JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Jumat, 13 Juni 2014

Hunting Sunset at Candi Ijo

Beberapa waktu yang lalu, saya dapat ajakan hunting nih, dan kali ini pake spesial, karena temen-temen yang hunting ini hasil penculikan dari hunting makro akbar yang saya ikutin kemarin hehe, jadi ceritanya Fotografer makro yang diajak Landscape an hehe pizz. Dan crew yang kali ini ikut seru-seru semuanya. Ada Master Zaldi, Master Bryan, Master Ramli, dan mas Aries yang juga  Master. Wah seneng kalo hunting diajakin master semua, jadi dapat ilmu banyak deh saya dalam dunia penangkapan makhluk halus bernama cahaya.

Candi Ijo Yogyakarta
candi Ijo di Siang hari panas hehe

Nah kebetulan lagi saya dapat jatah buat jadi penunjuk jalan buat ke Candi Ijo, karena hunting kali ini sasaran kita adalah Candi Ijo, siapa sih yang gak tau candi Ijo?? masak gak tau? hari gini gak tau?? itu lho candi tertinggi yang ada di Jogja. Nah kalo yang tau pasti seneng banget deh kalo ke Candi Ijo, karena apa? karena tempatnya eksotik banget, kita bisa ngeliat Jogja tuh dari atas ketinggian nah gimana gak keren?? hehe makanya cobain deh ke sini, Candi tertinggi di yogyakarta ya Candi ijo, kalo kamu candi tertinggi akyuu haseehh.

Alhamdulillah saya dah nyobain ke sini pagi siang sore, yang belum malam hehe kenapa ya kalo malem belum, abis kalo ke sini malam-malam ga boleh tau hehe, ada satpamnya bisa di usir tar wkwkw. sempet diajakin master Bryan buat nyari bintang di sini, semoga aja bisa kesampean siplah.

Nah Candi Ijo ini pemirsa sebuah candi yang masih bercorak hindu,dan letaknya ada di selatan Candi Ratu Boko, 4km sebelah tenggaranya, konon Candi ini di bangun abad 10 sampe 11an. jadi kalo mau maen bola di sini bisa, udah sebelas soalnya hehe peace just kidd. Nah letak pasnya itu ada di dusun Groyokan, desa sambirejo, kecamatan, Prambanan, Sleman. Masih berada di daerah perbukitan Batur yang membentang ke timur dari Candi ini, tapi beda loh ya sama Curug Batur di desa Bobung.

Luas dari Candi ini itu sekitar 0,8 hektar mantap kan, nah ketinggiannya itu mencapai 375 meter di atas permukaan laut, tinggi letak Candinya hehe, kalo tinggi candinya sih  masih tinggian nie candi di banding emak gue hehe pizz. Nah kompleks candi ini berteras-teras, mulai dari yang paling rendah berada di sebelah barat yang sekarang hanya tertinggal puing dan reruntuhan saja, dan yang paling tinggi dan candi utamanya ada  di sebelah timur.

Lalu kenapa bisa dinamakan candi Ijo apakah karena sama dengan Candi Abang  atau jangan-jangan ini sarang dari kolor Ijo ataupun Buto Ijo?? hehe bukanlah ini tu dikarenakan Candi ini berada di perbukitan Ijo atau gumuk Ijo, dalam sebuah prasasti yang dinamakan prasasti Poh.. bukan sodara winie the poh loh hehe just Prasasti Poh yang ditemukan sekitar tahun 906 masehi, bahwa ada penduduk sekitar yang dipanggil " anak wonua i wuong ijo " or bisa disebut juga anak desa orang Ijo. makanya bisa di namakan Candi Ijo. ya begitulah kalo pengen jelas langsung kroscek ke temptanya kalo salah saya ditraktir mie ayam yah hehe siap deh saya makannya heheh.

Rute buat ke candi ini susah-susah gampang sih ini rute sama kalo mau ke Kedung Nganten, nanti setelah atau sebelum ke Boko ada plang yang menunjukkan ke arah Sendang, nah ambil aja ke arah situ kearah timur,nanti jalnnya kelak-kelok kiri dan kanan. sampe tanjakan hati-hati masih naek sampe nemu tar ada di kiri jalan kalo dari bawah.

