JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Minggu, 20 Juli 2014

Curug Banyunibo Batur Bobung Gunung Kidul

Curug Banyunibo? ada yang pernah denger belum? curug apaaan sih mas? eeiitt hari gini belum tau curug??, curug itu bahasa Jawa dari Air Terjun, Nah kalo yang penggemar Curug pasti di jogja udah pada kenal curug Banyunibo kan?? dulu saya juga pernah maen ke Banyutibo yang ada di bantul. Kalo yang belum tau perlu deh jalan-jalan ke Banyunibonya Bantul.

Nah selain itu ternyata Jogja punya 2 curug yang namanya sama, setau saya lho hehe, atau jangan-jangan lebih dari dua hehe, Curug kedua yang bernama banyutibo ini lebih dikenal dengan Curug Banyunibo Bobung, karena terletak di dusun Batur Bobung, Pathuk , Gunung Kidul.

Dan jalan-jalan saya kali ini ditemanin sobat saya mas Ramli, tentu udah pada kenal kan mas Ramli sobat saya yang selalu nemenin hunting nie, pertama kali dulu nemenin hunting waktu ke Paralayang. Biasa saya jemput mas Ramli dulu di rumahnya di sekitar terminal Giwangan. Nah tujuan jalan-jalan kali ini sebenernya tujuan ke Pantai Timang, tapi destinasi pertama mas Ramli saya ajak ke Curug Banyutibo yang berada di bobung dulu, maklumlah rasa penasaran saya selalu bikin adrenalin naik hehe, plus searah ya sudah kita embat.

dek salman jagoan mas ramli
Nah jagoan kecilnya mas Ramli yg selalu melepas kepergian kami hehe

Rute menuju Curug Batur Bobung ini gak sulit, kita lewatin aja jalan Jogja-Wonosari, sesampainya di gapura Kerajinan Topeng Bobung nah ikutin aja jalannya dan pastinya nanjak, hehe habis itu cari dusun Batur, tanya orang aja disitu dah banyak yang kenal keberadaan Curug Banyutibo ini. Saat kami hendak sampai di dusun ini sempat terjadi insiden kecil, yaitu kami jatuh saat curug tinggal satu belokan, malunya lagi disitu pas lagi banyak orang yang lagi kerja bakti hehe, ketauan drivernya belum sarapan nie..hehe maaf ya mas Ramli kita jatuh duhhh.

Kemudian setelah insiden jatuh dan di tolong penduduk itu kami sampai juga dengan dibantu penduduk dusun Batur yang baik semua, makasih ya bu pak sudah nolongin kami and mas nya yang dah kasih petunjuk arah ke Curugnya.

langit dusun bobung
Langit dusun Batur yang damai....

Kami parkirkan motor di rumah warga, dan mulai turun  ke lembah, biasalah kalo ke curug kan kita musti lewatin kebon-kebon dulu, ada yang mau cek jalan-jalan saya ke berbagai Curug mampir sini ya hehe Curug. Oia racun dari blusukan Curug ini karena master perjalanan saya, or senior yang lebih sepuh ada mas Wijna dengan situs kerennya MAWBLUSUK cek aja jalan-jalan keren ala mas Wijna yah. Nah saat menyusuri daerah menuju Curug bertemu lagi sama hewan yang unik. 

hewan unik bobung
Nah ada belalang yang warnanya unik

Kalo jalan-jalan ke Curug u mata kita harus lebih peka lho kayak waktu jalan-jalan ke Curug Grojogan Sewunya Jogja and Curug Sedayu Purworejo nemu hewan-hewan yang khas dan unik. Oia mas Ramli nie ahlinya foto makro lho, jadi saya dapat kursus gratisan nie tentang makro hehe, wah saya kalo foto makro gak jago, maklumlah mata cepat rebes hehe peace.

serangga unik
Master Macro beraksi nih

belalang unik gunungkidul
Nah unik gak? ada yang tau nie hewan apa namanya?

unik serangga jogja
edisi capturenya mas Ramli

makro fotografi
hasil kursus makro saya diajar langsung  mas Ramli

Objek makro yang unik ini sempat menyita perhatian kami, dan lumayan lama nih saya belajar makro bareng mas Ramli, maksih mas Ramli ilmunya, josh dah mas yang satu ini. Setelah puas perjalanan kami lanjutkan untuk mencapai Curug Banyutibo or Banyunibo, perjalanannya lumayan berat jadi mending ke Air terjun sigembor aja yang gampang ada di pinggir jalan hehe.

suasana alam dusun bobung
Nah sungainya dah nampak tuh

alam bobung
Nah sampai sungai juga alhamdulillah

Tak selang berapa lama, kami sampai di aliran sungai curug Banyunibo, namun perjalanan tak berhenti disini, kami harus nanjak ke atas nih buat mencapai curug Banyunibo, meski belum sarapan semangat beibeh.yuk ikuti terus, biar puas dan lega sampai Pantai Timang Gunung Kidul.

aliran air
Mas Ramli and sungai Bobung

Nah pas kami ke sini alamat nih, aliran sungai lagi kecil hehe, jadi bisa dipastikan berarti di pucuk sana debit airnya juga lagi gak deres, ya sudahlah tetap kami lanjutkan perjalanan di pagi yang mulai siang itu.

