JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Kamis, 24 Juli 2014

Embung Kleco, Kulonprogo punya Waduk Mini lagi nih...

Mensyukuri nikmat Allah itulah semangat saya untuk terus menjelajahi setiap daerah yang membuat saya merasa kagum dan penasaran dengen kekuasaan Sang Maha Pemberi Kehidupan. Bertakbir mengucapkan dan menggemakan kebesaranNya, bertasbih membuat alam semesta menoleh iri pada saya, dan bertahmid memuji Nya, bersyukur atasa segala nikmat yang telah Allah berikan pada hambanya yang kecil dan hina ini. Bukan karena sebuah tempat saya berjalan dan mengunjunginya, namun karena rasa dan jiwa saya yang diberikan Rahmat oleh Allah untuk mensyukuri setiap alam raya yang telah diberikanNya.

pasar sribit
pasar Sribit sisi timur

Berawal dari sebuah postingan saya tentang embung BanjarOya di sosial media, kemudian saya diberikan info oleh mbak Risnadianti bahwa ada sebuah embung baru yang berada di Kulonprogo. Sontak saya pun bergairah kembali untuk menjelajahinya, saya selalu pengen tahu tempat yang dekat dan masih berada dalam satu wilayah kekuasaan saya yaitu bumi Jogjakarta hehehe lebay pizz just kidd yah, maklum baru punya modal keliling jogja aja nih hehe.

Kalo objek baru dan saya belum pernah menjamahnya saya pasti menyanggupi ajakan siapapun itu, tapi kalo gak sibuk pizz, nah diekspedisi kali ini, masih di bulan Ramadhan, saya share tentang keberadaan Embung ini di grup angkisland, dan kebetulan ada satu makhluk yang hendak ikutan, nah doi dulu juga yang nemenin saya waktu Explore Curug Kedung gulo dan Timang The lost world, siapa lagi kalo bukan neng Vinda.

Setelah deal dan janjian kami ber meeting point di pasar Sribit. Sebenernya neng Vinda ajak adeknya juga, tapi karena adeknya baru renang dan saya dah sampe di pasar Sribit yah akhirnya doi sendiri. Maklum doi nie rumahnya di perbatasan Kulonprogo-Purworejo jadi kalo ke pasar Sribit deket. Untuk mencapai Embung ini dari Jogja, bisa deh ke perempatan sejuta umat, perempatan Kenteng Nanggulan, perempatan yang sama kalo mau ke Grojogan Sewu dan Air Terjun Mbang Soka, atau malah ke Suroloyo serta Embung BanjarOya

Dari Perempatan Kenteng ini sesuai dengan petunjuk mbak Risna akhirnya saya belok kiri, ke selatan dan sampe nemu pertigaan kalo ke kanan ke arah pasar Sribit, tak berapa lama saya sudah bisa mencapai pasar Sribit, sambil nunggu neng Vinda saya jepretin beberapa sudut Pasar Sribit.

Pasar Sribit ini masuk di daerah Girimulyo, yang orang Kulon Progo pasti tau dah sama daerah sini, sambil nunggu di bawah pohon yang adem depan pos ronda saya menikmati suasana hening di pasar Sribit ini, agaknya kalo pas Rame bakal meriah juga ni daerah yaiyalah namanya juga pasar, kalo sepi mah kuburan kali...hadeehh..

pasar sribit kulonprogo
Pasar Sribit tampak lengang

kemudian tak lama berlalu, pesan mulai datang " saya sudah di jembatan " bunyi bbm doi, langsung deh saya samperin, nah dari pasar ini kami ambil aja arah ke kiri ya lewat depan Polsek Girimulyo, tapi jangan lurus, kalo lurus tar kamu ke arah goa Kiskendo dan Grojogan Sewu.

polsek
ambil ke kiri ya..jangan lurus

Nah sehabis melewati Polsek ikutin aja jalan aspal sambil nikmatin pesona desa yang sejuk dan damai. Jangan takut kesasar ikutin jalan yang berkelak-kelok aspal dan tentu saja mulai nanjak. Terus aja nanjak, nah sampe tar kamu ketemu semacam tempat rame, pasar mini dah, ada bengkel motornya dan ada perempatan, dari perempatan itu kamu ambil jalan yang ndronjong alias turun aja ke bawah yah.