Nah lanjut huntingnya yah, oke deh kala itu kami gank selatan berkumpul di pom bensin Giwangan, setelah itu kami jemput gank utara yang ada di sekitar JEC, dan ada nambah personil nih ada adeknya mas Zaldi yang juga ikutan mantap dah. Dari perempatan timur JEC saya ngambil arah ke timur terus mentok kayak kalo mau ke Candi Abang, nah sesampainya di jalan Prambanan-Piyungan kalo saya gak lupa ambil arah ke utara buat ke arah Boko, dan tak selang berapa lama dengan aksi kebut-kebutan kami hehe, akhirnya sampai, kebut-kebutan sama kayak mengejar cinta di Watu Amben.

Sesampainya di Candi, alhamdulillah tarifnya belum semahal kalo kayak ke Prambanan or ke Borobudur hehe, masih terjangkau sebenernya gratis tapi karena wujud swadaya kami agar Candi ini tetap lestari cielah haha, kami kasih Infak 20 ribu buat rame" hehe maaf ya pak murah cuma 20 ribu, masih mahasiswa euy hehe peace. Malah kalo kamu bilang wong Bantul or Wong Sleman gitu ya gratis deh hehe peace...asal tetep jaga sopan dan santun yah hehe, sama kayak waktu hunting sunset di Candi ratu Boko kita juga lewat gratisan heheh.

fotografer Jogja
nah crew keren yang siap tempur lagi nyapin amunisi

Acara sore itu mendapat arahan dari mas Zaldi buat tips dan triknya ngapture foto Landscape Candi, dan beruntungnya hehe, dipinjamin perlengkapan tempur mas Zaldi yang mantap punya dah. ada filter NDnya yang warna-warni hehe, lumayanlah buat saya yang gak berbudget banyak bisa nikmatin alat-alat mahal superb keren. akhirnya saya minjem filter ND warna ungu. langsung saja deh kami asik mengabadikan foto candi Ijo sore itu mencari spot dan angle masing". siap deh grak, senangnya hunting rame-rame bisa dipinjemin alat dan dapat ilmu kayak hunting bareng fotografernet.

warnanya ungu filternya

Sunset candi Ijo
nah bentuknya kotak filternya hehe

candi Ijo tertinggi di Jogja
ini tanpa filter

halaman candi Ijo
nah ini dengan filter

fotografer candi ijo
nah ini tersangka semua hehe

Yup berburu kompossii edisi sore itu, sambul nunggu sunset tentunya. Wah yang paling semangat ada mas Aris dengan lensa 55-250 mantep dah penganut paham Pak Yadi yasin dah hehe. Lensa Tele untuk Landscape hehe, tapi santai aja sob lensa telenya mas Aris ini yahudd banget di pakai moto model di pantai Baru Bantul.

fotografer candi
Tele for Landscape

Semangat dah buat mas Aries yang sampe mundur jauh buat capture semua componya hehe, tapi keren, sekarang saya juga penganut pak Yadi Yasin buat moto landscape Tele for Landscape hehe, kalo yang bingung jadi lensa tele diatas range 50mm ke atas itu gak luas horisonnya jadi kita musti mundur jauh kebelakang apabila pengen dapet banyak bidang buat dikomposisi.

Oia mas Aries ni sekarang dah gak di jogja lagi jadi sedih T.T hehe dah lulus kuliah dan sudah balik ke palembang sana, yah suatu hari moga saya bisa juga deh sampe kampungnya mas Aries ini. Mantap abis dah semoga bisa Explore Sumatera kapan-kapan ^-^.9 aamiin Ya Allah aamiin dukung saya di Eventnya Google ya sob, biar sampe Sumatera aamiin.

Jogja fotografer
nah mas aries kudu nangkring jauh di sana tetap semngat mas..
.
Candi indonesia
penampakan dari depan Candi Ijo make filter warna Ijo

Senengnya dapet pinjeman filter jadi hasil fotonya bisa warna warni hehe, plus cahayanya lagi asik banget uh, emang dah Allah kasih sore yang Indah buat kami semua sore itu, alhamdulillah...

candi Ijo Amazing
nah sambil make filter sambil di framing

Beautiful of Java
Nah ini mas bro ramli bos hunting sore itu

Nah doi yang di atas yang menjadi pelopor hunting yang nice di sore Candi Ijo, ada mas Ramli, bapak satu orang putra ini masalah ajak mengajak mang kece punya deh, tunggu aja ajakan hunting sama doi hehe, pasti satu gank di bawa sama mas Ramli hehe. Asal jangan bawa genk kapak merah apa genk kapak 212 ya mas hehe. Kayaknya mas Ramli ngajak dek Salman juga keren nah....Ajakan fotografer yang satu ini selalu penuh adrenalin semacam hunting di pantai Timang bergantole ria.

