JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Selasa, 22 Juli 2014

Curug Watu Jengger Tersembunyi diantara Embung Banjaroya dan Suroloyo Kulonprogo

Bulan puasa identik dengan letih, loyo, lapar, dahaga dan malas, mungkin kalo yang belum mengetahui hakikat dari bulan puasa pasti akan merasakan yang saya sebutin tadi betul gak hayo ngaku aja?? mungkin kalo yang masih ngerasa gitu kamu boleh loh baca firman Allah lagi di Al-Qur'an surat Al-baqarah ayat 183 yang artinya 

" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa "

Dari situ dapat kita ambil hikmahnya bahwa meskipun bulan puasa kita jangan sampe terhanyut oleh rayuan setan, meskipun katanya setan dibelenggu tapi ya tetep ada meski gak sedahsyat pas lagi gak bulan ramadhan, jadi perlawanan terhadap setan haruslah kuat karena setan itu musuh yang nyata. Kenapa lawan setan agar kita termasuk orang yang beriman dan bertakwa. Letih, loyo, malas dan kawan-kawannya itu adalah senjata setan buat melalikan kita loh, hati-hati oke oke ^-^, hehe mumpung ramadhan ada sesi kultupnya dulu ya (kuliah tersisip dua paragraph hehe) just fun yah ^-^

Oke dan Masih di bulan yang penuh berkah ini saya dapat kesempatan buat lebih Iman dan takwa sama Allah, lebih mengenal tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah, karena di setiap perjalanan kalo gak ngehadirin Allah dalam tiap nafas dan hembusan langkah bakal rugi deh, jadi muliakan bismillah ya setiap niat kebaikan kita, agar apa yang akan kita lakukan berkah dan ibadah.

Buat sobat yang sudah mengunjungi Embung Banjar Oya dan Puncak Suroloyo, agaknya perlu nambah destinasi wisatanya biar lengkap dan kalo yang belum saya kasih kabar nih biar tar koleksi jalan-jalannya makin oke. Setelah saya menjelajah Embung banjaroya, rasa penasaran saya muncul, dulu ketika saya balik dari Suroloyo saya selalu melihat papan petunjuk yang dibuat oleh temen-temen KKN UII tentang keberadaan sebuah curug atau air terjun. Nah kali ini tujuan saya mencari curug Watu Jengger.

denah curug watu jengger
denah made in KKn UII

Peta yang mulai kotor itu saya cermati dan pelajari, dan teryata cukup mudah meskipun saya sempat keblabasan hehe. Dari Embung Banjaroya naik terus aja ke arah Suroloyo, nanti sesampainya di pertigaan kamu bakal nemuin nie peta, nah abis itu kamu balik lagi ya ke arah embung, tidak jauh dari pertigaan yang ada petanya kamu bakal nemukan jalan pertigaan dan ada tandanya seperti ini.

watu jengger
nah ikuti jalan yang ada petunjuk kayak gini ya

Ikuti saja papannya ya, nanti ambil arah or tujuan ke Masjid Mustofa, mantap dah kayak jin Mustofa dari timur tengah ea ea ea. Watu Jengger sendiri sebenrnya adalahs ebuah bukit kecil, dari bukit kecil itu kita dapat melihat pemandangan dari atas, masih di view pegunungan menoreh. Saya sempat keblabasan sampe Bukit Watu Jengger tapi kemudian balik lagi, nah yang gak mau keblabasan bahasa Indonya terlalu maju, heleh apa ya?? wkwkw itu kamu kudu cari portal dengan gardu.

menuju watu jengger
Baiklah sampe sini waspada dan siap-siap ambil kanan

abis lewatin portal dan gardu ronda tersebut sobat semua kudu siap-siap ambil jalan yang ke kanan alias ndronjong or menurun, kalo ambil yang naik bakal nyampe bukit Jengger tar kayak saya keblabasan hehe.  Oke setelah jalan yang menurun itu kamu bakal menjumpai masjid punya jin Mustofa eh bukan dink hehe, nama masjidnya aja Mustofa.

masjid watu jengger
nah penampakan masjid mustofa gak full hehe biar penasaran yah

Dari masjid Mustofa ini kita tinggal parkir motor saja, nah kondisi sepi saya pun bingung, beruntung ada sebuah rumah yang pintunya terbuka, dan ada ibu-ibu berjilbab yang bisa saya tanya. Sebelumnya saya nanya bu apa sudah asar?? oo belum kok mas, jawab ibunya sambil ngasih tahu arah ke Curug soalnya abis itu saya nanya curug Watu Jengger. tak ada papan petunjuk arah, tak ada pemuda or perangkat desa yang mengelola, tak ada retribusi masuk, yah beruntung deh save bekal hehe.

