bawah curug, karena kalo ambil kanan ke arah jembatan bambu tar kita menuju atasnya curug.

grojogan sewu Yogyakarta
Nah ini papan sponsornya BRI

Menurut blognya mas Wijna yang ahli blusukan, papan ini dibuat oleh KKN UGM, nah tu ada kan tulisan UGMnya, dan mendapat suport or sponsor dari BRI, mungkin kalo pengunjung tempat ini mulai ramai, bakal ada ATM juga di deket curug by BRI hehe peace just kidd, semoga curug ini tetap tersembunyi dan asri segar bahagia terawat indah lestari sampe masa anak cucu. Saya dan dek Aji pas ke sini disambut sama dingin-dingin lembah gimana gitu pokoknya sejuk deh nuansanya adem seger...kayak di desa..nie curug emang di desa kali heheh...

Nah sobat kalo sobat jalan menyusuri jalan setapak ke curug, perhatikan juga flora da fauna yang ada di sekitar kita ya, mungkin bakal melihat pohon coklat juga loh keren kan, coklat ini bahan baku pembuatan coklat yang enak itu lho kesukaan saya.

kakao kulonprogo
Nah buat coklat muda

Oia di sepanjang jalan kamu bakal nemuin ni buah coklat, sapa tau ada sobat yang bisnismen and mau bisnisin coklat bisa nih jalan-jalan ke curug Grojogan Sewu buat cari tau kualitas Coklatnya, Oia tapiiii pas jalan di sini jangan asal ambil and comot yah, meski dah yang sudah matang juga lho, hampir aja dek Aji mau comot and bawa pulang, untung saya ingatin. Iya nih soalnya kita kan gak tau nie Pohon Coklat milik siapa, jangan ambil yang bukan miliknya tar bisa dituduh kita mencuri so jangan ambil tanpa seijin empunya yah...tar bisa dosa kalo asal ambil....keculai kamu ijin dulu sama yang punya oke jadi....Waspadalah...

Selain pohon coklat kita juga bakal menjumpai ini nih...

kelapa tua
nah ada kelapa mudaaa..
eh tua dink kalo yang muda masih di pohonnya...

Sobat bakal menemui pohon kelapa juga lho, jadi musti hati-hati jangan sampe kejatuhan kelapa tar bisa berabe, apalagi kejatuhan Blarak, alias daun pohon kelapa yang udah tua, name is Blarak to Java speak heheh or kejatuhan kelapa climbing hati-hati yah alias pemanjat kelapa heheh.

kelapa kulonprogo
hati-hati kejatuhan tu buah bisa buat gempar hehehe

Nah lo setelah puas kita muter-muter tu jalanan becek gak ada ojek and pohon-pohon coklat yang menggoda disaat puasa, kamipun beristirahat, sambil menikmati panorama yang ada, belum sampe curug aja udah seger apalagi udah sampe jadi bayangin segernya AirTerjun Sigembor yang ada pelanginya deh...

aji dan menoreh
dek Aji menikmati panorama Menoreh yang yahuudd

menanti curug grojogan sewu
Dek aji yang berharap di curug sana
ada bidadarinya cielah...
pindah dek wis kebak...
aji tertawa lepas
Nah kalo capek kamu bisa santai
di kursi bambu yg sudah disediakan

penampakan di grojogan sewu
Nah penampakan curugnya
sudah terlihat horeee

Gemericik dan derasnya air semakin terdengar, kamipun bersemangat buat makin turun dan turun kebawah, meski puasa tetap semangat jalan-jalan. Karena curug dah menampakkan wujudnya kami bergegas buat segera menikmatinya, jadi gak sabar...ayooo turruunninn kursornya heheh...

penampakan grojogan sewu jogja
dek Aji and little curug

fun and fresh at nature
Dek Ajik bersemangattt

Alhamdulillah kamipun sampai di Curug Grojogan Sewunya Kulonprogo, Subhanallah panoramanya yang khas, nuansanya yang bikin tenang, aliran airnya yang bergemericik, jernih dan dinginnya airnya,...wah hari itu kami senang sekali, alhamdulillah...terima kasih Ya Allah dan ijinin kami nikmatin alamMu yang mempesona ini...alhamdulillah...

Grojogan Sewu Kulonprogo
Curug Grojogan Sewu Kulonprogo punya curug

Gimana penampakannya? seger gak? pokoknya kudu ke sini yah, soalnya yang di foto cuma bisa dilihat lebih keren aslinya, nuansanya itu lho adem" sejuk" gimana gitu hehe, meski gak setinggi kayak di Karang anyar, tapi curug ini punya daya khas yang kuat dengan batu-batunya dan jernih airnya hehe pokoknya beda sama Grojogan Sewunya Karanganyar, ini lebih murah dan menyegarkan heheh, maklum Air terjun ini deket sama Jogja, meski ya agak jauh dikit hehe.

aji dan grojogan sewu
dek Aji and Curugz

grojogan sewunya Jogja
Horeee sesi bareng curug T.T saya mana donk wkwkw

wisata kulonprogo
perbandingan tinggi curug dengan dek Ajik
yg sudah kelas 2 smp

Beruntung dek Aji naik kelas, kalo kemarin gak naek kelas katanya mau dikirim ke kalimantan sama mamahnya heheh, semangat ya dek belajarnya , moga gak dikirim ke kalimantan ketemu monyet hehe semoga lancar deh masa-masa SMPnya ^-^ semangat belajar baca Qur'an nya juga yah...

air terjun grojogan sewu
Baca Qur'an di Curug..biar tambah seger adem...

