JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Selasa, 15 Juli 2014

Air terjun Mbang Soka Pesona Kulonprogo Tiada habisnya

Keindahan bumi Menoreh emang gak terbatas, setelah kemarin masih di bulan ramadhan saya diberikan kesempatan buat nikmati Grojogan Sewunya Kulonprogo kini edisi air terjun nambah lagi. Dan jalan-jalan saya kali ini lebih nanjak lagi daripada Grojogan Sewu, yaitu di Air terjun Mbang Soka, yang berada di desa Jatimulyo, Kulonprogo, masih di Yogyakarta yang Istimewa. 

Jelajah kali ini saya ketahui dari Pakde Upie yang share jelajah ke Mbang Soko di facebook. Berhubung jelajah ke tempat yang belum saya ketahui dan free alias gratis plus tempat gak terlalu jauh, saya acept undangan tersebut, ikut hadir. 11 juli 2014  kemarin, di hari jumat kami berkumpul di perempatan kenteng, perempatan kebanggaan Nanggulan, Kulonprogo punya. Perempatan kebanggaan nih karena setiap jelajah ke Kulonprogo selalu melewati nie ikon hehe, yang belum tahu perempatan kenteng, Nanggulan perlu jelajah Jogja lagi lho.

kentheng nanggulan
Meeting Point Perempatan Sejuta umat perempatan Kenteng Nanggulan
si merah eksis di barisan depan

Ternyata dari tempat saya di Bantul diperlukan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Kenteng. Sesampainya di kenteng saya sudah disambut oleh teman-teman yang nanti juga akan bergabung dalam penjelajahan. Nah karena masih menunggu yang lain saya ijin bentar buat isi oli setelah kemarin saya pake pergi jauh ke Jakarta, ternyata si merah minta diisi pelumas. Abis saya beli Oli saatnya giliran untuk menunggu.

kenteng nanggulan kulonprogo
Nah edisi menunggu

Sambil nunggu ini kami nulis absen dulu, biar aman terkendali sapa tau tar waktu balik ke Mbang Soka ada yang kurang, jadi perlu nih buat isi absen, biar silaturahmi terjaga. Sambil isi absen, Alhamdulillah juga saya gak telat waktu ke sini, jadi masih bisa santai kayak di pantai, padahal ya di pinggir sawah nunggunya heheh. ngisi absen dulu deh biar eksis...

kulonprogo
Nah isi absen dulu biar dapat duit..heheh

Cerita menunggu ini dikarenakan masih ada satu crew yang salah alamat, alias si doi malah kumpulnya perempatan kenteng yang berada di turi Sleman, hayeh...nyasarnya jauh banget nih hehe, alamat nunggunya lama. Ya Sudahlah sambil nunggu akhirnya saya jepretin aja aktivitas di pagi yang mulai menghangat tersebut.

daftar hadir wisata kulonprogo
Nah edisi pak de upie and crew Fotografernya nih

Mungkin dipagi yang mulai hangat dengan keakaraban tersebut, aman bagi yang bawa teman bisa diajak ngobrol, Nah karena road manajer saya gak bisa ikutan saya sendirian nih, cielah road manajer wkwkw. Beruntung Pakde Upie ni asik orangnya saya jadi ada temen ngobrol, oia Pakde Upie ini punya kios cinderamata dan souvenir lho yang berada pas di kios nomer 1, pintu keluar obyek wisata Gembiraloka.

pakde upie
Nah edisi ngobrol sambil nunggu

Di tengah obrolan itu, saya juga dengar kalo tanah dan sawah yang ada di sekitar perempatan Kenteng ini nantinya bakal jadi tanah kapling. Hem bakal gak nemuin hijaunya sawah yang menghampar lagi deh, yah semoga kapling-kapling tersebut masih lama di bangun rumahnya, biar anak cucu masih bisa nikmati pemandangan yang indah di perempatan Kenteng ini.

perempatan kenteng
rumahnya akan di bangun

nanggulan kulonprogo
yah semoga saja pemandangan ginian masih ada di perempatan kenteng

Oia buat kamu yang hendak ke Air Terjun Mbang Soka ini, kudu persiapin kendaraannya fit dan waras ya alias oke, biar nanti gak terjadi apa-apa saat mau ke Mbang Soka, maklumlah jalanan di depan nanti naik turun lumayan extreem kalo yang jarang jelajah Menoreh kudu siap-siap ya, kalo maslaah motor, asal sehat motor apa aja bisa naik..termasuk motor punya si mas yang superb kereeeen inipun bakal melibas jalanan menuju Mbang Soka.

