JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Jumat, 11 Juli 2014

Al Quran Pertamaku....

Tulisan kali ini spesial buat pedoman hidupku...salah satu rukun Iman kita...Iman kepada kitab-kitab Allah

al quran
Al Quran yang sudah nemenin saya jalan-jalan mR. Coklat..

Mukjizat Terbesar Nabi dan Rasul kita semua... Nabi Muhammad SAW yaitu Al Quran yang sangat kita cintai, Al-Quran Pedoman hidup kita. Dengan Al -Quran lah kita bakal mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat. Firman Allah langsung yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. 

Al-Qur'an berarti bacaan atau sesuatu yang dibaca berulang-ulang. Al-Qur'an terdiri dari 114 surat, 6236 ayat, dengan surat terpanjangnya Al-Baqorah dengan 286 ayat, dan surat terpendek ada Al-kautsar, An -Nashr, dan Al-Ashr. Al-Qur'an terdiri dari 30 juz dan 60 hizb, masing-masing hizb masih dibagi dengan tanda-tanda Ar-Rub ( seperempat), An -Nisf ( seperdua ), dan As-Salash ( tiga perempat ). 

Selanjutnya Al-Quran dibagi nih jadi 554 ruku', yaitu bagian yang terdiri atas beberapa ayat. Tiap satu ruku, ditandai dengan huruf 'ain di sebelah pinggirnya. Surat yang pedek berisi satu ruku' dan surat yang panjang terdiri dari beberapa ruku'. Pertengahan Al-Qur'an atau Nisf Al-Qur'an terdapat pada surat Al-Kahfi ayat 19, yang artinya hendaklah kita berlemah lembut. Terdiri dari dua periode ayat diturunkan di Mekkah (Makkiyah) yang terdiri dari 89 surat dan pada periode Madinah  (Madaniyyah) yang terdiri dari 25 surat.

Ini semua disusun guna memudahkan umat muslim dalam menghafal Al-Qur'an, ini dilakukan karena pada jaman dulu, para sahabat yang hafal Qur'an banyak yang syahid dalam peperangan. Sehingga munculah ide untuk menyusun Al-Qur'an yang sudah dimulai sejak Khalifah Abu-Bakar, dan diteruskan Khalifah Umar  yang pada masa itu masih berbentuk mushaf.

Zaid bin Tsabit, salah seorang sahabat yang megemban amanah berat ini mengumpulkan, mushaf-mushaf yang ada menjadi seperti sekarang menjadi sebuah kitab. Pada masa khalifah Ustman bin Affan kemudian disempurnakan agar mudah dipahami dan dibaca. Lalu kenapa pas jaman rasul tidak bukukan saja? karena pada masa Rasul, ayat yang turun itu secara bertahap dan tidak langsung semua, jadi ada sebab-sebab ayat tersebut diturunkan menunggu wahyu Allah, Sebuah mukjizat karena Al-Qur'an menjadi solusi disetiap kehidupan baik masa dulu maupun sekarang.

mushaf AL QURAN
#SrruggleWithU

Wahyu pertama turun saat rasul menyepi di sebuah Goa yang bernama Goa Hira di bulan ramadhan. Pada tanggal 17 ramadhan Al-Quran pun diturunkan dengan wahyu pertama 5 ayat surat Al-Alaq. Dalam Wahyu pertama ini, kita sebagai umat muslim mendapat perintah untuk membaca.

“Bacalah dengan menyebut nama Rabb-mu yang telah menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabb-mu lebih Pemurah. Yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (al-‘Alaq: 1-5)

Dan ayat yang terakhir diturunkan yaitu terdapat dalam surat Al-Maidah ayat 3.

Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah: 3)

Sebuah Mukjizat yang luar biasakan, dimnaa pada saat itu masa jahiliyah sedang menyelimuti, masa kebodohan yang tiada hal yang terang dan petunjuk, lalu kemudian hadirlah Al-Qur'an yang di bawa Nabi terakhir, menjadikan sebuah penyempurna tentang hakikat kehidupan, dari Al-Qur'an banyak hal dapat kita ketahui dan pelajari...InsyaAllah... Semoga kita termasuk orang-orang yang mengamalkan Al-Qur'an aamiin...

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al Qur’an) maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dilipatgandakan dengan sepuluh (pahala). Aku tidak mengatakan ” الم “Alif Laam Mim adalah satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf” (HR. Tirmidzi)

semangat baca Qur'annya

Subhanallah sekali kan, Alhamdulillah saya masih belajar nih buat baca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Al-Quran pertama saya berwarna hijau, berukuran sedang, dan saya beli sendiri ketika itu. Saat itu ada pelajaran Agama di SMP kalo gak salah, pas masa SD saya belum punya Al-Qur'an dikarenakan SD dan TPA saya sudah punya jadi terkadang pinjam di masjid. Tapi saat masuk bangku SMP, Guru Agama saya bertanya apa ada yang punya Al-Qur'an di rumah, saat itu saya malu karena gak punya Al-Qur'an di rumah, maklumlah Ayah dan Bunda saya, ketika itu belum bisa baca Al-Qur'an, jadi tiada Al-Qur'an di rumah saya, beruntung buat kamu yang sekarang sudah punya di rumah, jadi harus rajin dibaca lho ya...