Candi Ijo Black and White
mas Ramli mencari Candi sejak jaman majapahit

Candi ijo Yogyakarta
akhirnya ditemukanlah Sang Candi

Jogja unik
wah mas ramli and the gank hehe

Dari kami semua yang termuda adalah mas bro Bryan nah, doi ni masih muda tapi ilmu jepretnya sudah master dah, ampun saya kalo sama doi banyak belajar juga ni masalah landscape, eee malah sekarang Lensa widenya masih nongkrong di servisan, maaf ya bro blm jadi" lensanya besok kita ambil bareng deh. Oia doi nie juga lagi LDR sama bidadari nun jauh di sumbawa sana yah yang sabar yah... tetap semangat kuliah buat Bryan moga lekas lulus dan meminang gadis impiannya....jangan kayak saya belum lulus dan belum bisa meminang yang entah sapa mau saya pinang wkwkwk mending kayak kayak mas ramli aja, sudah berputra dek Salman hehe. Oia mas Ramli and Bryan juga ikutan ke  Nglanggeran  juga lho dulu.

Bryan permana
edisi isengin Bryan

Nah setelah kami seru-seruan moto Candi edisi brondong candid pun banyak dilakukan, hati-hati ya kalo hunting bareng gini alamat kena candid lumyan banyak haha. Lumayan ada fotografer gratisan yang motoin meski ancuuurr pasti ekspresinya tar wkwkwk. Untung ni blog angki jadi gak ada yang jelek kalo saya hehe peeaace... membela diri sendiri hehe kalo jelek mah pas labuhan laut di pantai Sadeng gak papa secara kan kapalnya goyang-goyang di atas samudera hehe.

Nah nie adek mas Zaldi lagi candid mas Ramli hehe

Nah akhirnya yang ditunggu hadir, sunsetnya sudah mulai muncul dan saya juga dapat bonus bisa liat view Merapi juga dari sini nice sonten deh pokoknya. Saya bahkan sempat takjub bingung mau jepret apa, karena Wow pake banget deh sore itu di sini, lalu dapat nasehat mas Zaldi buat composisi foto wah langsung aja deh saya alirkan semua feel saya sore itu explore ur feel yang penting gayeng lah hehe...alhamdulillah semoga suka fotonya ya....and ngorder saya buat jepret peace...hehe kalo mau lebih memacu adrenalin lagi boleh loh hunting sunset di Mercusuar pandan Sari bakal menari dah bersama senja.

sunset Candi Ijo
wah kinclong sunsetnya karena filter ehe pizz

sunset Yogyakarta
Candi ijo di sore hari

Amazing sunset at Jogja
Beautiful Merapi

Merapi is beautiful
mas Ramli dan sinar senja

Jogja fotografer
nah mas bro Bryan on action

sunset time at jogja
mas Ramli dan Sunset

Fotografer Jogja Indonesia
sunset from Candi Ijo

Nah alhamdulillah bisa nikmatin sunset dari Candi Ijo, mantap kan hehe liat aslinya aja lebih subhanallah... Maha Suci Allah yang menciptakan alam raya dan seisinya. Sunset emang waktu yang keren buat makin dekat sama yang kasih hidup dah, meski begitu menikmati kabut mistis di embung Nglanggeran juga boleh loh hehe sapa tau lebih nge feel lagi.

sunset jogja
Filternya mas Zaldi maknyuss

Sebenernya banyak juga yang nikmatin sunset sore itu bahkan sampe turis mancanegara pun sampe Candi Ijo, masak kamu yang orang Jogja malah belum pernah ke sini sih hehe...Dan menurut saya sih kaloa da yang jual souvenir atau oleh-oleh gitu bakal banayak memberdayakan masyarakat sekitarnya loh sob, semisal Pepaya Gunung di dataran Dieng yang akhirnya jadi ikonnya Dieng, mungkin di daerah sini bisa dikembangkan adanya buah tangan atau oleh-oleh buat wisatawan mancanegara ini.