penjelajah mbang soka
Nah tunggangan yang gak kalah mantap
siap libas jalanan Mbang Soka nih

air terjun mbang soka perjalanan
merah ini pun siap juga melibas jalanan mbang Soka

Nah diantara kami semua ternyata ada satu mas-mas yang pake gaul punya nih style metal ikutan cari Curug mantep dah si emas ini hehe, metal rock Pank and roll go to Blusukan Curug.

anak metal
belum kenalan jadi gak tau namnya, pizzz mas mantap style rambutnya

Setelah cukup lama nunggu sekitar satu jam dari jam 8 kumpul, jam 9 an pun kami berangkat menuju Curug alias air Terjun Mbang Soka. Perjalanan ke arah Kenteng ke barat ini pun selalu penuh dengan tantangan dan selalu menantang jalanannya hebohhh hehe, jadi ke inget waktu ke Purworejo juga lewat sini saya, Curug Siklotok and Kedung Gulo.

Perjalanan ke Mbang Soka ini mengikuti rute ke arah Goa Kiskendo, dari Goa Kiskenda naik terus ketemu pertigaan nah, dari pertigaan ambil arah ke gunung kelir atau arah ke waduk Sermo, jangan yang ke Seplawan yah. Nah nanti sampe ada plakat SD Sokomoyo di kiri jalan tar belok kiri ke arah SD, sampe deh di desa jatimulyo, kalo bingung tar tanya orang deket situ yah, sepertinya yang tinggal deket SD Sokomoyo dah pada kenal kok, di perjalanan kamu juga bisa temui air Terjun Sigembor pas di dusun Banyunganti .

Lalu sehabis melewati lika-liku jalanan, akhirnya kami pun sampai disebuah rumah dan parkirin motor di sini. Suasana hangat dan nyaman tercipta di siang yang dingin itu. Saya belum sempat kenalan dengan semua yang di sana jadi ya comot-comot berhadiah yah, kalo ada yang baca khilaf nie postingan salam kenal ya buat semunya ^-^. Oia kami di sambut ramah sama si empunya rumah alhamdulillah...

desa sokomoyo
nah parkir dan ramah tamah

sokomoyo banyunganti
Nah ada mas maskotnya Mbang soka tuh

tarsan
Nah ada simbah-simbah kerenn

pemburu curug mbang soka
nah beberapa candid ada yang kenal gak?? heheh

Setelah bercengkrama dan beramah tamah, saatnya buat jelajah menyusuri mbang soka, pertama sempat bingung ini kearah mana oh ternyata menuju belakang rumah waktu parkir tadi, dan berjumpa lagi dengan pekarangan orang hehe, yah sama lah kayak ke Curug Banyunibo di Bobung.

pemburu air terjun
nah ni ada sesi blusuk kebon

menuju air terjun mbang soka
yuk naik turun lanjut

peta mbang soka
terkadang melewati pekarangan rumah orang juga

Yah namanya juga nyari curug jangan ngebayangin bakal ada tangga, eskalator atawa ojek ya, syukur jalanan gak becek, coba aja kalo becek rencana cari curug bakal tambah berat ntar perjuangannya. beruntung deh di daerah sini nuansanya adem jadi gak perlu kepanasan uhaha, hehe maklum masih puasa hoho. ke inget waktu cari curug Jurang Pulosari di bantul yang musti panas-panasan deh.

curug mbang soka
mas punk rock metal nemu tempat semedi hihihi
pizz mas damai...

Nah sambil jalan menuju lokasi air terjun kita juga dapat menjumpai beberapa sarana dan keunikan dari area ini, seperti ada tempat penadah air yang unik dari bambu, ini airnya dialirkan dari air terjunnya lho, hem aernya segerr, sama segernya saat saya ke Air Terjun Sidoharjo....

kulonprogo air terjun
Disini juga ada buah coklat lho sama kayak
di Grojogan Sewu

Di sini gak usah cemas ya kalo tersesat, pokoknya ikutin aja jalan setapak dan kalo ada yang semen jalannya ikutin aja, kalo kesasar jangan takut tanya orang, cuma kalo beruntung aja, soalnya sepi beuudd jarang ada orang lagi kongkow ni di sini. Tapi tenang sinyal tetep kuat dan aman hehe, Jogjakarta gitu loh, hutan bakau aja ada di Jogja...