Siang harinya, dengan bekal uang jajan yang diberi Ayah di pagi harinya, saya bersepeda menyusuri jalanan Jogja, yang dulu masih nyaman banget buat bersepeda. Al-Qur'an pertama saya beli di toko dekat RS PKU Muhammadiyah, sampe sekarang masih ada tokonya berada di sebelah utara jalan pas di pertigaan.

Al-Quran berwarna hijau dan berukuran sedang, dengan harga 10.000 rupiah terbeli sudah, Alhamdulillah sudah saya tamat baca, dan sekarang sudah dipake adek saya, buat belajar. Nah dimasa SMA karena kebutuhan tentang ilmu yang besar kala itu, kemudian saya memebeli Al-Quran terjemah saya yang pertama ada sampe sekarang masih ada dan saya gunakan, meskipun sudah ada beberapa bagian yang sobek...

al qurannya angki
Al Quran terjemahan pertama saya, sampe sobek maaf yah Al Quran
entah lalai or terlalu bersemangat nih bacanya..
makasih sudah menemani saya sejak SMA

Maaf ya Al Quran terkadang saya melalaikan dirimu, semoga dengan adanya postingan ini, bisa jadi pengingat untuk terus membaca Al-Quran, terima kasih juga buat semua guru dan Ustadz saya yang akhirnya saya sudah bisa baca Qur'an meskipun belum sempurna nih. Terima Kasih buat bunda saya yang memasukkan saya ke TPA, alhamdulillah sampe sekarang ilmu di TPA masih melekat, meskipun saya gagal wisuda TPA memilih hang out and milih maen bola dulu hehe, tapi untung aja hang outnya sudah masuk jilid 6 hehe, jadi sekarang bisa baca Qur'an InsyaAllah meski masih belajar. Alhamdulillah barang siapa bersyukur maka nikmatnya ditambah aamiin...

al quran energi
Nah lagi berjung sama doi
si manis yg gratis...

Sekarang saya masih berjuang mengkhatamkan Al-Qur'an yang kemarin dapat gratis waktu ikut sebuah Acara, makasih ya yang dah kasih Al-Quran, dan buat semua teman-temanku yang pernah kasih saya kado hadiah Al-Qur'an ada mas Panji dan Mamah Ani, makasih banyak yah....semoga Amalnya mengalir selalu...

Maaf nih para jejeran Al-Quran belum sempat terfoto karena banyak yang belum ketemu naruhnya habis hijrah soalnya pizz...alhamdulillah pernah punya sampe 6 Al-Quran, dulu dipake juga buat bareng-bareng baca kalo temen-temen pada ke rumah. Al-Quran Ijo pertamaku, Al Quran emas terjemahanku yang ukuran sedang sekarang dah dipake adek juga, Al Quran merah besarku hadiah dari mama Ani, ukuranya gedhe banget....Al-Qur'an keren hadiah mas Panji yang warna-warni, Al quran perjuanganku yang warna coklat, menemani aktivitasku, dan sekarang Al Quran merahku yang aku masih berjuang bersamamu, bantu aku yah kita berjuang bersama ^-^ terima kasih Grojogan Sewunya Jogja udah jadi tempat yang adem buat baca Quran

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karuniaNya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. (QS. Fathir : 29-30)

terima kasih sobat blogger referensinya kalian keren dah disayang Allah...

Thanks semoga bermanfaat yah...mari berjuang bersama Al-Quran untuk kehidupan dunia dan akhirat yang baik...semoga kita termasuk orang-orang yang mencintai Al-Quran...aamiin karena Al Qur'an mukjizat yang tak akan pernah berhenti untuk dipahami dan dipelajari bacalah maka kau akan tahu apa yang tak kau ketahui.

angki dan quran
semangat baca Al Qur'an
moga kita bisa mengamalkan dan menyampaikan meski cuma satu ayat saja ^-^
aamiin


Doa  khatam Qur'an



Rahmat Qur’an
( Haddad Alwi dan Shila )

Allah turunkan rahmat qur’an

jadikan Qur’an cahaya petunjuk kebenaran
Allah ingatkan kami
semua yang kami lalai, berikan ilmu yang bermanfaat
jadikan qur’an bacaan yang kami cinta
di malam dan siang
jadikan Qur’an penerang
Ya Robbal ‘alamin

Versi B. Inggris
Oh Allah bless us with al Qur’an

Make it our leader our light our guide and blessing
Allah remind us of what we forget and teach us what we don’t know
Oh my beloved Allah
Do al Qur’an as our reading all night and all day,
All night and all day
Make al Qur’an our foundation
Ya Robbal Alamin

Versi B. Arab
Allahummarhamna bil Qur’an

Waj’alhulana imamaw wa nurrow wahudaw wa rohmah
Allahumma dzakkirna min huma nasiina wa a’limna minhuma jahilna
Warzuqna tilawatahu aana
Allaili wa athrofannahar
Waj’alhu lana hujjatan
Ya Robbal ‘Alamin


4 komentar:

  1. Al quran yang paling sering saya pakai juga hadiah dari lomba waktu SMP, sampe udah ada banyak lipetannya :"
    Semoga tetap mencintai al quran. Semangat menebar kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAmiin...semngat juga yah...wah semoga Al Qur'annya jadi saksi kita di akhirat kelak...mksih sudah mampir dan ninggalin jejak ^-^

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...