di sebuah pertigaan
nah ambil jalan yang turun ke kanan sana yah

Sehabis kamu ambil jalan turun itu, siap-siap aja buat gaspol yah, kudu make motor yang fit dan jangan lupa bensin soalnya abis ntu langka yang jual bensin eceran, dan saat nanjak hati-hati ya pokoknya, bisa pake mobil juga kok ke sininya. Nanjak aja terus gaspol sampe nemu tulisan waduk mini nah ikutin petunjuknya.

jalan ke embung kleco
Oke ikutin jalan cor Semennya yah

Dari jalan cor semen sehabis penanda waduk mini ini, ambil jalan yang nanjak alias cor semen yang nanjak saat ketemu pertigaan, sesuai kayak yang di blognya mbak Risna. Oke deh sehabis itu kamu bakal nemuin wujud si embung Kleco. Oia embung ini masih baru dan sepertinya belum diresmikan, pas saya sampe sini sempet bingung juga ada TPRnya or enggak, eh ternyata belum ada. Saya kesini di bulan ramadhan 1435 H ini, tanggal 23 juli 2014.

selamat datang masih perawan
eittdah nie tugu selamat datangny aja belum ada tulisannya hehe

Entahlah besok nie embung bakal dinamain apa, tapi masuk daerah Kleco, jadi yah mari kita sebut nie embung Kleco. Sebenernya sempat bingung waktu mau markir motor, tapi karena lagi bulan puasa jadi yah saya bawa nanjak terus aja hehe, padahals empat saya liat ada tulisan motor dilarang naek, yaelah malah saya bawa naik, yah mumpung bisa deh saya bawa naik hehe.

parkir motor embung kleco
nah motor saya dan Vinda

Subhanallah nyampe nie embung langsung dah saya takjub sama view embungnya, dan view Pemandangannya, yang bikin kepengen ke sini tuh soalanya pengen liat pemandangannya, jadi saya gak perlu repot-repot lagi dah kalo mau lihat view ginian, dulu sempet nanjak ke Gunung Ijo buat nikmatin view ginian. tapi kalo ada yang mau ke gunung Ijo gak papa loh, itung-itung koleksi jalan-jalannya ^-^.

pemandangan dari embung
Subhanallah dah

Dari Embung Kleco ini kita dapat menikmati panorama yang membentang dari utara sampe ke selatan menikmati pemandangan yang subhanallah pake banget dah. Liat laut juga bisa loh dari sini, kalo kata mbak Risna liat gunung juga bisa, tapi sayangnya saya ke sini waktu langit lagi mendung jadi yah belum bisa maksimal nikmatinnya, tapi alhamdulillah tetap disyukuri kapan-kapan ke sini lagi. ada yang mau ke sini?

embung kleco view
View embung dan yang putih mendung di sana puncak Seplawan

Embung leco KulonProgo
View Embung Kleco

Karakteristik nya hampir sama dengan embung Nglanggeran dengan pagar pembatasnya, dan fungsinya hampir sama agaknya buat menampung air hujan. Ada bukit kecil di sebelahnya dan kita bisa naek ke bukit untuk melihat embung dari sebelah atas. alhamdulillah Subhanallah dua kata yang selalu saya gelorakan di hati saya siang yang menjelang sore tersebut. Selaen curcol neng vinda yang ngaku-ngaku kalo embung ini khusus buat Vinda soalnya bentuknya kayak huruf "V" katanya hadehh hehe.

embung Kleco
emang mirip huduf V ya heheh

embong kleco kulonprogo
Nah embungnya masih polos nih

Dibeberapa bagian embung ini masih dalam proyek untuk dirapikan dan bakal ditanami beberapa pohon sepertinya, tapi belum jadi aja udah asik gini yah, apalagi besok kalo udah jadi, makin rame nih Kulonprogo. apalagi besok bandara udara ada di Kulonprogo waahhh rame dah InsyaAllah, tapi kita kudu tetep jaga lingkungan ya sobat semua inget-inget!!!.

pemandangan  dari embung Kelco
View dari atas bukit

embung kulonprogo
alone 

pegunungan menoreh
view Peg. Menoreh

Ahh sungguh memanjakan mata dah siang yang mulai menjelang sore itu, Oia bu Vinda nie anaknya suka hal yang menantang kata doi ke embung ini belum ada tantangannya hadeehh dasar nie bu Vinda heheh. tapi meskipun doi guru tetep aja narsis minta dipotoin juga heheh hayehh.






