JustFunPlayandKidd, yang dapat cahaya kehidupan pasti akan tahu yang bercahaya dan tidak... karena pulau ini hanya senang-senang, main, dan sendau gurau... Kita akan diuji dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan yang sebenarnya, mari hadapi dengan sabar dan sholat. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (Surah Al-An'Am ayat 32) |Selamat Terdampar di pulau Kecil| Jelajahi Yuk| Berminat Kerjasama etc Contact Me | angkisland@gmail.com

Rabu, 15 Mei 2013

Mbah Kakung and Mbah Putri

kacang mbah harun pelem gurih
Mbah utri and Mbah kakung

Sahabat ada yang pernah ngelintasin jalan wates?? ada yang pernah nengok kanan atau kiri terus kira" nemu ada penjual kacang yang berada di pinggir jalan wates...yap kalo ada yang sempet lihat di daerah jalan wates Ring Road Pelem Gurih tepatnya di lampu merah atau perempatan kantor PMI Jogjakarta di sebelah selatan jalan, pasti ada yang pernah liat kan??


kacang mbah harun pelem gurih sleman
sponsor by Im3 ehehe

Nah perkenalkan sahabat semua tempat jualan kacang ini simbahnya angki dari Bunda, jadi kedua orang tuanya Bundanya angki tu yang jualan kacang. Tapi simbah kakaung udah sendiri sekarang karena mbah putri pulang duluan, kematian itu kekasih yang pasti menjemput.

kacang pelem gurih
monggo di borong

Simbah berjualan kacang sudah sejak lama , bahkan saat bunda nya angki masih kecil, kira-kira sejak tahun 1970, saat jalan Wates belum sebesar sekarang. Jaman dulu jalanan sini masih tanah dan hanya ada sawah yang menghamparluas  ke arah utara, sungai bedog yang berada di belakang rumah pun masih dangkal dan jernih...emm gimana bisa membayangkan kan ??

kacang simbah harun
jalan wates, Jogja punya


Jaman dulu ada jalan setapak yang berada di depan rumah simbah, sangatlah ramai dilalui orang yang hendak pergi ke kota Jogja. Karena kesempatan itulah maka kedua orang tua bunda yang dulu berprofesi sebagai petani ini mengambil ide untuk membuka warung. Karena jarak dengan pasar gamping yang deket maka dengan mudah pun simbah dapat membeli stok belanjaannya. 


mbah harun pelem gurih sleman
aktfitas pagi

Dulu simbah berjualan bermacam-macam barang dari berbagai keperluan rumah tangga hingga jualan warung nasi makan, yup tentu saja dahulu ramai. lalu kenapa sampai sekarang yang tinggal hanay kacang?? yup sekitar tahun 70an pemerintah DIY membuat program pembuatan jalan besar dan lingkar ringroad buat kota Jogja, karena itulah simbah mengalami dampaknya.

Sekarang simbah jualan sendiri dan saya temanin lho sob

Pelebaran jalan membuat rumah simbah sempat tergusur agak ke selatan dan terbeli tanahnya untuk pelebaran jalan, dan seiring jaman karena banyaknya warung-warung dan toko yang lainnya maka semakin banyak saingan simbah berjaulan, karena kondisi yang sudah tidak muda lagi maka banyak bahan yang mulai berkurang. sewaktu angki kecil angki masih ingat simbah masih jualan ES dan makanan, namun setelah saya gedehe gini simbah hanya bertahan jualan kacang saja, tapi gini" karena mampu bertahan simbah pernah masuk koran lho hehhe gara" jualan kacang ehehe. 

kacang pelem gurih gamping sleman
semangat

Terus simbah dapat pasokan kacang dari mana?? kalo jaman dulu sewaktu masih giat bertani sebagian besar di ambil dari hasil simbah bertani dan berladang ambil dari negeri sendiir, namun karena usia maka sekarang mendapat pasokan yang di kirim oleh agen FBI hehe pizz just kidd mana ada agen FBI jualan kacang hahaha...adanya FBI yang fans berat inul yg jualan kacang ehehe goyang euyy aseekk ehehe...

kacang gamping sleman
Ini simbah waktu nata kacang

Kacang yang di buat simbah nie selalu di produksi pada pagi hari dan begitu terus tiap harinya, libur kaloada keprluan keluarga and kalo ya suka-suka simbah, tapi tiap hari selalu buka terus jam 7 pagi dah buka sampe malam sekitar isya gitu :)

Yup meski sudah sepuh tapi simbah tetap semngat bekerja dan itu menginspirasi kan sahabat :). proses terbuatnya kacang ini pun membutuhkan tenaga dan waktu jadi ya pasi akcang yang di buat tar enak..soalnya make hati juga buatnya hehehe, jadi bangga donk jadi cucunya mbah kakung and mbah putri :)

simbah harun kacang pelem gurih gamping sleman
nah masih panas

Yup semua sama mbah masih di olah secara sederahana, hanya menggunakan kayu bakar dan alat-alat sederhana, ciri khas dari kacang ni pun akan muncul sendiri, sekali mengunyah gak kan berhenti, kecuali yang taktu jerwatan haha sekali aj mungkin, btw mungki jerawat itu mncul karena kita kelebihan protein jadi kalo makan kacanga aja sih gak ngaruh bnyak sebenernya hehe. kalo ada yang mau beli kacang di tempat simbahnya angki nie..


pelem gurih gamping
timbangannya


Harganya 20ribu per kilonya untuk yang rebus, kalo yang garing or digoreng itu yang setenagh kilo 12.500 yang sekilo 20 juga, gimana tertarik?? mampir aja terus bilang temennya angki gitu pasti simbah saya tau saya...ya iyalah orang simbah gue gitu ehehe.

kacangnya jogja
menggoda gak??

Nah itu yang terjadi mungkin hingga saat ini kalo sahabat ada yang melintasi jalan wates di daerah pelem gurih boleh deh mampir buat beli kacang ehehe..lumayan buat oleh" hehe ..di sini ada kacang rebus yang rasanya gurih and asin..kalo angki sukanya yang asin jadi ya suka aja ehehe....

jogja istimewa
bersih" dulu

Dan gak lupa bakalan di sapa ramah sama mbah saya kayak saya yang ramah ehehe uhuk uuk hadehh hehe pizzz...salam kenal sahabat semua monggo mampir ya di beli  kacangnya :)

jalan wates km 4
langsung ambil kiri yang dari arah timur

Sesekali Have fun juga sama simbah dengan warga pelem gurih gamping Sleman seperti

5 komentar:

  1. Cemilan Favorit sepanjang jaman, Kacang Rebus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nie mas Hidup kacang rebus hehe ^-^

      Hapus
  2. hehe iya nie mas mantap dah pokoknya hehee ^-^

    BalasHapus
  3. seneng ya msh pya kakek nenek yg msh produktif pula,itu jualan kacang'y byk bener ya?hebat!nanti klo sy ke jogja mampir ah,ngeborong kacang....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak masih suka aktivitas nie simbah mbak...hehe iya mbak ditunggu nih nge borong kacangnya loh hehe ^-^ alhamdulillah

      Hapus

”Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S 62. Al Jumuah ayat 10)

Semoga bisa diambil hikmah pelajarannya, dan bisa dijadikan renungan yang lebih bermanfaat... maafkan bila ada masa yang dipenuhi kebodohan... hanya perjalanan kehidupan menuju cerdas yang lebih berkah dan penuh pertaubatan....

Mari Berjalan Penuh Dengan Iman... Perjalanan Panjang Sob, Akhirat itu Pasti Ada Dan kita semua akan Menjalaninya.... Mari Bersiap...