desa batur
Mas Ramli yang lagi capture mini waterfallnya

Untuk bisa mencapai Air terjun banyutibo nie, kita harus nanjak lagi, alias tadi turun ke lembah sekarang musti naik lagi solanya curugnya berada di atas aliran sungainya. So yang belum sarapan perlu lho sarapan dulu, jangan kayak saya and mas Ramli hehe, soalnya di sini belum ada warung yang jualan apalagi indomaret hehe, kalo udah sarapan kan bisa explore tiga tempat sekaligus kayak waktu ada upacara adat rebo pungkasan.

desa batur gunung kidul
Bisa lewat pematang sawah or kamu basah-basahan lewat  aliran sungainya

Nah unutk mencapai atas kamu bisa lewat samping sungai, atau yang suka basah-basahan bisa ok kamu lewatin sungainya, bakalan nyess adem and basah tentunya hehe, so fun ya guys, yang penting itu kita nikmatin perjalanannya kalo hasil endingnya sih kita dapat apa tar gak usaha dipikirin dulu. Yah sama kayak seru-seruan saya di Curug Gambyong di kaki Gunung Purba.

curug batur
Nah sudah nampak tuh Curugnya keren gak??

curug banyunibo dusun bobung
sudah nampak tuh hehe

Mencapai curug ini butuh perjuangan lho, karena kita bakal disambut oleh batu-batu besarnya, dikarenakan airnya lagi surut kami pun tidak nanjak hehe ngirit tenaga belum sarapan, akhirnya kami capture Banyunibo dari bawah hehe, semoga masih bisa menikmatinya yah..kapan-kapan kalo full aer ke sini lagi dah ^-^. maklum dah debit airnya berkurang tapi tetep seru, kayak Grojogan Sewu yang pindah ke kulonprogo aja hehe.

air terjun banyunibo
curugnya di atas sana wow gak??
kalo banyak aer lebih wow
kayaknya..

mas ramli
konsentrasi tanpa tripod mamen....

ramli salman
halo mas hehe


fotografer gunung kidul
nah penampakan mas Ramli and curu


gunungkidull fotografer
peraang candid

Kalo ke Banyutibo yang Bobung ini kudu pas aernya banyak ya biar sensasinya keren and puas maen aernya oke sobat hehe, mas Ramli belum puas nih maen aernya hehe, jadi teringat mas Ramli yang romantis di Embung Nglanggeran hehe, oia sob dari sini embung Nglanggeran dan Gunung Purba gak jauh loh, tapi ya kalo jalan kaki tetep aja jauh hehe.

bermain air di banyunibo
Cieee maen aer wkwk

Puas juga akhirnya mengcapture ni Curug dan saatnya kami lanjutkan ke destinasi selanjutnya tapi mas Ramli agaknya menemukan hewan aneh lagi...dah salut dah sama master makro ini hehe, emang pemburu hewan-hewan makro sejati kalo saya mah sudah rebesan matanya nyari makhluk-makhluk mini ini hehe.

fotografer Jogja
hewan apakah itu, tanya mas Ramli coba 

Sobat kemana lagi ya saya sama mas Ramli?? ada yang penasaran gak? enggak lah orang udah saya kasih tau di atas hehe, ada yang mau khilaf and ngintip video kita bakal kemana aja boleh deh maen ke sini diklik ya ^-^ selanjutnya kami ke Pantai Timang loh sob yang ada gantolenya itu loh seru kan ^-^.9 yihaa.

12 komentar:

  1. Kirain saama kayak yg di pacitan tp ternyata beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhehehe destinasi yang itu masig gagal mas hehe medan susah kalo pake bus..kmrin ke pacitan naek bus mau ke banyunibo eh gak kuat busnya gak boleh lewat wkwkwkw

      Hapus
  2. beberapa tempat wisata sudah aku bookmarks untuk perjalanan akhir tahun ke Jogya - salam dan trims infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap pak samsuni dtgu kunjungannya ke Jogja nih kabar"nya pak ^-^ slm kenal

      Hapus
  3. Seruuuuu mas dan curugnya juga indah banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulllah mbak widya mksih bnyk sudah mampir hehe ^-^

      Hapus
  4. memang keren alamnya
    :D
    salam kenal ..
    minta komentarnnya di postingan sya

    http://berikanyangterbaik.blogdetik.com/2014/09/27/kenapa-harus-pln/

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas ahmad blogya banyak beuudd hehe... oke mas siap dah alamnya Allah emng keren asik

      Hapus
  5. nice trip... kapan2 saya diajak... tapi ga bawa kamera yak... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah InsyaAllah ams Adi semoga dijodohkan waktunya buat jalan-jalan bareng ^-^ hehe bawa anak bawa istri aja mas tar pengen"in saya wkwkw haseeeh

      Hapus
  6. Wah keren mas :-D
    Ups kalau ke pantai Timang coba nyeberang mas ke batunya heee. Jangan dilewatkan pantai Jogan, Seruni, dll yg ada disekitar sana :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mksih ams alamnya allah emng keren bin yahud mas... wahh iya ams smga aja bisa sgra explore Jogan seruni dkknya gunungkidul emng amazing

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)


Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...