air terjun kulonprogo
google maps beraksi sepertinya heheh

Setelah berjibaku dengan tanjakan dan turunan tak kalah heboh saat saya menikmati Curug Siklotok, Mbang soka ini juga mempunyai jalanan yang khas sama saat saya blusuk bareng mas Wijna ke Curug Sedayu Purworejo. Tapi beruntunglah derita kami tak lama akhirnya setelah melihat pohon bambu dan gemericik air sungai yang makin deras sampai juga kami di sungai.

curug di mbang soka
nah pertanda sudah sampe di sungai

Oia ni masih sampe di sungai belum sampe aer terjunnya loh hehe, tar kalo mau ke aer terjunnya musti naek nanjak lagi hehe, senam puasa di hari jum'at uyeehh tetap semngat. Jangan kuatir pemandangan dan kesegaran aer sungai dan hutannya bakal merefresh kamu deh.

air sungai sokomoyo
nah sungainya dah nampak asiiikk

banyunganti kulonprogo
oke saatnya nyeberang sungai

Nuansa menuju aer terjun ini dingin loh, hehe tapi karena rame-rame jadi dinginnya ilang, meski gak sedingin kayak trip saya dulu waktu ke aer Terjun Coban Pelangi di Malang atau waktu ke Kawah Putih Ciweday
rombongan kulonprgo
eitt moto aliran sungai dulu nih...

Sungai di sini Indah loh, dengan aernya yang bening dan kinclong bin seger binti maknyeesss. kami pun tergoda untuk mengabadikan gemericik aer sungai dan keindahan panorama, sambil rehat sejenak kami mengcapture aliran sungai yang cantiknya Subhanallah...mungkin karena khas dengan batu kapur or gamping yah, bisa warna putih and emas gini ^-^.

air terjun mbang soka
aer nya ssegeerr

fotografer kulonprogo
mbak Fg juga semangat jepret nih

mbang soka sokomoyo
wah apalagi mas pank sampe pake jurus andalan ni...

model kulonprogo
olala ternyata ada penampakannya sodara-sodara

photo session air terjun mbang soka
Nah ternyata di Mbang Soka bisa buat nyesi juga heheh

anak kecil kulonprogo
beberapa adik-adik yang nemenin kami

kulonprogo binangun
Nah air sungainya bening....

Setelah puas bermain air di aliran sungainya, kami menuju puncak dari aliran sungai ini. sebenernya pengen tuh njegur rasain tuh air sungai tapi apa daya ternyata ini masih bulan puasa, plus nanti saya harus menjalankan ibadah sholat jumat juga ^-^, kapan-kapan ke sini lagi deh.

jernihnya mbang soka
adek" yg penuh semangat juga, nerabas yuk

Melalu berbagai macam ujiandan cobaan cileelah, akhirnya sampailah kami di Air Terjun or Curug Mbang Soka, horeee alhamdulillah...segala puji bagi Allah...bisa nikmati Indah Alam Mu lagi Ya Rabb...

air Terjun Mbang soka KulonProgo
Mbang Soka Waterfall

Air terjun ini memang menggoda buat yang suka amin air dan basah-basahan, airnya yang sejuk dan jernih membuat hati sekana ikut bertasbih bersama gemricik aliran airnya yang tak henti-hentinya mengingatkan kita akan kuasa Allah.

"Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, hanya Allah lah yang mempunyai kerajaan dan semua pujian, dan Dia maha kuasa atas segala sesuatu"
 {At-Taghabun : 1}

Keunikan Mbang Soka ini yaitu Air terjun ini berada di samping sebuah tebing batu yang sangat tinggi menjulang layaknya sebuah bukit. Pada awalnya saya takut jika tebing batu ini akan longsor, namun ternyata tebing ini bukanlah tanah tapi merupakan batu sedimen yang keras.

sedimen sokomoyo
batuan tebing di sebelah kanan Mbang Soka

curuk kembang mbang soka kulonprogo
curug kembar yang ada lumutnya

Di aer terjun ini punya 3 curug tapi gak kembar, hanya 2 yang kembar dan ada lumut khas ijonya, yang satunya agak besar dan ada semacam kolam yang airnya jerniiihh banget. Setelah puas menikmatinya giliran saya capture keseruan temen-temen yang mbolang ke Mbang Soka kali ini.

wisata kulonprogo
edisi ngubek tonal bidadarinya mbang soka

kulonprogo hot
Nah ini yang mas" asli siap tempur slow speedah

fotografer geblek kulonprogo
penunggu mbang Sokah

mandi di air terjun mbang soka
ngelamar penunggung mbang soka ceritanya

preewedding murah di jogja
saatnya nyerbu nih

main air di mbang soka
kena sensorr pizzzz heheh

dua jomblo di kulonprogo
penunggu curug

serunya mbang soka kulonprogo
edisi selvie
selvie di air terjun mbang soka
selvie menjadi-jadi, jadi banyak yg ikutan hehe