curug watu jengger kulonrprogo
nah curug mulai nampak

Sehabis saya diarahkan sama Bu Narti, ibu yang saya tanya tadi, saya melanjutkan jalan, dan tak jauh dari masjid setelah melewati jalan setapak dan agaknya kayak kebon saya menjumpai Curug Watu Jengger. Nah kebetulan pas ke sini airnya lagi gak deras terjun, tapi tetap bersyukur alhamdulillah bisa nemuin nie Curug padahal sempat pesimis waktu keblabasan ke Puncak watu Jengger and gak ada orang yang di tanya, repot deh kalo agenda maen ke hutan gini gak ada orang yang bisa ditanya terkadang.

curug watu jengger
Nah lo masak ya tanya sama Batok heheh

Alhamdulillah akhirnya bisa dah ketemu Curug Watu Jengger, lalu dinamakn watu jengger karena nama daerah sini watu jengger, kemungkinan dulu ada batu yang kelaur jengger ayamnya haha hadehh imajinasi saya yah jangan di bayangin...eloohh malah dibayangin hehe...Oke deh saatnya ngasih penampakan Curugnya mantap.

curug watu jengger
Curug Watu jengger

Watu Jengger ini mempunyai satu kolam, karakteristik air yang tenang dan damai, gemericiknya pun nyaman di hati. Sepertinya kolam yang dimiliki Watu jengger ini dalam, sepertinya kapan-kapan coba deh buat njegur ke situ. Airnya yang dingin dengan udara pegunungan yang sejuk menambah suasana yang nyaman di hari yang sudah menjelang sore itu.

watu jengger curug
syahdu dengan aliran kembarnya

Debit airnya mungkin bakal nambah dan deras saat musim hujan tiba nih, jadi buat sobat yang hendak berburu Watu Jengger kayaknya bakal lebih seger dan seru pas musim hujan. soalnya waktu musim kemarau debit airnya berkurang meskipun kolamnya masih nampak dalam hehe, apa da yang berani nyemplung?? hati-hati yah dalem sepertinya. sama kayak Grojogan Sewu dan air terjun Mbang Soka yang masih satu kabupaten Kulonprogo.

air terjun watu jengger
Curug Watu Jengger

Agaknya nama Jewel of Java layak dah buat Kulonprogo yang menyimpan berbagai pesona, kabupaten yang mulai berbenah ini bakal jadi kabupaten yang mulai dikenal saat ke Jogja, soalnya bakal ada bandara udara juga di Kulonprogo, nah mungkin ada yang tertarik juga buat ke Watu jengger boleh deh di list nih, buat destinasi wisata kamu yang murah meriah ^-^.

watu jengger kulonprogo
Curug Watu Jengger in my frame

Karena sore mulai menyelimuti dan saya belum sholat asar akhirnya saya sudahi capture sore ini di Watu jengger berharap kapan-kapan bisa ke sini lagi dan bawa tripod tentunya. Kemudian saya kembali naik nanjak ke atas dan numpang sholat asar di masjid Mustofa. Alhamdulillah bisa explore curug lagi, terima kasih Bu Narti sudah dijelasin jalannya, kapan-kapan ke sini lagi. Oke deh selanjutnya ke mana lagi ya??/ ada yang mau ngajak saya gratisan heehe pizz?? jangan lupa mampir ke Parangtritis buat liat pelangi buatan saya yah.


6 komentar:

  1. boleh nih, besok2 :)
    bisa lebih deres dari ini g mas airnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata ibunya sh bisa mas hehe nunggu musim hujan aja mas biar makin slow hehe

      Hapus
  2. Pemandangannya indah dan masih alami, ya, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nie mas Alhamdulillah msh bsa nikmati yg seger" di jogja

      Hapus
  3. dulu guru agama kami pernah bilang, Setan emang di belenggu saat bulan Puasa, yg membuat kita tetap melakukan dosa itu karena hawa nafsu kita sendiri bukan godaan setan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap dah tmn tmn smansa....mari kita lawan nafsu kita...semngat dah lawan yg bikin kita letoy...mksih yah dah selalu mampir nie sahabat smansa...kapan amen ke Jogja?

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)


Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...