Nah poto yang laen mampir ke gallery saya aja yah hehe misal ada yang minat foto kayak neng Vinda boleh dah tar kita bisnis hehe, gallery fotografi dan kerjaan saya nih www.angkislandphotography.com, kalo ada yang pengen kenalan sama bu Vinda  boleh deh add fbnya di sini Vinda. Doi nie anak Purworejo perbatasan sama Kulonprogo, kalo jelajah Purworejo misal mau ke Curug Silkotok hubungi doi aja. Atau yang butuh bisnis sama doi juga bisa, jago loh buat tas handmade buat rajutan boneka-boneka gitu deh gimana ada yang naksir bu Vinda?? eh naksir handmadenya boleh loh dipesan hehe

Embung kleco wisata baru
from bukit kecil

Pokoknya kalo ke sini jangan lupa bersyukur atas nikmat Allah yang maha luas ini ya betapa kecilnya diri kita, hemz inilah yang selalu saya lawan dari setan yang sering ngeganggu dan bisikan ke hati kita buat ngerasa besar dan hebat, padahal kita ini gak ada apa-apanya di banding kekuasaan Allah yang Maha Luas dan Besar ini. meskipun embung ini dibuat manusia, tapi yang ngasih akal dan pikiran buat nyiptain embung ini bisa dibuat diatas bukit tetap aja Allah SWT. " Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

wisata baru kulonprogo
Embung Kleco Girimulyo KulonProgo Yogyakarta

Setelah puas menikmati Embung Kleco akhirnya kami menyudahi jalan-jalan edisi kali ini. Nah mumpung motor masih bisa naik kami puterin nie embung make motor hehe. Lumayan memacu adrenalin dan seru kalo yang gak suka ketinggian jangan ditiru yah, bisa bablas tar turun ke bawah hehe, hati-hati juga tanahnya agak keras kalo gak hujan jadi kudu seimbang yah bawa motornya ^-^ kalo gak mau jatuh.




Sehabis sholat Asar kami pun pulang ke rumah masing-masing, terima kasih Vinda sudah jadi bagian dari cerita saya, nah buat sobat yang punya tempat baru dan saya belum menjelajahinya boleh loh buat ajak saya seru-seruan di cerita kamu. Kalo ada yang pengen tau saya bakal ke mana lagi dan ngapain aja boleh deh buat gabung ke grup kecil saya, kayak Vinda yang dah gabung di cerita perjalanan saya...


angkisland keluyuran
klik aja yah gambarnya

Oke jumpa lagi di jalan-jalan seru selanjtnya yah, kalo ada yang tertarik kunjungi tempat yang pernah saya datangi dan butuh jasa saya buat nganter ke tempat tersebut klik aja JOW, hehe nabung buat jalan-jalan nih. Semoga bisa membantu salam persahabatan yah sobat semua, kalo ada yang mau ajak saya ke mana gratisin saya boleh loh hehe...^-^,,,pizz salam jalan-jalan karena Allah ^-^


angki dan embung kleco
Makasih Vinda barter jepret menjepretnya..me and embung

10 komentar:

  1. waduknya kecil banget, aku kira itu kolam ikan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw ...iya tuh kata ayah saya malah ada ikannya apa enggak haha kalo ada mau diajak mancing stu saya mas kwkw...

      Hapus
  2. Wih, ceritanya seru terus fotonya keren2. Jadi pengen ya kesana, meskipun waduknya kecil dan cenderung gak kaya waduk tapi aku suka banget sama landscape view-nya dari waduk. Gilak!!!!!

    Salam dari Galassia del Sogno

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Fathur ^-^ ditgu nih main" ke sininya salam balik buat Galassia del Sogno mantap dah, iya nie waduk mini diatas bukit hehe

      Hapus
  3. sekarang apa lagi trend ya bikin waduk kecil gitu, terus itu seperti dikasih plastik ya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas itu kayak semacam plastim tapi tebal mas hehe ^-^ wah sepertinya iya nie ams alasannya sih buat menampung air hujan hehe

      Hapus
  4. Pengen kenalan sama bu Vinda. Pengen diajak ke curug yang ada di purworejo ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh boleh mbak nanti saya linkan di facebook hehe ^-^ itu anaknya suka jelajah juga mbak Ika hehe

      Hapus
  5. mantap infonya komplit banget mas... bisa nih kapan2 dolan bareng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mas tirta selamat exploreee...

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...