wisatawan mancanegara di candi ijo
nah banyak kan

turis asing
Nah ini mau sesi keluarga

Terima kasih banyak nih buat mas Zaldi nih mantap, dan selamat ya mas Zaldi sudah lahir nih adek bayinya akhirnya alhamdulillah semoga jadi anak Sholeh dan Shoelah aamiin... iy nih beberapa waktu lalu mas Zaldi absen banyak hunting karena beliau jadi bapak siaga buat istrinya hehe, dan alhamdulillah sudah lahir sekarang. Foto sesi keluarga pas hunting disini minta mas Zaldi hehe soalnya ada di kamera keren beliau nah dan lensanya yang bikin ngiler aja.

jogja fotografer
Nah mas Zaldi dan Adeknya yang demen moto juga mantap dah

Alhamdulillah suasana sore itu menyenangkan dan berkenang moga gak kapok yah kalo hunting saya yang mandu lagi hhehe peace, tapi kalo masalah makan jangan ajak saya, saya gak ahli kuliner, tapi ajak juga gak papa dink, saya ahli menghabiskan makanan wkwkw pizz, hehe untunglah mas Zaldi tau ada tempat makan enak akhirnya kami ke Zaldan apa ya kalo gak salah hehe saya lupa, Nah abis huntingkami makan euy dan alhamdulillah lagi dapat traktiran mas Zaldi juga mantap dah. oia mas zaldi ni pengusaha keren nah bisnis Gordennya laris...nah misal ada yang mau beli bisa maen lo ke websitenya mas Zaldi di zaldi Gorden di sini gorden murah. Setelah sholat magrib berjamaah kami langsung menuju ke Lesehan Zaldan yang mantap dulu juga pernah ke sini sama mas Ramli waktu ke Watuamben

komunitas fotografi jogjakarta
alhamdulillah...

Alhamdulillah terima kasih yang sudah baca and liat hehe, semoga kapan-kapan khilaf ke sini lagi yah...oke deh selamat menikmati sunset dan segera aja hunting sunset di Jogja pokoknya Candi ijo buat sunset recomended pake banget deh josh....  terima kasih mas Ramli ajakannya, mas Zaldi ilmu dan traktirannya, mas Aries and Brian buat gokil serunya, and Fadli yang paling ganteng di antara kita sore itu terima kasih banyak....

Ditunggu ajakan selanjutnya... atau pembaca ada yang mau ajak saya boleh hehe...tanggung jawab ongkos ya soalnya ngajak wkwkw peace...just kidd, oke deh alhamdulillah akhirnya kelar agenda di Candi ijo kalo inget ijo-ijo gini inget liat waduk sermo dari Negeri di atas Awannya Jogja deh.

8 komentar:

  1. Wahahhaha.... Asyik dah mantaps kang Angky, baca ini jadi senyum2 sendiri... Daaan kangen Deh...hunting and belajar bareng yuuks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih mas ramli udah mampir dan komen :) siap dah mantap :)

      Hapus
  2. wah, cakep juga sunset di candi ijo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya nie mas cakep canti recomended spot buat nikmatin sunset kalo gak mendung hehehe

      Hapus
  3. wah seruuu, saya juga suka banget ke candi ijo, letaknya di atas bangett jadi bisa lihat pesawat landing di Adi sucipto heheheh..

    btw abis lihat filter NDnya, aku juga kadang suka bingung cari-cari filter :( dulu pas ke pulau umang, akhirnya dadakan pake sunglass gitu, tapi tetep dapet ungu jugaa, jadi mayan keren sih sunsetnya hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener mbak ini recomended spot hehe kece abis nie tempat alhamdulillah gak pada pindah" tempat jadi masih bisa ke situ lagi pantengin sunsetnya yg awasome... hehe wah keren ya mbak pake sunglass sunsetnya Allah emng kece abis mbak meidiana

      Hapus
  4. wah spot impian saya ini, saya nyari spot sunset yg ciamik gak dapet2

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh semoag segera dapet yah....

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...