Dikarenakan sesi narsis semakin seru hehe, saya sudahi edisi jepret-jepret bahagianya hehe dengan foto keluarga.

foto keluarga di mbang Soka
pemburu Mbang soka
edisi pakde Upie and friends

Lalu saya pamit duluan, teman-teman masih banyak yang main air d sana, saya pamit dengan teman-teman semoga ketemu lagi dilain kesempatan yah...tetap sehat tetap jalan-jalan hehe, pas pulang saya nyasar sampe Seplawan, kapan-kapan deh cerita seplawan. siang itu saya tutup dengan ikutan jumatan di masjid PKU Muhammadiyah Nanggulan...ademm dan syahdu siang itu jumatannya, meski pake bahasa jawa tapi tetap bisa nyimak dah keren inti jum'atannya begini...

“Hiduplah sesukamu tapi sesungguhnya engkau pasti mati. 
Berbuatlah sesukamu, sesungguhnya engkau pasti dibalas menurut perbuatanmu itu. Cintailah siapa saja yang engkau kehendaki, 
tetapi sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya. 
Ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mukmin itu karena shalat malamnya dan kebesarannya ialah tidak butuhnya (zuhud) kepada manusia.”

Oia kalo ada sobat yang mau ke sini cari aja plakat SD Sokomoyo ya, daerah Gunung Kelir, Jatimulyo Kulonprogo, tar ikutin plakat SD ni dan segera aja tanya warga sekitar InsyaAllah pada tau letak Mbang Soka ini semoga hehe...deket kok sama SD Sokomoyo tinggal turun teruss...jangan lupa mampir ke negeri di atas awannya Jogja yah ^-^.9

nah kalo ada plakat SD ini ikuti aja tar turun terus, ketemu orang langsung tanya aja yah sipz

Jumat, 11 juli yang menyenangkan alhamdulillah masih dikasih kesempatan buat jalan-jalan semoga hamba menjadi hambaMu yang pandai bersyukur ya Rabb alhamdulillah...sungguh kekuasaan Allah di langit dan di bumi...

Susuri alam jangan lupa ingat pencipta alam Raya ya...happy jalan-jalan bareng Allah...Subhanallah....Terima kasih Pakde Upie dan kawan-kawan terima kasih ya Allah masih dikasih kesehatan, terima kasih yang baca sampe tamat semoga ada manfaatnya ya...eemm jadi kita jalan-jalan kemana lagi nih? sudah liat Labuhan Laut Pantai sadeng belum, bisa sampe tengah samudera loh sob ^-^.9

gunung kelir
Great Wall peg. Menoreh, kulonprogo
Subhnallah..

Mungkin sobat ada yang lebih khilaf buat nonton videonya juga? boleh deh di klik...salam ^-^

12 komentar:

  1. Nice report Ngki. Tapi kurang panduan jelas rute menuju ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf mas mksih ams koreksinya hehe, nanti menunggu hasil resminya mawblusuk mas hehe lebih jelas dah...itu mas ke arah kiskendo naek terus mas sampe pertigaan tar ambil ke kiri mas ke arah waduk sermo nah tar cari plakat SD sokomoyo aj mas...tar ikutin plakat sdnya dari stu tanya penduduk ams kayaknya dah pada tau mas hehe

      Hapus
  2. Wah ini dekat rumah..suatu saat kudu ke sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ma sperlu di serbu nie biar makin dikenal hehe ^-^

      Hapus
  3. wah cukup sulit juga ya jalan mneuju ke sana, btw keren foto2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah trima kasih ^-^ wah iya butuh perjuangan nih hehe mksih mbaktira sudah mampir ^-^

      Hapus
  4. yang ini malah baru tahu ... cm kayak buat dolan sendirian rada ngeri juga ya..baut seorang seperti saya.hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh ayo mbak ajakin sya heheh pizz...iya nie tmptnya mas Wijna juga blma da ni mbak hehe

      Hapus
  5. Fotonya keren-keren .... menggoda iman buat datang ke air terjun mbang Soka juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh waduhh sampe imannya tergoda hehe mbak astri mbak astri heheh...

      Hapus
  6. Ini menarik nih.. Suatu saat kudu ke sana nih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah betul banget pak perlu loh di sambangi hehe ^-^ mksih pak sudah mampir ^-^

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...