baca al quran di alam
akhirnya saya nongol hehe thx self timer ^-^

Nah setelah puas berfoto ria dek ajik tergoda untuk mandi, sebenernya saya sempat was-was dan mau melarang, karena katanya ada yang nunggu, tapi bismillah aja... dan saya ijinkan sambil saya awasi, sebenere saya pengen ikutan kayake seger gitu, tapi lagi puasa yah, kapan-kapan deh agendakan ke sini buat mandi hehe, masak jauh-jauh cuma buat mandi wkwkwkw, asal jangan ada bidadari aja di sini, wah ampuunn hehe...atau jangan tergoda buat Pelangi di Parangtritis yah sob.

main air di curug
kelihatan seger kan...
mhn maaf ada penampakan duyung curugnya heheh pizz

Setelah si doi puas mandi, dan loncat jegur pake guling-guling nyelem, doi mulai kademen alias kedinginan akhirnya mentas juga hehe, kesannya seger dan adem fresh and dalam lumyan gitu, oia si doi nie udah bisa berenang makanya saya ijinkan, kalo pengunjung or pembaca ada yang mau jegur juga, kudu ada yang ngawasin and bisa berenang ya WAJIB, kalo gak bisa berenang saya sarankan jangan....bisa kelelep tar...oke oke deal setuju yah....kalo gak bisa renang jangan njegur ni Curug dalem nih,,,,apalagi sampe njegur sampe ke tengah samudera hindia

Akhirnya sesi foto keluarga terakhir setelah doi mengeringkan pakaiannya doi pun bersesi keluarga bareng saya...^-^ setelah sebelumnya saya jadiin fotografer pribadi saya, hehe maklum bayarannya belum mahal kalo yang foto doi heheh pizzz...thans Dek Aji dah nemenin jalan-jalan mas kali ini...moga bisa jadi kenang-kenangan aamiin ^-^

angkid an aji
wah gaya saya jangan ditiru yah,
terlalu operr ini heheh peace
oke see you
salam saking Grojogan Sewunya Kulonprogo

Kamipun berpamitan dengan si Grojogan Sewu, Alhamdulillah Wa syukurilah, makasih ya Allah, semoga ini jadi ibadah buat kami mengenal akan kekuasaanMu...aamiin

Sebelum pamit kami diminta untuk mengisi buku tamu dan wajib buat ngisi, meninggalkan jejek kesan dan pesan gitu loh hehe, and kasih sumbangan sukarela, monggoloh boleh beramal di bulan Ramadhan, buat kemajuan dan manfaat daerah sini ^-^ sempet kenalan juga sama ibu yang jaga namanya Bu Rup Rup..ya Rup catet heheh...

sumbangan sukarela
monggo yang mau amal boleh banget....

bu rup grojogan sewu
Nah perkenalkan Bu Rup nih hehe
yg melepas kita pulang cielahh heheh

Makasih Bu Rup....moga bisa ketemu lagi kapan-kapan....maen ke sini lagi plus njegur heheh, terima kasih mas Wijna sudah kasih tau kalo Kulonprogo punya curug keren...makasih yah mas...emang favorit saya dah ^-^ MAWBLUSUK.

Di perjalanan pulang kembali diingatkan sama Allah nie, saat kami berangkat tadi and mencari jalan ke curug ini, kami gak memperhatikan ada gardu ronda ini, namun saat pulang kami bisa melihatnya...dan wah pesen yang dalam sekali, terima aksih dusun benteng terima kasih curug Grojogan Sewunya Westprog Kuloprogo...alhamdulillah terima kasih Ya Allah atas limpahan rahmatMu, saya masih diperkenankan buat menikmati Indah alam ciptaanMu...jangan lupa buat lihat cerita seru saya nyampe Coban pelangi di malang ya sob.

Pesan religius dari Dusun Benteng...
berkesan nih...pos Ronda keren....

“Sesungguhnya orang-orang yang berhati-hati karena kepada Rabb mereka (Allah ). Dan orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Rabb mereka. Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Rabb mereka (dengan sesuatu apapun). Dan orang-orang yang memberikan (bersedekah) apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Rabb mereka. Mereka itulah orang-orang (yang selalu) bersegera dan berlomba-lomba dalam (melakukan) kebaikan-kebaikan” (QS al-Mu’minuun: 57-61).


Yuk kita berlomba-lomba dalam kebaikan....semoga tulisan saya kali ini ada manfaatnya yah buat sobat semua salam ^-^ ketemu di jalan-jalan selanjutnya....InsyaAllah semoga Allah masih memberikan kesempatan beramal...salam

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (di dunia), dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka (di akhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS ِan-Nahl:97).

Nah kalo ada yang mau lebih khilaf boleh deh buat nonton videonya juga makasih ya
^-^

4 komentar:

  1. aaahhh nie masih dalam list yang belom ke centang udah ke duluan.hehehe...entah kenapa ketika lihat videonya antara kasihan dan geleng-gelangan dengan aji nya.heheh peace ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...maaf ya makasih ya dah khilaf liat pideonya wkwk...smga menghibur deh ^-^ heheh sya duluan horee..tpi mbaknya dah sampe tambak banjaroya saya belum heheh

      Hapus
  2. air terjun , air selalu membuat rasa hati menjadi tenteram. Mendengar riak air seperti mendengar nada-nada lagu yang mempunyai nada tersendiri dan itu sangat indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mamah tira emng jago dah merangkat kata jadi nada yg asik hehe mkish mamah ^-^ kapan ke air terjun dtgu ceritanya?? hehe

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...